Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 22 November 2016

sambal tempe






dulu pernah membuat sambel tempe versi tempe yang digoreng , sekarang bikin sambel tempe tapi versi tempe kukus.
keduanya sama enaknya sih, cuma tergantung selera kita mau pilih yang versi tempe goreng atau kukus.
kalau yang versi goreng, hampir mirip dengan tempe penyet, tapi aku biasanya goreng tempenya tidak terlalu matang , jadi tidak berasa makan tempe penyet, heheheee....




untuk resep sambel tempe yang versi tempe goreng ada disini, sedangkan di bawah ini adalah resep sambel tempe versi tempe kukus ala Dapur Dwek (untuk ukuran bahan disesuaikan sendiri yaa... ^_^)



Sambel Tempe


bahan :
1 separo papan tempe
20 buah cabai merah (bisa ditambahkan cabai rawit atau cabai setan)
3 siung bawang putih
5 siung bawang putih
garam secukupnya
terasi secukupnya
1 sdt minyak goreng

cara membuat :
kukus tempe
uleg garam, terasi, cabai, bawang merah dan bawang putih, tambahkan minyak gpreng, uleg hingga tercampur rata lalu tambahkan tempe
uleg hingga tempe hancur dan tercampur dengan sambal, siap disajikan.




enjoy it ^^



Selasa, 18 Oktober 2016

lattice apple pie mini







pengen banget belajar bikin lattice apple pie karena aku bukan termasuk orang yang sabar apalagi kalau harus membuat sesuatu yang rumit seperti lattice apple pie ini tapi alhamdulillah aku bisa meskupun tidak rapi ^^

resep apple pie ini aku dapat dari blognya bunda Ricke dan aku cocok dengan resep apple pie ini...





enjoy it ^^


Senin, 26 September 2016

wedang tape ketan ijo






sepertinya sekarang sudah memasuki musin penghujan karena beberapa hari belakangan ini sering turun hujan yang cukup lebat bahkan di Garut beberapa waktu lalu sempat terjadi banjir bandang dengan membawa korban jiwa (Al Fatikhah untuk para korban bencana alam Garut).

biasanya kalau hujan-hujan begini kita pasti cari yang hangat-hangat ya...
berhubung dari kecil aku tidak doyan jahe, jadi aku biasa membuat wedang tape di saat musim hujan seperti ini.
biasanya tape yang aku gunakan adalah tape singkong, tetapi kali ini aku membuat wedang tape dari tape ketan ijo.

cara membuatnya sih sama seperti kalau kita membuat wedang tape dari tape singkong seperti yang dulu pernah aku buat disini.
yuuuk, yang ingin hangat-hangat dengan wedang tape , silakan....  ^^





enjoy it ^^



Kamis, 22 September 2016

ifu mie






sekali-sekali boleh ya bikin masakan yang rada spesial, heheheee....
kali ini bukin ifu mie,  termasuk masakan Chinese food ya ?
biasa makan ifu mie kalau pas datang di kondangan-kondangan , itupun kalau pas antreannya nggak penuh, hehehee....

begini kira-kira  resep ifu mie nya ala Dapur Dwek



Ifu Mie




bahan  :
1 bungkus mi telur
minyak untuk menggoreng

bahan saus :
2 siung bawang putih, memarkan
½  buah bawang bombay, iris panjang
100 gram ayam fillet, iris panjang
5 buah bakso daging, belah dua
100 gram wortel, iris miring
100 gram sawi hijau (sawi kembang) , potong-potong
3  sdm saus tiram
1  sdm kecap ikan
1  sdt garam
½  sdt merica bubuk
750 ml air
3  sdm tepung maizena , larutkan dengan 3 sdm air
2  sdt teh minyak wijen
2  sdm minyak untuk menumis

cara membuat :
rebus mi sampai matang, angkat dan tiriskan.
goreng dengan bentuk bulat sampai kering.
panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
masukkan ayam dan bakso daging, aduk sampai berubah warna, tambahkan wortel , aduk merata lalu tambahkan air, masak sampai wortel sedikit empuk.
tambahkan sawi , aduk rata, lalu tambahkan saus tiram, kecap ikan, garam dan merica bubuk , aduk rata dan masak hingga matang.
kentalkan dengan larutan tepung maizena, masak sampai meletup-letup, tambahkan minyak wijen, aduk rata , angkat.
tata mie di atas piring saji, sajikan mi dengan disiram sausnya.






enjoy it ^^


Kamis, 15 September 2016

pukis vanilla






cukup lama ngga ngisi blog karena ngga ada waktu untuk ngisi , heheheee.....
kali ini posting resep pukis vanilla karena sudah lama pengen bikin pukis ini karena sudah beli cetakan cukup lama dan masih tersimpan rapi sampai akhirnya digunakan kemarin...

bikin pukis ini karena ikutan challenge di Your Kitchen My Kitchen  dengan tema Jajanan Pasar Indonesia yang dimasak di atas api karena sudah cukup lama nggak ikutan challenge di YKMK tersebut.



resepnya aku ambil dari NCC



Pukis Vanilla




bahan A :
25 gr tepung terigu protein sedang
50 ml air
1 sdt ragi instan

bahan B :
3 btr telur
200 gr gula pasir
½  sdt vanilla
250 gr tepung terigu protein sedang
300 ml santan sedang
50 ml minyak goreng
1 sdt garam


bahan taburan (sesuai selera):
keju cheddar , parut
meises

cara membuat :
campur bahan A, aduk rata, diamkan 15 menit.
di tempat lain, kocok telur, gula pasir dan vanilla hingga kental, masukkan adonan A, aduk rata.
masukkan secara bergantian tepung terigu dan santan yang telah diberi garam sambil diaduk hingga rata, tuangkan minyak, aduk rata dan saring bila perlu, diamkan selama 1 jam.
panaskan cetakan kue pukis, tuang adonan setengahnya saja, biarkan hingga terlihat bersarang , beri bahan taburan, tutup cetakan dan matangkan, angkat.







enjoy it ^^


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...