Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 21 Juli 2016

tahu sarang burung






di kalangan aku dan teman-teman kerja dulu jajanan ini disebutnya tahu sarang burung, aku nggak taahu kenapa jajanan ini bisa dinamakan tahu sarang burung....
mungkin karena di tengah-tengahnya ada telurnya ya, jadi diberi nama tahu sarang burung, hehehee....
masih ingat sekali, aku mengenal jajanan ini beberapa tahun lalu ketika masih kerja di sebuah radio panggil dan setiap berangkat dan pulang kerja ikut mobil jemputan kantor jadi bisa keliling kemana-mana sambil beli jajan, termasuk beli jajanan yang satu ini.
penjualnya sih seneng-seneng aja ketika kami mampir membeli dagangannya karena kami cewek semua yang tentunya centil-centil, hahahaaaa.....

tapi sekarang aku kurang tahu apakah Bapak penjual jajanan dengan gerobaknya yang berisi aneka macam jajanan ini masih berjualan atau tidak karena tempat kerja yang dulu dengan yang sekarang sudah berlawan arah , aaah....jadi kangen masa kerja dulu dan Bapak penjual jajanan ini....





untuk membuat tahu sarang burung ini sangat mudah dan dijamin semua pasti juga bisa membuatnya.
berikut resep tahu sarang burung ala Dapur Dwek dan untuk takaran bahan dan bumbu bisa menyesuaikan kebutuhan kita.



Tahu Sarang Burung


bahan :
5 buah tahu putih , haluskan
1-2 buah wortel , potong dadu kecil
2 tangkai daun pre , iris halus
sledri secukupnya , iris halus
telur puyuh rebus , secukupnya
telur secukupnya
minyak goreng  secukupnya


bumbu halus:
3 siung bawang putih
merica sucukupnya
garam secukupnya

cara membuat :
campur tahu yang sudah dihaluskan, irisan wortel, daun seledri dan daun pre, aduk rata.
tambahkan bumbu halus, aduk rata sambil dites rasa.
ambil adonan tahu, letakkan di cetakan yang sudah diolesi minyak goreng, letakan sebutir telur puyuh di tengah lalu tutup kembali dengan adonan tahu , lakukan hingga adonan tahu habis.
kukus hingga matang, angkat dan biarkan dingin
kocok lepas telur, celupkan adonan tahu yang sudah dikukus ke kocokan telur lalu goreng hingga matang dan siap disajikan dengan cabai rawit atau cocolan saus sambal botolan.





enjoy it ^^



Rabu, 20 Juli 2016

terong bakar sambal petai







pengen bikin terong bakar sambel petai ini karena sering cerita dengan teman sekerja (mas Wempi dan mas Didik) kalau mereka sering bertemu di warung makan penyetan di daerah mereka yang kebetulan berdekatan dan teman  kerja yang bernama mas Didik ini sering memesan terong bakar yang dimakan dengan sambal.
menurut cerita mas Didik terong bakar sambal ini enak, akhirnya disempetin bikin sendiri.

bikinnya mudah, cuma terong ungu aja yang sebelumnya dibelah dua memanjang kemudian direndam dengan air rendaman bumbu lalu dibakar di atas bara api.

kalau di penjual langganan mas Didik, sebelum terongnya dibakar, terongnya direndam dengan bumbu rendaman ayam atau lele dan teman-temannya tetapi kalau aku cuma direndam di air garam aja karena kebetulan cuma bakar terong aja, tidak goreng ayam dan lain-lain, hehehe....

sedangkan untuk sambal petainya bisa menggunakan sambal kesukaan teman-teman saja, kalau sambal petai yang aku buat ini bisa dilihat di postingan ini



 



enjoy it ^^




Senin, 18 Juli 2016

es buah lychee dengan sirup mangga






ini postingan perdana setelah lebaran  dan masih di bulan Syawal, jadi saya ucapkan

           'Taqaballallahu minna wa minkum , waja'alana minal aidin wal faizin'


kali ini postingannya tentang yang segar-segar untuk siang hari di musim kemarau yang alhamdulillah kadang-kadang masih ada hujan juga...
dibuatnya dengan menggunakan minuman serbuk mangga dan bikinnya mudah dengan bahan yang digunakan juga disesuaikan dengan yang kita suka aja ..



Es Buah Lychee Mangga


bahan :
melon , potong-potong
semangka , potong-potong
nanas , potong-potong
lychee kaleng
minuman serbuk mangga secukupnya
air secukupnya
es batu secukupnya

cara membuat :
campur air dengan serbuk mangga, aduk rata kemudian campurkan dengan air lychee kaleng, sisihkan.
tata buah-buahan di gelas saji, tuangi air mangga dan lychee kaleng, tambahkan es batu dan minuman siap disajikan.





enjoy it ^^


Selasa, 28 Juni 2016

proll tape







lama sekali nggak bikin prol tape, jadi pengen...
kali ini aku bikin prol tape dengan resep dari mba Mimie yang merujuk resep dari Dapur Lavender dan berikut resepnya



Proll Tape


bahan :
150gr tape singkong , buang seratnya  
1sachet susu kental manis  
4 btr telur  
75gr gula pasir  
75gr tepung terigu  
10gr tepung maizena  
15gr susu bubuk  
75gr margarine / butter , lelehkan 
25gr minyak sayur

cara membuat :
haluskan tape campur dengan susu sampai halus (teksturnya kental tapi tidak padat)
kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, masukkan tape secara bertahap dengan kecepatan rendah.(jangan terlalu lama mengaduknya asal tercampur rata saja).
masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu , aduk balik dengan spatula , aduk rata lalu masukkan  margarin dan minyak aduk rata.
tuang di loyang  yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti ,. beri parutan keju , panggang hingga matang.






enjoy it ^^



Selasa, 21 Juni 2016

bika ambon green tea keju






sudah lama pengen bikin bika ambon dengan versi keplok dan baru sekarang kesampaian
sayang hasilnya tidak terlalu bersarang , ngga tau apa sebabnya, hiiiks....

berikut resep bika ambon green tea keju yang aku modifikasi dari tabloid Saji dengan resep asli bika ambon coklat keju.

oya, resep di bawah ini untuk pembuatan bika ambon versi besar (untuk jualan), jadi jika ingin membuat dengan resep ini, silakan disesuaikan dengan kebutuhan saja ya...



Bika Ambon Green Tea Keju


bahan :
300 gr tepung terigu protein rendah
4 bungkus ragi instant
400 ml air
1000 ml santan dari 1 butir kelapa
1000 gr gula pasir
2 sdt. garam
600 gr tepung kanji
60 gr coklat bubuk   *dwek ganti dengan green tea powder*
2 sdt soda kue
24 butir telur
200 gr keju parut , untuk taburan

cara membuat :
aduk rata tepung dan ragi instant , tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, diamkan 15 menit.
rebus santan, gula pasir dan garam sambil diaduk sampai mendidih , angkat dan biarkan hangat.
ayak tepung kanji, coklat bubuk dan soda kue, masikkan bahan biang , uleni rata
tambahkan telur satu persatu sambil dikeplok-keplok selama 20 menit, diamkan selama 2 jam.
tuang ke dalam cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan, biarkan sampai mengembang.
kecilkan air, biarkan sampai 3/4 matang lalu taburkan keju parut, tutup dan biarkan matang.





enjoy it ^^



Rabu, 15 Juni 2016

repost : setup pisang






setup pisang merupakan salah satu sajian berbuka puasa yang selalu ada di bulan suci Ramadhan , bahkan setiap hari di luar bulan suci pun pasti juga sering dijajakan di penjual pecel karena di penjual pecel daerah rumahku selalu menjual pecel dengan setup pisang ini.

selain bahannya yang mudah didapat, cara membuatnya pun juga mudah karena kita hanya membutuhkan pisang, air, gula jawa saja tidak serepot jika kita membuat kolak yang harus menggunakan santan.
selain segar, setup pisang juga wangi karena menggunakan kayumanis dan cengkih.

cara membuatnya pasti teman-teman sudah bisa yaaa....
pisang yang aku gunakan ini tidak selalu pisang gablok yang khusus untuk bikin kolak atau setup pisang karena kadang-kadang aku juga menggunakan pisang kepok, tergantung dengan selera dan yang terjangkau dengan isi dompet saja, hehehee.....
untuk setup pisang kali ini aku menggunakan pisang kepok karena harganya lebih murah dibandingkan dengan pisang gablok, terutama di bulan puasa.
untuk resepnya bisa klik disini ...





enjoy it ^^


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...