Fish

Selasa, 05 Mei 2015

soes ragout





sebenarnya sudah lama pengen bikin kue soes karena kue soes ini merupakan salah satu snack kesukaanku tapi masih takut gagal karena aku masih termasuk pemula di dunia dapur.
jujur saja, baru sekitar1-2 tahun aku mulai masuk dapur alias memasak karena sebelumnya kalau ke dapur cuma masak air dan bikin mie instant saja, heheheee....

kebetulan untuk bulan Mei ini challenge #10 di YKMK temanya tentang Variasi Kue Sus, jadi sekalian aku belajar membuat kue sus sekalian mengukur sampai sejauh mana keseriusanku menekuni urusan perdapuran #cieee...#
meskipun hasilnya belum maksimal dan sempurna, tapi nggak apa-apalah... learning by doing aja karena kalau tidak mencoba sama sekali kita tidak akan pernah tahu sampai dimana tingkat keberhasilan kita karena dengan semakin sering berlatih kita akan tahu dimana letak kekurangan kita... #hallaaah.... #

untuk kue sus ini aku membuat dari resepnya salah satu teman kuliner di dunia mayaku , yaitu mbak Mimie Kesuma sedangkan untuk isiannya aku menggunakan ragout.
untuk resep ragout nya bisa menggunakan resep favorit teman-teman
dan berikut aku tuliskan resepnya...





Soes Ragout


bahan kulit soes :
150 gr terigu (lebih baik terigu protein tinggi mis cakra kembar)
125 gr margarin

250 gr air
4 btr telur

cara membuat:
masak air dan mentega hingga mendidih.
kecilkan api, masukkan terigu sekaligus supaya tidak bergerindil, aduk sampai adonan kalis dan matang, angkat, biarkan dingin.
masukkan telur , aduk
masukkan adonan soes ke dalam pipping bag, cetak melingkar menggunakan spuit
panggang dgn api panas.kira-kira 200c ,tunggu sampai buih buihnya hilang.baru diangkat




bahan ragout :
wortel , potong dadu
kentang , potong dadu

daun bawang / onclang
daging giling (boleh diganti dengan daging ayam giling)
air secukupnya
sedikit tepung terigu yang dicampur dengan air untuk mengentalkan
minyak, untuk menumis

bumbu :
bawang bombay , cincang
merica bubuk
garam

cara membuat :
tumis bawang bombay hingga harum, masukkan daging giling, aduk rata, tuangi air dan masak hingga matang
masukkan wortel dan kentang , masak hingga empuk. tambahkan merica bubuk dan garam, aduk rata , tes rasa.
tuangi sedikit larutan tepung terigu supaya ragout tidak berhamburan ketika dimakan, masak sebentar hingga matang, angkat dan biarkan dingin.



penyelesaian :
ambil kulit soes, belah tengahnya tidak putus.
isikan bahan ragout ke dalamnya, lakukan hingga habis.
sajikan dengan cabai rawit





enjoy it ^^



Senin, 04 Mei 2015

pohung (singkong) goreng keju






nggak tau belakangan ini di Semarang turun hujan hampir setiap hari, padahal di beberapa daerah di Indonesia sudah tidak pernah hujan ya...
apa mungkin musim hujan di Semarang agak belakangan dibandingkan daerah-daerah lain ?
nggak apa-apa deh, yang penting hawa tidak panas dan tanaman tidak banyak yang mati kekeringan, heheheee....

untuk mengisi waktu yang dingin karena hujan, enaknya memang ngemil-ngemil ya, apa aja deh nggak penting tidak lapar, hehehee....
dan sepertinya yang paling cucok untuk dinikmati saat hujan adalah pohung alias singkong goreng, waaaah..... mantap bener deeeh.....
tapi kali ini singkong gorengnya ditabur keju parut dan jika suka bisa ditambah dengan meises serta susu kental manis sesuai selera.

singkong tabur keju ini paling enak memang singkong goreng yang melepuh, bukan singkong yang keras atau 'ngganyong' (bahasa Jawa-red), tapi kebanyakan sekarang singkong yang dijual adalah singkong yang 'ngganyong' karena sudah beberapa kali beli singkong jarang dapet singkong yang mempur atau enak.

pokoknya apapun singkongnya, yang penting toppingnya disesuaikan dengan selera saja atau cukup singkong goreng yang dinikmati dengan teh hangat, hhhhmmmm , nyam nyam......


 
 



enjoy it ^^




Senin, 27 April 2015

garang asem ayam






di dekat kantorku ada penjual sate ayam dan garang asem ayam enaaaaaak sekali.....
kuah garang asemnya segeeer banget, nggak nolak kalau harus ngabisin sebungkus, heheheee....
rasanya nggak rugi kalau beli garang asem itu, karena harganya sesuai dengan rasanya.... * maklum wanita, hihiiii.... *


kali ini aku bikin garang asem ayam tetapi kuahnya sedikit berbeda dengan kuah garang asem ayam yang biasa aku beli karena kuahku pakai santan sedangkan yang biasa aku beli itu cenderung bening.
kapan-kapan bikin lagi garang asem ayam dengan kuah bening dengan bertanya kepada penjual garang asem ayam langgananku tersebut ya, heheheee....








Garang Asem Ayam


bahan :
ayam , potong-potong   * dwek pakai ayam yang sudah potongan 500 gr *
santan cair secukupnya
daun pisang
lidi

bumbu :
garam
bawang putih
cabai hijau , iris * optional *
cabai merah , iris
tomat hijau . potong-potong
belimbing sayur atau belimbing wuluh , potong-potong
serai

cara membuat :
campur santan cair, ayam dan bahan bumbu, aduk rata sambil lakukan tes rasa.
ambil selembar daun pisang, isi dengan potongan ayam, kuah dan bumbu , bungkus dan semat dengan lidi.
lakukan hingga habis.
kukus garang asem dalam panci yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga matang atau daun layu.
angkat dan siap disajikan.





enjoy it ^^



Kamis, 23 April 2015

zupa zup







sebenernya sudah lama pengen bikin zuppa zup ini karena kalau ke acara nikahan kadang-kadang zuppa zup yang tersaji tidak sesuai dengan selera, entah yang zoupnya nggak enak atau puff pastry nya yang nggak enak atau keduanya nggak enak, hehehee...  * tergantung catering nya juga sih yaa *

resep soup jamurnya aku dapat dari Natural Cooking Club tetapi berhubung nggak doyan susu, jadi untuk susu evaporated nya aku ganti dengan air biasa aja supaya bisa doyan makan dan tidak terlalu eneg.
dan berikut aku tuliskan resep sup nya...




Sup Jamur
source : Fatmah Bahalwan , modified Dapur Dwek



bahan :
100gr jamur merang atau jamur kancing
150 gr ayam rebus, potong dadu
50 gr bawang bombay, cincang
1,5 lt kaldu ayam
250 ml air
50 gr tepung terigu
100 gr mentega
½ sdt lada bubuk
2 sdt garam

cara membuat :
lelehkan mentega, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan tepung terigu, tumis hingga tepung matang, tuangi air dan kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga kaldu dan air habis, biarkan mendidih.
masukkan garam, lada bubuk dan chicken powder, aduk rata, masukkan ayam dan jamur, aduk dan biarkan sampai mendidih, angkat.

bahan pelengkap :
puff pastry , potong kotak menutupi mangkok tahan panas
kuning telur , untuk olesan 
saus sambal botolan * optional *


penyelesaian :
ambil mangkok tahan panas dan tuangkan sup ke dalam mangkok tahan panas (jangan terlalu penuh).
tutup mangkok dengan puff pastry, oles dengan kuning telur lalu oven hingga puff pastry matang.
sajikan zuppa zup dalam keadaan hangat dengan saus sambel botolan jika suka.







enjoy it ^^



Rabu, 22 April 2015

the hummingbird banana loaf





dulu sudah pernah bikin the hummingbird banana ini tetapi dalam cup dan tanpa pengembang apapun, sekarang aku bikin dalam loyang loaf.
resepnya masih sama menggunakan resep dari mbak Eliza dan aku contek persis, hasilnya enaaaak....
yang ingin membuat, berikut aku tuliskan lagi resepnya...






The Hummingbird Banana Loaf
source : My Life My Love My Food



ingredients :
70gr soft light brown sugar  * dwek use 250gr palm sugar *
2 eggs
200gr peeled banana, mashed
280gr all purpose flour
1 tsp baking powder
1 tsp baking soda
1 tsp ground cinnamon
1 tsp ground ginger
140gr unsalted butter, melted

how to :
preheat the oven 170 celc degree
mix the egg and sugar with handheld mixer, beat until well incorporated., beat in the mashed bananas.
add the flour, baking powder, baking soda, cinnamon and ginger to the sugar mixture , mix it thoroughly untill all the ingredients incorporated, pour in the melted butter and beat until well mixed
pour the mixture into the prepared loaf tin, bake appx for 1 hour or until firm to the touch and a skewer inserted in the centre comes out clean




 


enjoy it ^^



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...