Fish

Jumat, 22 April 2016

klenyem





di daerahku terkenal dengan nama klenyem tetapi di beberapa daerah lain dikenal dengan nama misro atau jemblem meskipun bahan dan cara membuatnya sama. , jadi teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini yang terbuat dari singkong.

aku suka dengan klenyem ini apalagi kalau dinikmati saat bersama-sama karena dalamnya ada isian gula merahnya, jadi kalau digigit kadang-kadang gula merahnya suka muncrat keluar terutama jika kita tidak tahu kalau yang kita makan itu adalah klenyem dan asal gigit aja jadi biasanya jika sudah muncrat gitu pasti akan ditertawakan oleh yang lain, seruuuu....






berikut resep klenyem dengan takaran kira-kira ya...



Klenyem


bahan :
singkong , kupas, cuci bersih , parut
kelapa muda, parut
gula merah , sisir
sedikit garam
minyak goreng , untuk menggoreng

cara membuat :
campur singkong parut, kelapa parut dan garam hingga rata.
ambil sedikit campuran singkong, pipihkan, beri gula merah, tangkupkan dan bentuk bulat pipih.
lakukan hingga habis.
goreng galam minyak panas hingga kecoklatan, angkat dan siap disajikan.





enjoy it ^^



Rabu, 13 April 2016

ogura marble cake





sudah cukup lama nggak ikutan challenge di YKMK dan kali ini disempetin ikutan dengan tema Chiffon atau Ogura Marble Cake dan yang aku pilih adalah ogura cake
ini kali kedua aku membuat cake dengan metode abu ban marie  dan sengaja aku pilih ogura cake karena selain lembut cake nya, aku belum punya loyang chiffon, hahahaaa....

 resep ogura cake ini aku ambil dari blognya  bunda Nina dan berikut resepnya



OGURA MARBLE CAKE



bahan A :
5 kuning telur
1 telur utuh
40 gr minyak sayur
1 sachet (60 ml) santan instan kental ditambahkan air hingga 80 ml
65 gr tepung terigu protein sedang
15 gr maizena
30 gr gula pasir (blender dulu)

bahan B :
5 putih telur
1 sdt air jeruk nipis
75 gr gula pasir (blender)

bahan C :
1 sdm coklat bubuk dilarutkan dengan sedikit air panas, aduk hingga larut, sisihkann.

cara membuat :
panaskan oven 160'C, siapkan loyang, oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles kembali , apabila menggunakan loyang tulban , olesi dengan margarin dan taburi sedikit terigu, sisihkan.

bahan A :
campur telur, aduk menggunakan hand whisk hingga rata, tambahkan minyak sayur, santan dan gula, masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah diayak, aduk hingga rata dan tidak bergerindil, sisihkan.

bahan B :
kocok putih telur dan air jeruk nipis hingga berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit dan kocok hingga soft peak, matikan mixer.
masukkan 1/3  bagian adonan putih telur ke adonan kuning telur, aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata kemudian masukkan kembali ke adonan putih telur, aduk hingga rata.
ambil sedikit adonan, campurkan dengan pasta coklat. aduk hingga rata.
tuang adonan ke dalam loyang, beri adonan coklat di atasnya dan buat motif marble menggunakan sumpit atau garpu, panggang selama kurang lebih 1-1,5 jam dengan teknik au bain marie.
keluarkan dari oven, biarkan hangat dan keluarkan cake dari loyangnya, dinginkan di atas cooling rack








enjoy it ^^



Senin, 11 April 2016

asinan buah dan sayur






dulu pernah bikin asinan buah kali ini bikin lagi tetapi dengan ditambah sayuran , yaitu kool atau kubis yang diiris tipis.
untuk resepnya masih sama dengan yang pernah aku bikin dulu , jadi silakan klik link tersebut karena asinan ini segaaarrr apalagi jika dinikmati dalam keadaan dingin dan dalam cuaca yang panas terik ini...

untuk bahan buahnya bisa sesuai selera aja karena yang aku gunakan ini hanyalah buah-buahan standar yang aku suka seperti kedondong , bengkuang, nanas , jadi silakan disesuaikan dengan selera saja.





enjoy it ^^



Rabu, 06 April 2016

ndas (kepala) manyung siram sambel terong petai










ndas manyung atau kepala manyung ini sangat terkenal di Semarang dan biasanya dimasak menjadi mangut dan menjadi jajanan favorit di Semarang.

tetapi aku nyoba bikin ndas manyung siram sambel terong petai ini iseng banget karena pengen banget nyoba makan ndas manyung dengan petai dan ternyata enak....

resepnya bisa menggunakan resep sambel petai favorit teman-teman, sedangkan untuk ndas manyungnya aku cuci dahulu kemudian aku rebus sebentar supaya bersih dan matang meskipun sebenarnya sudah matang, hehehe....





enjoy it ^^



Jumat, 01 April 2016

hotdog rice bakar 'minimalis'


mengapa namanya hotdog rice minimalis ?
karena hotdog ini terbuat dari beras yang dimasak menjadi nasi dan hanya diberi mayonnaise, saus tomat, saus sambal dan keju parut saja tanpa aja sausnya...
bukannya males bikin saus siiih... tapi lagi nggak ada stock apapun di simpanan jadi bikin yang simple namun mengenyangkan, heheheeee.....




 nemu resep hotdog rice ini di majalah Sedap, akhirnya bikinlah hotdog rice versi Dapur Dwek ini karena jika di majalah Sedap hotdog nya komplit menggunakan saus daging...





berikut resep hotdog rice bakar minimalis yang aku ambil dari majalah Sedap yang sudah disesuaikan dengan stock bahan di Dapur Dwek



Hotdog Rice Bakar Minimalis


bahan rice :
200 gr beras
50 gr beras ketan , rendam 1 jam, tiriskan
550 ml kaldu ayam   * dwek pakai air biasa *
1/2 sdt garam
margarin, untuk menumis.

bahan pelengkap :
sosis sapi
daun selada
mayonnaise
saus tomat
saus sambal
keju cheddar, parut

cara membuat :
masak air, garam, beras ketan dan beras hingga menjadi nasi aron, aduk rata, angkat.
kukus di atas api sedang hingga matang.
kepal-kepal campuran beras dan bentuk lonjong, padatkan.
panaskan margarin, panggang nasi kepal hingga kecoklatan, angkat lalu belah tidak putus.

penyelesaian :
ambil nasi kepal yang sudah dibelah, letakkan daun seladam sosis sapi yang sudah dipanaskan sebentar, beri mayonnaise, saus tomat, saus sambal dan keju parut, sajikan...





versi Dapur Dwek :
setelah nasi kepal dipanggang, lalu aku bakar sebentar di wajan teflon hingga agak kering kecoklatan, sehingga saat dinikmati ada sensasi rasa bakarnya :)



enjoy it ^^


Rabu, 30 Maret 2016

sop makaroni (versi sederhana)






sebenarnya sih aku kurang suka dengan sop makaroni karena kuahnya menjadi keruh, aku lebih suka sop biasa yang bening saja tetapi kadang-kadang Ibunda suka membuat sop makaroni , ya sudahlah sebagai varian lain dari sop

cara membuatnya sih sama saja seperti membuat sop-sop yang lain, cuma ada tambahan makaroni saja.
tetapi jika sedang tidak mempunyai stock ayam, paling cuma bikin sop makaroni biasa aja dengan tambahan lemak ayam yang biasa tersimpan di freezer, jadi tetap ada kaldu ayamnya..



Sop Makaroni


bahan :
2 buah wortel , iris-iris
segenggam kapri
segengam makaroni
1 buah brutu (pantat ayam) , cuci bersih & iris
air secukupnya

bumbu halus :
2 siung bawang merah
5 butir merica
garam secukupnya

cara membuat :
rebus makaroni sampai al dente , sisihkan
panaskan wajan , masukkan potongan brutu ayam sambil digongseng hingga menjadi minyak
tumis bumbu halus hingga harum, masukkan wortel , aduk rata, tuangi air dan masak hingga wortel empuk sambil tes rasa.
menjelang diangkat, masukkan kapri dan makaroni, angkat.
sajikan dengan taburan bawang merah goreng

Note :
makaroni bisa dipisah, tidak dicampur dengan kuah sehingga makaroni tidak melar , jadi makaroni dicampur dengan kuah pada saat akan disajikan






enjoy it ^^



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...