Fish

Jumat, 05 Februari 2016

sambel ikan asin petai








hampir setiap minggu aku selalu membeli petai, entah mau dibikin apa yang penting beli petai aja karena tertarik dengan penampakannya yang besar-besar bijinya,ditambah lagi penjual langgananku setiap hari selalu ada petai, bikin tambah pengen aja , heheheee....
kebetulan masih punya ikan asin, jadi petainya dibuat sambel petai dengan campuran ikan asin aja.
untuk ikan asinnya bisa menyesuaikan ikan asin yang kita punya karena yang aku pakai ini aku juga tidak tau ikan asin jenis apa, hihiiii.....


Sambel Petai Ikan Asin

bahan :
ikan asin , cuci bersih, potong-potong , goreng sebentar
3 papan petai , goreng sebentar
15 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
garam secukupnya
terasi secukupnya , bakar
1 buah tomat merah
gula jawa secukupnya
minyak goreng , untuk menggoreng

cara membuat :
goreng cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih dan tomat (jangan terlalu kering), angkat lalu haluskan bersama dengan garam dan terasi dan gula jawa.
goreng kembali bahan sambal, masukkan potongan ikan asin, aduk rata
menjelang diangkat, tambahkan petai, aduk rata dan angkat.


 


enjoy it ^^



Rabu, 03 Februari 2016

rempeyek (peyek) kacang tanah





rempeyek atau biasa kami menyebutnya dengan peyek ini bikinnya susah-susah gampang dan ada beberapa bentuk peyek kacang ini, diantaranya ada yang bulat dan ada yang melebar, tetapi bagaimanapun bentuknya yang namanya peyek kacang itu enak kalau bisa tahan kriuk-kriuknya...

sebenernya sudah lama pengen bisa bikin peyek kacang sendiri seperti yang orang jual bisa melebar selebar lapangan bola, hehehee dan pas baca-baca majalah Sedap nemu resepnya dan akhirnya diniatin bikin peyek kacang ini

resep peyek kacang ini aku aku ambil dari Sajian Sedap tapi dimodifikasi sesuai dengan stock bahan dan selera Dapur Dwek, yang ingin resep aslinya bisa klik link di atas.
sengaja kacang tanahnya aku utuhkan karena males membelah menjadi dua bagian, hehehe....







Rempeyek Kacang Tanah (Peyek Kacang Tanah)



bahan :
175 gram tepung beras
1 sdm tepung sagu
275 ml santan dari ¼  butir kelapa
100 gr kacang tanah, belah dua, goreng setengah matang
minyak untuk menggoreng

bumbu halus :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 sdt  ketumbar
3 cm kencur
2 cm kunyit, bakar
¾ sdt  garam
¼ sdt gula pasir
4 butir kemiri, sangrai

cara membuat :
aduk bahan dan bumbu halus  sampai rata.
panaskan minyak goreng, ambil satu sendok sayur adonan, tambahkan kacang tanah.
tuang adonan di sisi penggorengan, siram-siram dengan minyak goreng sampai terlepas.
goreng sampai matang dan kering.





enjoy it ^^



Selasa, 02 Februari 2016

pepes tongkol





sebenernya sih nggak ada keinginan untuk bikin pepes tongkol karena sudah lama pengen banget bikin pepes ikan mas, tapi nggak tau kenapa kalau belanja saat pulang kerja selalu jarang nemu ikan mas di akhir pekan untuk dieksekusi, yang ada cuma ikan tongkol, ya sudahlah dibeli aja meskipun bingung mau dibikin karena karena penjualnya maksa-maksa untuk beli, hehehee....

akhirnya dibikinlah pepes ikan tongkol, tapi karena masaknya nggak pakai ukuran jadi bumbunya agak kurang , lihat tuuuuh.... ikannya ada yang mringis nggak ketutup bumbu, heheheee....

untuk membuat pepes ini, aku menggunakan putih telur untuk membuat bumbu menjadi set, tetapi semua disesuaikan dengan selera saja, sedangkan untuk ikan tongkolnya, bisa dipotong menjadi beberapa bagian atau bisa juga diutuhkan seperti yang aku buat, kembali lagi kepada selera masing-masing.
berikut resep pepes dengan takaran bumbu kira-kira ya, hehehee....



Pepes Tongkol


bahan :
1 buah ikan tongkol , cuci bersih
putih telur
cabai rawit merah   *jika suka pedas*
daun salam
daun pisang , untuk membungkus

bumbu halus :
bawang merah
bawang putih
cabai merah
kemiri
kunyit
daun jeruk

cara membuat :
campur bumbu halus , cabai rawit pedas , daun salam dan putih telur, aduk rata
letakan sebagian bumbu di atas selembar daun, letakkan ikan tongkol di atasnya,  beri sisa bumbu.
bungkus dan ikan ujung-ujungnya dengan lidi
kukus hingga daun layu lalu bakar di atas api hingga harum dan siap disajikan.







enjoy it ^^



Kamis, 28 Januari 2016

nasi uduk ~ betawi





pengen banget bikin nasi uduk karena kalau ke rumah tante di Jakarta seringnya disiapin sarapan nasi uduk hasil dari membeli di tetangga atau penjual yang lewat atau kalau di rumah beli nasi uduk juga tetapi beda dengan yang dijual di Jakarta.

kalau yang di rumah, nasi uduknya dengan suwiran ayam, telur dadar rawis dan kering tempe sedangkan yang di Jakarta ada bihun gorengnya dengan ditambah gorengan tempe kemul alias mendoan.
entah seperti apa nasi uduk yang sesungguhnya, aku sendiri juga kurang paham, yang penting tiap kali menyantap nasi uduk, nasinya pasti nasi gurih, heheheee....

kali ini bikin nasi uduk sendiri dengan resep merujuk dari Sajian Sedap tetapi aku tambah dengan semur tahu tempe karena versi saudara yang tinggal di Jakarta nasi uduk yang biasa dibeli ada tambahan semur tahu tempenya.





  
resep nasi uduk berikut adalah nasi uduk versi Dapur Dwek, sedangkan di resep aslinya menggunakan sambal kacang, jadi yang ingin membuat bisa disesuaikan dengan selera saja ya...
untuk resep semur tahu tempenya bisa ke postingan semur daging saja , tinggal dagingnya diganti dengan tahu tempe atau yang lain sesuai selera atau bisa menggunakan resep semur favorit.



Nasi Uduk



bahan nasi :
300 gram beras
450 ml santan dari 1 butir kelapa
1 ½ sdt garam
2 lembar daun salam

cara membuat :
didihkan santan, garam, daun salam dan daun pandan, tambahkan beras, aduk sampai meresap , kukus beras 30 menit sampai matang.

bahan bihun goreng :
100 gram bihun seduh
1 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 batang daun bawang potong 1/2 cm
1 sdm minyak untuk menumis

cara membuat :
lumuri bihun dengan kecap manis, sisihkan.
tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daun bawang, aduk rata, masukkan bihun dan garam, masak sampai matang.

bumbu halus :
2 siung bawang putih
½  sdt merica
6 butir ebi seduh, sangrai

bahan kering tempe :
150 gram tempe potong panjang, goreng
2 siung bawang putih iris tipis
4 butir bawang merah iris tipis
2 buah cabai merah besar buang biji, iris serong
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas memarkan
1 sdm  kecap manis
½ sdt  teh air asam (dari 1 sdt asam jawa dan 1 sdm air)
1 sdt gula merah sisir
½ sdt garam
1 sdm minyak untuk menumis

cara membuat :
tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, daun salam dan lengkuas sampai harum, masukkan air asam, gula merah, dan garam, aduk sampai kental.
tambahkan tempe dan kecap manis, masak sampai matang

bahan pelengkap :
2 sdm bawang merah goreng untuk taburan
semur tahu tempe

penyelesaian :
sajikan nasi uduk dengan bihun goreng, kering tempe, semur tahu tempe dan taburi bawang merah goreng.







enjoy it ^^



Rabu, 27 Januari 2016

cengkaruk







nggak tau kenapa dinamakan cengkaruk, padahal di setiap tempat berbeda namanya meskipun sama bahan baku dan cara mengolahnya tetapi  itulah Indonesia yang kaya dengan kulinernya...

cengkaruk ini merupakan jajanan saat aku masih kecil dulu karena dulu ayahku (alm) dan ibuku sering membuatnya untuk dijadikan cemilan sambil nonton tv.
setelah hilang dari cemilan di rumah beberapa lama karena tidak tahu sebabnya, namun sejak beberapa bulan belakangan ini cengkaruk hadir lagi di keluargaku karena menjadi cemilan Ibundaku di kala senggangnya sambil nonton tv.

selain sangat mudah membuatnya, bahan dasar dari cengkaruk ini sangat mudah didapatkan karena cemilan ini terbuat dari nasi yang sudah tidak dikonsumsi atau sisa nasi kemudian kita jemur hingga kering lalu kita goreng, simpel bukan ??? dan satu hal lagi yang terpenting adalah hemat biaya, heheheee....






karena kebetulan challenge di Indonesian Food Blogger kali ini temanya tentang LeftOver atau mengolah dari sisa makanan san awalnya bingung mau bikin apa , akhirnya ingat dengan cengkaruk ini dan setelah bertanya kepada mbak cantik Freeyanti Inev salah seorang admin yang bertindak sebagai host di challenge ini katanya cengkaruk layak dan termasuk dalam kategori LeftOver, maka jadilah si cengkaruk ini sebagai setoranku, heheheee....

sebenarnya olahan dari sisa nasi tidak hanya bisa kita buat cengkaruk saja, bisa juga kita mengolahnya menjadi gendar yang bisa kita santap dengan pecel atau taburan kelapa atau bubuk kedelai dan dari gendar ini juga bisa kita olah lagi menjadi kerupuk atau sisa nasi juga bisa kita olah menjadi arancini sejenis kroket dan  bitterbalen, pempek dan masih banyak lagi tentunya jika kita mau berusaha ^_^.

sepengetahuanku... cengkaruk berbeda dengan rengginang karena cengkaruk terbuat dari beras atau sisa nasi sedangkan rengginang terbuat dari beras ketan atau mungkin di daerah lain cengkaruk sama dengan rengginang karena terbuat dari beras, entah itu beras biasa atau beras ketan (cmiiw).





cengkaruk ini bisa dibuat dengan berbagai varian rasa tergantung dengan selera kita, mau rasa pedas, keju atau gurih, tetapi biasanya Ibundaku jika membuat cengkaruk dengan rasa yang standar atau asin saja dari garam halus dan tidak pernah menggunakan seasoning dari bahan lain , lebih praktis dan sehat ya, heheheee...

beginilah cara membuat cengkaruk ala orang tuaku...



Cengkaruk


bahan :
sisa nasi   *berapapun banyaknya*
garam secukupnya atau seasoning lain sesuai selera
minyak goreng , untuk menggoreng

cara membuat :
kumpulkan nasi sisa, ratakan di wadah sesuai dengan banyaknya sisa nasi.
jemur nasi hingga kering
goreng nasi hingga matang, angkat dan tiriskan
panas-panas taburkan garam halus atau seasoning , simpan dalam wadah kedap udara dan siap dinikmati.





enjoy it ^^



Selasa, 26 Januari 2016

semur daging





ada beberapa versi resep dan varian semur dan itu tidak menjadi masalah karena di Indonesia kaya akan ragam kulinernya dan seperti apa hasil akhir dari semur daging versi teman-teman, nyebutnya pasti tetap semur, heheheee....

berikut ini adalah resep semur daging versi Ibundaku dan seperti biasa, resep yang tercantum ini hanya kira-kira saja, takaran pastinya disesuaikan dengan selera kita dan karena aku tidak pernah menggunakan bahan seasoning dalam memasak, jadi untuk bumbunya selalu aku perbanyak supaya rasanya pas dan matap...



Semur Daging


bahan :
500 gr daging , iris-iris
2-3 buah kentang , potong-potong
pala secukupnya, geprek
kecap secukupnya
1 lt air
mentega , untuk menumis

bumbu halus :
5-6 butir bawang merah
merica secukupnya
garam secukupnya

cara membuat :
goreng kentang hingga berkulit
panaskan mentega, tumis bumbu halus hingga harum
masukkan potongan daging, aduk rata.
tuangi air dan kecap, masak hingga daging empuk
tambahkan kentang yang sudah digoreng, masak kembali hingga matang, angkat dan siap disajikan.







enjoy it ^^



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...