Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 22 November 2017

oseng pare udang







menu yang menjadi favorit aku ... oseng pare udang .....
resepnya pasti semua sudah tau kan ya ?
untuk campurannya terserah dengan kita aja, mau pakai udang, teri atau tanpa campuran juga tidak apa-apa, hehehe....





untuk oseng pare, aku paling suka dengan udang dibandingkan teri jadi aku jarang atau hampir tidak pernah memasak oseng pare dengan campuran teri.
untuk resep di bawah ini takarannya kira-kira aja ya karena kalau di Semarang pare yang sudah diiris biasanya sudah dijual dalam plastik tanggung nggak tau berapa ukuran atau berapa buah pare yang dipotong-potong dan udangnya pun kalau beli cuma kasih uang 2.000 rupiah aja sudah alhamdulillah cukup untk sekali masak.



Oseng Pare Udang


bahan :
pare yang sudah diiris tipis
udang secukupnya
sejumput garam
air secukupnya
2 sdm minyak goreng  , untuk menumis

bumbu iris :
3 buah cabai merah
3 buah bawang merah
2 buah bawang putih

cara membuat :
remas-remas pare dengan garam hingga lembut, biarkan sesaat lalu cuci bersih, tiriskan.
kupas udang , cuci bersih
tumis bumbu iris hingga harum, tambahkan udang, aduk rata, biarkan hingga udang berubah warna.
masukkan pare, aduk rata, tambahkan air, aduk rata dan masak hingga hingga air menyusut , tambahkan garam, tes rasa, masak sesaat, angkat dan siap disajikan.

* jika suka bisa ditambahkan sedikit gula jawa ke masakan.





enjoy it ^^


Kamis, 16 November 2017

rawon





sebenarnya aku tidak begitu suka menu daging, mungkin karena sering nyelip di gigi ya, jadi males banget makan daging kecuali daging yang dicincang atau digepuk aku suka...
tapi meskipun aku tidak suka daging, ngga ada salahnya kan kalau aku membuat menu daging ? hehehee....
kali ini olahan daging yang aku buat adalah rawon.
yaaaa.... rawon adalah menu yang sudah merakyat jadi dengan mudah bisa kita jumpai di warung makan manapun atau bisa menjadi sajian di sebuah acara.

berhubung aku tidak suka pedas, jadi aku jarang sekali membuat sambal dalam menu keseharianku kecuali kalau pas pengeeeeeen banget , jadi di menu kali ini rawonnya aku sajikan tanpa sambal.
tetapi teman-teman bisa menyajikan rawon dengan sambal bajak atau sambal lain , pokoknya sesuai selera kita sajalah ^_^





berikut resep rawon ala Dapur Dwek ya...



Rawon


bahan :
350 gram daging tetelan
2.000 ml air
2 batang serai ambil putihnya, memarkan
2 cm lengkuas, dimemarkan
1  ¼ sdm garam
½ sdt  merica
1 sdt  gula pasir
1 sdt  air asam
10 lembar daun jeruk buang tulangnya
3 sdm minyak , untuk menumis


bumbu halus:
4 buah keluak, seduh
1 cm kunyit, bakar
4 butir kemiri, sangrai
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih

bahan pelengkap:
taoge kecambah
telur asin

cara membuat :
rebus daging tetelan dan air sampai matang, saring dan ukur 1.500 ml air kaldunya, didihkan lagi.
tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai sampai harum , tuang ke dalam rebusan daging. bubuhi garam, dan gula pasir , masak sampai matang.
sajikan rawon bersama pelengkapnya.

 




enjoy it ^^


Senin, 13 November 2017

gulai nangka muda






sudah cukup lama sebenarnya pengen bikin gulai nangka muda ini tapi baru beberapa waktu lalu bisa dibuat karena waktu itu mau buat gulai nangka muda pas ngga musin nangka muda , jadi nangka muda yang dijual di pasar harganya setinggi langit dan berlangsung cukup lama juga, hiiiiks...
dan ketika sudah bisa membuat gulai nangka muda ini ternyata bukan nangka muda tetapi nangka yang hampir menjadi buah nangka, alamaaaaaaak.......
wes kadung dibeli masa' mau dibuang .... yang sudahlah dimasak aja gulai nangka muda walaupun hasilnya nangkanya empuuuuuuuk banget, hiihihihiiiiii....




berikut aku tuliskan resep gulai nangka muda ala Dapur Dwek yaa....



Gulai Nangka Muda



bahan :
450 gram nangka muda, potong-potong, rebus sebentar
2 lembar daun salam
4 ¼ sdt garam
gula jawa secukupnya
2.000 ml santan dari 1 butir kelapa
5 sendok makan minyak untuk menumis

bumbu halus:
10 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai
2 cm lengkuas

cara membuat :
tumis bumbu halus dan daun salam kandis sampai harum.
masukkan nangka , aduk rata.
tambahkan garam, gula jawa dan santan, masak di atas api kecil sampai meresap dan kuah agak kental.






enjoy it ^^


Kamis, 09 November 2017

kerang dara sambel nanas kacang






kali ini bikin kerang dara versi biasa aja yang dicocol dengan sambel nanas, nikmaaat.....
kerang daranya direbus dengan tambahan bawang merah dan kunci aja setelah sebelumnya dicuci bersih dahulu.
untuk membuat sambel nanasnya bisa dimasak terlebih dahulu atau langsung mentah begitu saja seperti versi Dapur Dwek, sedangkan untuk kacangnya bisa menggunakan selai kacang atau kacang tanah yang sudah digoreng dahulu.




Sambel Nanas Kacang


bahan :
50 gr bawang bombay, cincang
1 bh bawang putih
3 bh cabe rawit atau sesuai selera
150 gr nanas
1 sdm selai kacang chunky
1 sdm saos cabai
¼  sdt garam
½  sdt gula pasir

ara membuat :
haluskan cabe, bawang putih dan bawang bombay , masukkan selai kacang dan saos cabai,  aduk rata. tambahkan nanas, uleg rata.
tambahkan  garam dan gula , siap disajikan bersama kerang rebus.






enjoy it ^^



Selasa, 31 Oktober 2017

bitterbalen makaroni La Fonte






masih dalam rangka mengikuti challenge yang diadakan oleh La Fonte.
berhubung keluargaku penggemar berat bitterbalen maka kali ini aku membuat bitterbalen makaroni karena yang kemarin aku sudah membuat risoles makaroni , jadi nggak perlu beli pasta lagi karena kebetulan lagi nggak ada waktu untuk bebikinan sekalian ngirit ongkos, hhihihiiii....

resepnya sih sebenarnya sama dengan resep bitterbalen yang beredar, cuma ditambahan makaroni aja , jadi bitterbalennya lebih padat dan mengenyangkan.

berikut aku tuliskan resep bitterbalen makaroni ala Dapur Dwek yaa....



Bitterbalen Makaroni


bahan :
50 gr makaroni , rebus al dente
1 buah dada ayam , ambil dagingnya , cincang
2 buah wortel ukuran sedang , potong dadu
2 buah daun bawang , iris
50 gr tepung terigu
1 gelas air
air secukupnya
2 sdm mentega , untuk menumis
minyak goreng , untuk menggoreng

bumbu :
3 buah bawang merah
½  buah bawang bombay , ukuran besar
sejumput garam
sejumput merica
pala secukupnya

bahan pelapis :
tepung roti secukupnya
2 buah telur

cara membuat :
tumis bumbu halus hingga harum, masukkan dada ayam , aduk rata
masukkan wortel , tambahkan air , aduk rata , masak hingga empuk
tambahkan daun bawang dan makaroni , aduk rata.
masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan segelas air , aduk rata , tes rasa.
masak hingga matang, angkat , dinginkan.
ambil sedikit adonan , bentuk bulat , lakukan hingga habis.
celupkan ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti , lakukan hingga habis.
simpan dalam lemari pendingin agar tepung roti menempel sempurna lalu goreng hingga matang.
sajikan dengan cabai rawit atau saus sambal botolan.







enjoy it ^^



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...