Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 17 Maret 2017

lumpia tape









mau kasih nama apa aja terserah ya, hehehee....

ini sih iseng aja karena punya tape dan nyoba-nyoba bikin jajanan kekinian yang dijual di kafe-kafe itu....
bikinnya sih gampang banget dan bahannya mudah didapat karena hanya membutuhkan kulit lumpia dan tape aja.

versi aku siiih.... tapenya aku haluskan dulu lalu aku taruh di atas selembar kulit lumpia, lalu digulung kemudian digoreng hingga coklat matang.
bisa disajikannya dengan taburan keju parut dan susu kental manis atau dinikmati begitu saja... ^_^






enjoy it ^^



Rabu, 15 Maret 2017

chocolatechips muffin






enaknya membuat muffin itu karena nggak perlu susah dan repot-repot mengeluarkan mikser karena resep muffin ini tanpa mikser...

resep chocolatechips muffin ini aku dapat dari Vemale dan berikut aku tuliskan resepnya



Chocolatechips Muffin



bahan :
200 gram tepung terigu protein sedang
100 gram gula pasir
1 butir telur, kocok lepas
150 ml susu cair
25 gram cokelat bubuk
75 gram cokelat masak, lelehkan
50 gram margarin, lelehkan
1 sdm baking powder
1 sdt vanila bubuk
25 gram chocolate chips
chocolate chips secukupnya sebagai taburan
potongan kacang mete sebagai taburan jika suka   *aku tidak pakai*

cara membuat :
ayak tepung terigu, baking powder dan cokelat bubuk, sisihkan.
kocok susu, cokelat yang sudah dilelehkan, vanila bubuk, gula dan telur menggunakan kocokan telur, kocok hingga gula larut.
tuang margarin yang telah dilelehkan, aduk rata , tambahkan chocolate chips, aduk hingga tercampur rata.
sendokkan sedikit demi sedikit campuran tepung dan cokelat bubuk, aduk dengan sendok kayu atau spatula, lakukan hingga tepung habis.
tuang adonan dalam cetakan muffin yang telah diberi cup, beri taburan chocholate chips dan kacang mete.
panggang dalam oven 175 derajat celsius selama 15 menit, angkat dan sajikan.

  



enjoy it ^^



Selasa, 07 Maret 2017

mandafa' ~ Makassar






baru kali ini aku mendengar ada yang namanya mandafa'
ternyata mandafa' ini base nya dari barongko, cuma ada saus atau toppingnya aja, hehehee....

dan resep mandafa' ini masih aku ambil dari instagramnya mommy Anita Joyo
untuk teman-teman, jika ingin membuat mandafa' ini bisa menggunakan resep barongko favorit teman-teman yaaa...
resep aku di bawah ini masih menggunakan resep barongkonya mommy Anita Joyo yang aku tulis kemarin dan di bawah ini aku tuliskan lagi resepnya...



Mandafa'


bahan :
bahan :
10 buah pisang kepok matang, kupas , potong-potong.
2 butir telur ayam
100 gr gula pasir
500 ml santan
3 daun pandan , potong-potong
daun pisang  , untuk membungkus
lidi , untuk menyemat

cara membuat :
masukkan pisang, santan dan gula ke dalam blender , proses hingga halus.
tambahkan telur, proses kembali hingga tercampur rata.


bahan lapisan atas :
50 gr tepung beras , larutkan dengan sedikit air
500 ml santan
2 sdm gula
1,5 sdt garam
1 sachet susu kental manis putih

cara membuat :
lapisi loyang dengan plastik, tuang adonan barongko sampai matang
sesaat sebelum adonan lapisan pertama (barongko) matang, buat lapisan atas.
didihkan santan, lalu masukkan larutan tepung beras, aduk rata.
masukkan garam, gula dan susu kental manis, aduk terus sampai mengental dan mendidih (bubbling).
angkat loyang dari kukusan, siram dengan saus santan, dinginkan dan simpan di kulkas.


jangan pernah tanya kenapa mandafa' ku jadinya begini ya....
karena ini belum aku simpan di kulkas sudah keburu aku foto karena hari sudah sore ^^





enjoy it ^^



Senin, 06 Maret 2017

barongko ~ Makassar






lama ya ngga nge-blog... hhmmm.....
kasihan blognya dianggurin sekian lama, hiiiikss.....


ngga tau kenapa aku sukaaaaa sekali dengan barongko ini , jajanan yang berasal dari Makassar....
enak dan bikinnya mudah siiih... hehehee....
barongko ini mau disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin, tetep aja sama enaknya....

dulu pernah bikin dan kali ini bikin lagi dengan resep dan sumber yang berbeda.
resep barongko ini aku dapat dari instagram , resepnya punya mommy Anita Joyo, berikut aku tuliskan resep versi beliau ya....



Barongko


bahan :
10 buah pisang kepok matang, kupas , potong-potong.
2 butir telur ayam
100 gr gula pasir
500 ml santan
3 daun pandan , potong-potong
daun pisang  , untuk membungkus
lidi , untuk menyemat

cara membuat :
masukkan pisang, santan dan gula ke dalam blender , proses hingga halus.
tambahkan telur, proses kembali hingga tercampur rata.
ambil selembar daun pisang, taruh 1 sendok sayur adonan, bungkus tum dan semat dengan lidi ,lakukan hingga habis.
kukus di dalam dandang panas hingga matang dan daun layu, angkat dan biarkan dingin , sajikan






enjoy it ^^


Kamis, 09 Februari 2017

repost : martabak telur







musim hujan begini memang enaknya ngemil ya...
dan yang paling enak itu memang makan gorengan padahal kan kebanyakan makan gorengan tidak baik, tapi nggak tau kenapa kok seolah tidak bisa terpisahkan dengan gorengan, rasanya ada sesuatu yang kurang kalau belum makan gorengan....

kali ini bikin martabak telur karena nggak tau kenapa kok bisa sukaaaaaa.... banget sama martabak telur.
rasanya dan baunya itu khaaaas.... banget dan selalu bikin kangen, hihihiiii.....

resepnya sudah pernah aku share disini tetapi kali ini aku membuatnya dengan menggunakan bumbu kari supaya mirip sama yang dijual abang-abang di pinggir jalan itu....

aku tuliskan resepnya lagi yaa...



Martabak Telur


bahan kulit :
250 gr tepung terigu, ayak
1 sdm makan mentega cair
1 sdt garam
1 buah telur
50 ml air kurang lebih

cara membuat :
aduk semua bahan kulit sampai merata dan kalis, lalu gilas tipis dan potong-potong sesuai selera , siap digunakan

 bahan isian :
200 gr daging giling
2 siung bawang putih, diiris tipis
3 butir bawang merah , diiris tipis
½  sdt garam
½  sdt merica bubuk
½  sdt gula pasir
½ sdt bubuk kari
1 batang daun bawang, diiris halus
1 sdm minyak untuk menumis

bahan campuran per porsi :
25 gr daun bawang, iris halus
2 butir telur ayam , kocok lepas
½  sdt garam
¼  sdt bubuk
50 gr bahan tumisan daging

pelengkap :
cabai rawit
acar mentimun

cara membuat :
tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, tambahkan daging giling, aduk sampai berubah warna , masukkan garam, merica bubuk , bubuk kari dan gula pasir, masak sampai meresap, tambahkan daun bawang, aduk rata, sisihkan.

penyelesaian :
campur daun bawang, telur ayam, bawang bombay, garam, merica bubuk dan tumisan daging, aduk rata.
panaskan minyak dalam wajan martabak, letakkan selembar kulit, beri campuran isi, lipat, goreng sampai matang sambil disiram minyak.
sajikan martabak telur ini dengan cabai rawit dan acar mentimun






enjoy it ^^



Kamis, 19 Januari 2017

siomay ala-ala



pengen bikin siomay ala abang-abang yang biasa jualan di sekolahan itu yang pada umumnya cuma berasa ayam atau ikan aja, yang penting kenyal-kenyal enak, hihiihiii...

resepnya aku masih menggunakan resep siomay goreng dengan ada penambahan tepung sekitar 50-100 gr supaya mirip seperti yang dijual abang-abang itu yang banyakan tepungnya daripada dagingnya, hehehee.....
kalau siomay yang versi ala-ala ini setelah adonan dibentuk atau dibulatkan kemudian dikukus ya...






enjoy it ^^




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...