Fish

Jumat, 17 Oktober 2014

rujak (rujak parut atau rujak cacah)



rujak parut memang cucok dinikmati saat musim kemarau gini, apalagi jika sebelumnya disimpan di lemari dulu, duuuh.... nyeeeeessss...... deh saat menikmatinya...

kali ini aku bikin rujak serut lagi tanpa menggunakan pisang kluthuk karena menurut aku, rujak parut gini memang lebih seger dibuat tanpa pisang kluthuk dengan tambahan asam jawa
jika malas memarut, aku mencacah buah-buahannya , sehingga hasil jadinya pun berbeda, tidak panjang tipis seperti kalau diparut tetapi pendek dan agak tebal.




untuk buahnya juga disesuaikan dengan selera kita saja dan untuk rujak parut ini aku biasa menggunakan buah , yaitu bengkuang, krai , nanas, kedondong dan mangga yang masih mengkal tetapi tidak muda sekali sehingga ketika berpadu dengan sambal gula jawa dan asam, rasanya bener-bener kecut asem segeeerr, heheheee.....

jika teman-teman ingin membuatnya, silakan disesuaikan dengan selera teman-teman saja yaaa....



 
enjoy it  ^^



Kamis, 16 Oktober 2014

cracker goreng



cracker goreng atau ada beberapa orang yang menyebutnya dengan roti gabin karena memang sanck ini dibuat dari cracker yang diisi dengan ragout lalu digoreng.

menurut aku sih, membuatnya cukup mudah tidak seribet membuat risoles karena kita tidak perlu membuat kulitnya, cukup dengan cracker atau mungkin dengan roti tawar saja.




untuk adonan ragoutnya bisa menggunakan resep ragout andalan kita kemudian kita taruh di salah satu roti cracker kemudian ditutup dengan roti cracker yang lain dan celupkan ke dalam kocokan telur lalu digoreng hingga matang.

resep ragoutnya aku biasa menggunakan resep ragout untuk isian risoles atau pastel naum tidak diisi telur rebus, heheheee...




enjoy it ^^




Rabu, 15 Oktober 2014

ais kacang



ais kacang ini dibuat dalam rangka event di Masak Bareng Yuuk!!! dengan tema Tantangan Kuliner Malaysia.
awalnya bingung mau bikin apa tapi sehubungan dengan musim kemarau berkepanjangan di Semarang yang tentunya suhu udaranya panas sekali, akhirnya dibuatlah ais kacang ini.





berikut resep ais kacang yang aku ambil dari majalah Sedap.



Ais Kacang


bahan :
150 gr kacang tanah , sangrai . cincang kasar
300 gr kolang kaling , belah 2 , rebus , tiriskan
300 gr jagung manis , pipil
300 gr kacang merah kaleng , tiriskan
300 gr cincau , parut kasar
450 gr es serut
300 ml susu evaporated
180 ml sirup rose
100 gr kacang tanah , sangrai

bahan agar-agar :
600 ml air
100 gr gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk warna hijau

pelengkap :
200 gr es krim vanilla

cara membuat agar-agar :
campur gula pasir , agar-agar bubuk dan air lalu rebus di atas api sambil diaduk hingga mendidih.
tuang adonan di loyang ukuran 18x18x3 cm, bekukan lalu potong kotak kecil.

penyelesaian :
tata kacang merah, kolang kaling, jagung manis pipil, cincau dan agar-agar, tambahkan es serut ,  susu evaporated dan sirup rose dan tata 1 skup es krim , taburkan kacang tanah sangrai.







enjoy it ^^


 

Selasa, 14 Oktober 2014

lamington cake ~ PR LBT #34






PR Let's Baking Together (LBT) #34 kali ini adalah tentang Lamington Cake, yang merupakan cake dari Australia.
kebetulan sudah cukup lama aku pengen bikin lamington cake ini tapi tertunda terus, akhirnya pucuk dicinta ulam tiba... aku bisa membuat cake ini sekaligus untuk setoran PR, hehehee...




resep lamington cake ini aku ambil dari acara kuliner di sebuah TV swasta namun sekarang sudah berhenti, yaitu Ala Chef bareng chef cantik seksi Farah Quinn.
kebetulan saat acara tersebut tayang, aku tulis resepnya
bahan dan cara membuatnya mudah dan tidak ribet dan seperti inilah resepnya.



Lamington Cake
source : Farah Quinn via Ala Chef


bahan cake :
3 butir telur
100 gr gula pasir   * dwek pakai gula halus *
15 gr butter / margarine   * dwek pakai margarine *
1/2 sdt BP
35 gr tepung maizena
100 gr tepung terigu
garam
3 sdm air panas

bahan icing (tim hingga leleh) :
20 gr margarine
20 gr coklat bubuk
250 gr gula halus
50 cc - 75 cc susu cair

bahan pelengkap :
kelapa paurt kering

cara membuat :
campur semua bahan cake dan kocok hingga rata.
tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang dengan suhu 180 dercel atau disesuaikan dengan oven masing-masing

penyelesaian :
trim atas cake lalu potong-potong cake.
celupkan cake di bahan icing kemudian gulingkan di kelapa parut kering hingga cake habis.
sajikan







 enjoy it ^^



Jumat, 10 Oktober 2014

sambel tempe






meskipun sebenarnya aku bukan penyuka makanan pedas, tapi nggak ada salahnya kan kalau aku posting resep sambel tempe karena sambel tempe ini gampang sekali dibuatnya dan bisa menjadi alternatif saat tidak punya lauk atau malas memasak hingga yang siap disantap adalah nasi putih saja, hehehee....




berikut sambel tempe ala Dapur Dwek yaaa....



Sambal Tempe


bahan :
tempe
bawang merah
terasi
garam
cabai
tomat merah
bawang putih
garam
air secukupnya
minyak goreng , untuk menggoreng


cara membuat :
potong-potong tempe lalu rendam sebentar dalam air campuran bawang putih dan garam.
goreng tempe hingga agak matang tapi tidak terlalu kering, sisihkan
haluskan bawang merah, terasi, garam dan tomat.
tambahkan tempe goreng, uleg merata hingga tempe hancur (tingkat hancurnya tempe sesuai selera saja)






enjoy it ^^


apple crumble





sebelumnya aku pernah membuat apple crumble atau apple baked oat streussel yang tentunya dengan tambahan oat, namun kali ini saat membuat kembali aku tidak menggunakan oat, hanya menggunakan apple dengan gula dan juga kayumanis bubuk sehingga rasa dan baunya enak banget serta wangi kayumanis tentunya....

untuk resepnya, aku menggunakan resep dari apple pie yang pernah aku buat sebelumnya dan bahan crumble nya terdiri dari tepung terigu, gula halus dan mentega yang dicampur menjadi satu hingga menjadi butiran-butiran (bukan butiran debu yaaa, heheheee....) yang kemudian dipanggang hingga matang.

mudah bukan cara membuatnya ???





enjoy it ^^



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...