Fish

Senin, 27 Oktober 2014

nasi goreng kambing


postingan telat karena ini dibuat saat lebaran haji kemarin....

pertama makan nasi goreng kambing di Solo karena memang kuliner Solo itu nggak ada yang nggak enak alias semuanya enak dan ngangeni....
saat itu beli di rumah bude di daerah Talangbaru dekat pabrik Batik Keris, dari seorang abang penjual sate, gule dan tongseng kambing gerobakan alias kelilingan.
dan seperti referensi saya... kuliner Solo itu enak, nasi goreng kambing yang aku beli di abang gerobakan inipun enak dan sayangnya belinya cuma sekali itu karena ketika ke rumah bude lagi beliau sudah nggak pernah lewat, hiiiks.....

karena pengen banget dengan nasi goreng kambing (catatan : aku nggak pernah beli gulai dan tongseng kambing di Semarang karena nggak cocok dengan rasanya, beda banget sama di Solo, kalau sate kambing sih sesekali meskipun tidak ada yang semantap sate kambing Solo), maka saat chatting dengan  mbak Fifi via Whats App aku bertanya dan alhamdulillah dikirimlah resep nasi goreng kambing meskipun mbak Fi belum pernah mencobanya.
 # makasih ya mbak Fifi untuk kebaikannya, barakallah...... #





karena udah ngebet banget pengen bikin nasi goreng kambing, maka aku buatlah nasgor kambing ini setelah dapet kiriman daging kambing dari masjid, heheheee......
berikut resepnya yang sudah disesuaikan dengan selera dan stock di Dapur Dwek karena aku skip penggunaan minyak saminnya.



Nasi Goreng Kambing



bahan :
200 gr daging kambing
1/2 sdt garam
3 sdm kecap manis
100 gr lemak kambing
3 sdm makan minyak , untuk menumis
800 gr nasi putih
100 gr kool , iris 1/2 cm

bumbu :
1/2 sdt merica
4 buah cabai rawit
3 buah cabai merah
12 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt terasi
1 sdt garam
2 sdt bubuk kari   * dwek pakai bumbu kari instant *

pelengkap :
emping goreng
acar mentimun
telur mata sapi
bawang goreng

cara membuat :
iris daging kambing ukuran 1/2 x 1 x 2 cm kemudian lumuri dengan  campuran garam dan 1 sdm kecap manis ,sisihkan kurang lebih selama 5 menit.
iris lemak kambing 1 x 1 cm, sisihkan
haluskan merica, bawang merah, bawang putih, terasi , garam dan cabai hingga halus, tambahkan bubuk kari, uleg lagi hingga rata, sisihkan.
panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis daging kambing sampai berubah warna dan matang, angkat, sisihkan.
panaskan sisa minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan tumisan daging, lemak kambing , irisan cabai rawit dan sisa kecap manis, aduk rata.
masukkan nasi, aduk rata, masukkan irisan kool, aduk terus sampai nasi berasap, angkat.
sajikan nasi goreng dengan pelengkapnya.



 


note dari Dapur Dwek :
kool iris bisa disajikan mentah, tidak ikut digoreng dengan nasi , supaya yang tidak suka nasi goreng dengan campuran kool tidak perlu kesulitan menyisihkannya ketika menikmatinya, heheheee....


enjoy it ^^


Jumat, 24 Oktober 2014

putu ayu labu kuning






kali ini bikin olahan dari labu kuning lagi, yaitu putu ayu.
resep putu ayu labu kuning ini aku dapat dari mbak blognya Diah Didi tetapi aku skip penggunakan emulsifier-nya.
yang ingin mencoba, berikut aku tuliskan resep putu ayu versi Dapur Dwek yaaa...



Putu Ayu Labu Kuning
source : Diah Didi's Kitchen


bahan :
100 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
4 butir telur
150 gr labu kuning , kukus , haluskan
100 ml santan kental

1/4 sdt garam
1/4 sdt vanilli bubuk

kelapa parut
garam secukupnya
daun pandan

cara membuat :
campur kelapa parut, garam dan daun pandan, kukus , dinginkan
siapkan cetakan putu ayu , olesi dengan minyak goreng.
letakkan sedikit kelapa parut di dasar cetakan sambil sedikit dipadatkan.
kocok telur dan gula sampai mengembang, kental berjejak dan kaku lalu masukkan garam dan vanili dan kocok lagi sebentar.
masukkan tepung terigu sambil diayak kemudian santan dan labu kuning.yang sudah dihaluskan, aduk secara perlahan hingga rata.
tuang adonan ke cetakan yang sudah diberi kelapa parut, kukus di panci pengukus yang sudah dipanaskan sebelumnya dan kukus hingga matang.

Note :
jangan lupa tutup penutup panci dengan serbet bersih supaya air tidak menetes.





enjoy it ^^



Selasa, 21 Oktober 2014

crispy pizza ... it's my first pizza


aku jarang sekali membuat roti atau bread karena saat awal membuat bread dulu pernah gagal saat menguleni sehingga menjadi trauma sampai sekarang * jiaaah.... *
jadi setiap kali pengen bikin roti, selalu mikir 'bisa engga ya ??' atau amannya mencari resep roti yang tanpa diuleni. ataupun kalau harus diuleni, tidak perlu sampai elastis karena terus terang aja, tangannya pegel setelah itu, hehehee....jadi hasil akhirnya rotinya tidak bisa mengembang dengan sempurna, hiiiiksss....

beberapa waktu lalu waktu baca-baca majalah Sedap, nemu resep pizza ini dan memberanikan diri untuk mencoba karena memang sudah cukup lama aku pengen banget bisa bikin pizza sendiri tapi selalu kebentur dengan resep dough nya dan nggak tau apa sebabnya koq tiba-tiba aja langsung eksekusi resep ini...

akhirnya, mencobalah bikin pizza sendiri dan berikut resepnya yang aku ambil dari majalah Sedap.




Pizza


bahan dough :
200 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sendok teh ragi instant
135 ml air hangat
1/2 sdm gula pasir
1 sdm minyak zaitun
1/2 sdt garam

cara membuat :
aduk ragi instant dan air hangat, diamkan selama 15 menit
campur larutan ragi,  tepung terigu dan gula pasir. setelah kalis, uleni kembali beberapa saat.
tambahkan minyak zaitun dan garam lalu uleni rata.
banting-banting adonan sampai elastis.
diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
giling tipis adonan, bentuk bulat sampai kalis.
tusuk-tusuk dengan garpu, oven dengan api bawah suhu 190 dercel sampai 1/2 mengembang.

bahan saus tomat :
2 siung bawang putih , cincang halus
1 buah bawang bombay , cincang halus
4 buah tomat , buang biji dan kulit ,haluskan
50 gr tomat pasta   * dwek nggak pakai *
100 gr saus tomat
1 sdt oregano
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
150 ml air kaldu sapi
2 lembar bay leaves   * dwek nggak pakai *
2 sdm olive oil , untuk menumis

cara membuat :
panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, tambahkan bay leaves (jika pakai), aduk rata.
tambahkan tomat, tomat pasta, saus tomat , garam dan merica bubuk, aduk-aduk hingga rata.
tambahkan air kaldu, aduk rata , masukkan oregano, masak hingga kental dan meresap.

bahan topping (sesuai selera ) :
jamur kancing
sosis , potong-potong
keju mozarella

penyelesaian :
oles dough pizza dengan bahan saus, beri bahan topping dan keju mozarella.
oven hingga matang dan keju meleleh.

note :
dough pizza ini jika digilas tipis akan menjadi crispy, jadi jika menginginkan pizza yang tidak crispy, gilas dough agak tebal.





 enjoy it ^^



ayam kuah kecap



ini sih cuma memberdayakan tulang ayam aja karena di penjual sayur di ujung gang rumahku selalu menjual tulang ayam namun bukan tulang tanpa daging tetapi berupa potongan-potongan ayam, diantaranya ada brutu (pantat ayam), dan bagian dada atau leher ayam yang ukurannya tidak terlalu kecil.
biasanya jika membeli tulang ini, selalu dimasak rica-rica atau bacem oleh Ibunda, tetapi kali ini aku bikin dengan kuah kecap aja dan tambahan sawi, seperti capjae gitulah...




bumbunya sih biasa aja, merica dan bawang putih serta kecap manis, namum jika suka bisa ditambahkan sayuran berupa tomat, sawi, kool (kubis), wortel atau apa aja sesuai selera.
kalau yang aku buat ini cuma dengan sawi hijau dan sedikit kekian goreng aja , jadi ala-ala capjae kuah gitu, hehehee....




enjoy it ^^



Jumat, 17 Oktober 2014

rujak (rujak parut atau rujak cacah)



rujak parut memang cucok dinikmati saat musim kemarau gini, apalagi jika sebelumnya disimpan di lemari dulu, duuuh.... nyeeeeessss...... deh saat menikmatinya...

kali ini aku bikin rujak serut lagi tanpa menggunakan pisang kluthuk karena menurut aku, rujak parut gini memang lebih seger dibuat tanpa pisang kluthuk dengan tambahan asam jawa
jika malas memarut, aku mencacah buah-buahannya , sehingga hasil jadinya pun berbeda, tidak panjang tipis seperti kalau diparut tetapi pendek dan agak tebal.




untuk buahnya juga disesuaikan dengan selera kita saja dan untuk rujak parut ini aku biasa menggunakan buah , yaitu bengkuang, krai , nanas, kedondong dan mangga yang masih mengkal tetapi tidak muda sekali sehingga ketika berpadu dengan sambal gula jawa dan asam, rasanya bener-bener kecut asem segeeerr, heheheee.....

jika teman-teman ingin membuatnya, silakan disesuaikan dengan selera teman-teman saja yaaa....



 
enjoy it  ^^



Kamis, 16 Oktober 2014

cracker goreng



cracker goreng atau ada beberapa orang yang menyebutnya dengan roti gabin karena memang sanck ini dibuat dari cracker yang diisi dengan ragout lalu digoreng.

menurut aku sih, membuatnya cukup mudah tidak seribet membuat risoles karena kita tidak perlu membuat kulitnya, cukup dengan cracker atau mungkin dengan roti tawar saja.




untuk adonan ragoutnya bisa menggunakan resep ragout andalan kita kemudian kita taruh di salah satu roti cracker kemudian ditutup dengan roti cracker yang lain dan celupkan ke dalam kocokan telur lalu digoreng hingga matang.

resep ragoutnya aku biasa menggunakan resep ragout untuk isian risoles atau pastel naum tidak diisi telur rebus, heheheee...




enjoy it ^^




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...