Fish

Jumat, 30 Januari 2015

roti goreng sukun






waktu panen sukun beberapa waktu lalu aku sempat membuat roti tetapi awalnya pengen bikin donat sukun cuma karena engga jadi akhirnya aku goreng aja menjadi roti goreng.
awal ingin membuat donat sukun karena ada teman yang dulu pernah cerita kalau temannya pernah membuat donat sukun dan aku tertarik untuk mencobanya, tetapi nggak sukses waktu digoreng menjadi donat... putar haluan dibuatlah roti goreng aja dan enggak kepikiran untuk dibalut dengan tepugn roti, cari cepetna aja, heheheee....

resepnya aku menggunakan resep donat labunya  bunda Ricke dan aku beri isian meises serta sudah disesuaikan dengan stock bahan di Dapur Dwek

berikut aku tuliskan resepnya yaaa...






Roti Goreng Sukun


bahan :
100 gr sukun, kukus, haluskan
100 gr tepung terigu protein sedang
200 gram tepung terigu protein tinggi
20 gr susu bubuk
6 gr ragi instant
30 gr gula pasir
½ sdt vanilla
2 butir kuning telur
50 ml susu cair dingin (sesuaikan dengan keadaan  tepung)
30 gr butter / margarine
½ sdt garam
minyak goring, untuk menggoreng

bahan isian (sesuai selera) :
meises

cara membuat :
campur terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir, aduk rata, masukkan kuning telur, vanilla dan labu kuning, aduk rata lalu masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis (tidak lengket dan tidak lembek) , hentikan penambahan susu cair jika dirasa adonan sudah kalis.
masukkan butter / margarine dan garam, uleni kembali hingga adonan tercampur rata.
pindahkan adonan ke tempat / meja kerja yang sudah ditaburi tepung terigu, uleni kembali hingga kalis dan elastis lalu bulatkan adonan dan simpan dalam wadah, tutup dengan plastic wrap atau serbet lembab dan diamkan selama 20-30 menit
kempiskan adonan, uleni kembali adonan supaya licin.
timbang adonan atau bulatkan sesuai selera, lalu pipihkan dan beri meises, bulatkan kembali . lakukan hingga adonan habis, tutup adonan dengan plastic wrap kembali agar adonan tidak kering dan diamkan selama 15-20 menit
panaskan minyak goring dengan api sedang, goring hingga kecoklatan


Note :
bisa juga sebelum digoreng dicelupkan ke telur yang sudah dikocok lepas dan digulingkan ke tepung panir atau tepung roti, pasti rasanya lebih enak ^^






 



enjoy it ^^


nasi goreng jamur






kali ini posting tentang nasi goreng sederhana aja, yaitu nasi goreng jamur.
bikinnya sih tinggal sreng-sreng aja, jadi deeeh, heheheee...
bahannya cuma nasi putih, jamur merang dan brokoli, sedangkan bumbunya cuma garam, bawang putih atau bawang bombay , sedikit kecap ikan dan aku juga ditambah dengan sedikit kecap asin,
jika punya minyak wijen, bisa juga ditambahkan minyak wijen supaya rasanya lebih mewah...





enjoy it ^^



Senin, 26 Januari 2015

pizza daging





kali ini bikin pizza masih menggunakan resep roti empuk dari  NCC tetapi pinggirnya sengaja aku beri keju dan aku pilin seperti yang dijual di gerai pizza top itu, heheheee....

untuk toppingnya aku menggunakan daging cincang yang aku masak bersama saus kesukaanku.(males, nggak mau repot, heheheee)

rasanya pas untuk cuaca saat ini yang dingin karena sering turun hujan, heheheee....





enjoy it ^^



banana fried crispy


mendung tak berarti hujan...
belakangan ini di Semarang hanya mendung tetapi tidak turun hujan, alhamdulillah cuaca cukup panas jadi cucian bisa kering tetapi tanaman butuh air supaya tetap segar, heheheee...

kalau cuaca mendung memang paling enak ngemil ya, apa aja deh yang penting kenyang dan hangat rasanya, heheheee...

kali ini bikin pisang goreng krispi aja yang resepnya aku ambil dari majalah Sedap Pemula.




Banana Fried Crispy


bahan :
3 buah pisang tanduk , potong bulat 3 cm
minyak goreng untuk menggoreng
keju chedar, parut   * tambahan dari Dapur Dwek *
SKM   * tambahan dari Dapur Dwek *

bahan pencelup :
50 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/4 sdt BP
100 ml air


bahan pelapis :
200 gr tepung terigu
25 gr maizena
1/2 sdt BP
1/2 sdt garam

cara membuat :
bahan pencelup : campur tepugn terigu, tepung beras, gula pasir dan garam, aduk rata lalu tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin.
celupkan pisah ke dalam bahan pencelup kemudian gulingkan ke bahan pelapis sambil dicubit0cubit hingga keriting.
goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang hingga matang.
sajikan dengan keju parut dan SKM






enjoy it ^^

Rabu, 21 Januari 2015

banana cake : LBT #37




bikin cake pisang ini karena kepincut dengan cake pisangnya mbak Veronica Dhani di Facebook karena cake ini dibuat tanpa mikser.
nggak tau kenapa aku koq seneng banget bikin cake yang tanpa mikser, apa mungkin karena simple nggak banyak cucian ya ? hehehee....





kali ini PR LBT #37  bertemakan 4th Anniversary LBT yang tetap saja harus dioven sesuai dengan aturan di LBT, jadi sekalian saja banana cake ini sebagai setoran di Let's Baking Together bulan ini dan sepertinya hanya aku yang tidaksetoran berupa birthday cake (bdck), heheheee....

berikut aku tuliskan resep banana cake yang aku ambil dari Catatan Dapur Vero tetapi aku skip penggunaan garamnya dan aku tambahkan sedikit chocolatechips...





Banana Cake


bahan :
4 buah pisang ambon / raja , haluskan   * dwek pakai pisang raja *
310 gr tepung self raising , ayak
10 gr baking soda
240 gr gula pasir
4 butir telur
240 gr  mentega atau  300 ml minyak sayur
sedikit vanilli
chocolate chips

cara membuat :
kocok telur, gula dan vanilli hingga putih lalu masukkan pisang, aduk dengan spatula
masukkan tepung secara perlahan dan aduk kemudian masukkan mentega cair atau minyak sayur, aduk kembali secara perlahan hingga rata, tambahkan chocolatechips, aduk asal rata.
tuang ke dalam loyang yang sudah dioles mentega, oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 50-60 menit atau sampai matang (sesuaikan dengan oven kita)






enjoy itt ^^



Senin, 12 Januari 2015

capjay jamur





cap jay jamur ini bikinnya gampang banget karena aku hanya membuat dengan bahan-bahan yang aku punya saja seperti wortel, sawi, bakso dan jamur kancing sedangkan bumbunya aku tambahkan saos tiram meskipun sebelumnya aku tidak pernah membuat capjay dengan bumbu saos tiram.
jika teman-teman berminat untuk membuatnya, sayurannya bisa bahannya bisa disesuaikan dengan stock dan sayuran kesukaan teman-teman yaa...






enjoy it ^^



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...