Fish

Selasa, 16 Desember 2014

banana cake


agak lama ya enggak posting banana cake...
yaa... sekarang jarang beli pisang, kalaupun toh beli pisang paling dibikin panganan yang lain, baru kalau udah mentok nggak ada yang dicobain lagi bikin banana cake deh, hehehee....









resep banana cake ini aku ambil dari majalah Sedap edisi khusus beberapa tahun lalu dan aku bikin di cup
sengaja aku tidak menggunakan baking powder karena pengen bikin banana cake yang tanpa baking powder tapi ternyata tidak bisa mengembang sempurna, hiiiiks.....



Banana Cake
 dengan modifikasi


bahan :
2 butir telur
120 gr gula palem
250 gr tepung terigu
2 sdm baking powder   * dwek skip *
300 gr pisang ambon , blender

cara membuat :
kocok telur dan gula palem sampai kental lalu tambahkan tepung terigu dan baking powder (jika pakai) sambil diayak dan diaduk rata
masukkan pisang ambon, aduk rata
tuang di loyang loaf yang sudah dioles tipis margarin dan dialas kertas roti.
oven 45 menit dengan api bawah 180 dercel sampai matang atau sesuaikan dengan oven masing-masing



 


enjoy it ^^



Senin, 15 Desember 2014

puding roti tape singkong : PR LBT #36






 sewaktu baca postingan PR LBT#36 ini sempet bingung juga karena waktu yang diberikan sangat sedikit dan hanya kena hari libur 1x saja, jadi bingung mau setoran PR atau tidak, ditambah lagi bingung mau setoran puding apa secara pudingnya harus puding panggang....

hasil ngobrol-ngobrol dengan mbak Fifie via BBM akhirnya ikut setoran juga, yang ternyata mbak Fifie nya enggak ikut karena lagi sibuk dan sambil menunggu hari libur untuk membuat pudding jadilah aku googling nyari resep puding panggang dan akhirnya dapet resep puding ini dari Sajian Sedap  dengan sedikit modifikasi karena aku tambahkan keju cheddar parut di adonannya.



.


karena kebetulan hanya punya waktu sehari yang kosong untuk membuat puding ini, akhirnya dipilihlah puding ini karena kebetulan masih punya stock tape di lemari es, jadi tidak bingung lagi cari-cari bahan

.
 
Puding Roti Tape Singkong



bahan :
5 lembar roti tawar , sobek-sobek kasar
200 gram tape singkong , potong-potong   * dwek dilumatkan kasar *
50 gram meises cokelat
2 butir telur
300 ml susu cair
50 gram gula pasir
75 gram keju cheddar parut  , untuk campuran dan untuk taburan

cara membuat :
rendam roti di dalam sebagian susu.
letakkan di pinggan tahan panas bulat kecil.
kocok lepas telur, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, tambahkan gula pasir, aduk sampai gula larut lalu tambahkan tape singkong , sebagian keju cheddar parut dan meises cokelat , aduk rata.
tuang di atas roti, letakan di loyang yang berisi sedikit air
oven dengan api bawah suhu 170 derajat Celcius 20 menit sampai setengah matang.
tabur keju, oven lagi  dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 20 menit sampai matang.
sajikan hangat atau dingin







enjoy it ^^



Jumat, 12 Desember 2014

pizza jamur sosis





pizza lagi... lagi-lagi pizza....
adem-adem gini memang enak makan yang empuk-empuk mengenyangkan ya... dan tidak salah lagi, pasti pizza....
yaaa.... setelah bisa bikin pizza sendiri meskipun nggak sempurna, sekarang aku jadi seneng bikin pizza, apalagi keponakanku juga suka dengan pizza, jadi kalau bikin pizza pasti cepat habis , alhamdulillah...

kali ini dough pizza nya aku menggunakan adonan roti empuk nya NCC supaya ada variasi lain untuk dough pizza nya, tinggal disesuaikan dengan selera kita aja, suka yang mana....
sedangkan toppingnya seperti biasa aku menggunakan sosis dan jamur merang karena kebetulan aku juga penyuka jamur (ssst.... kalau pakai topping daging cincang atau meatball mahal di ongkos karena harga dagingnya cukup merogoh kantong, jadi sesekali aja menggunakan topping daging, heheheee....)

untuk sausnya bisa lihat di postingan pizza juga karena aku selalu menggunakan resep saus yang itu, belum ada resep yang lain....




enjoy it ^^


 

mini oreo cheesecake



pengen banget bikin resep yang pakai creamcheese seperti cheesecake, gitu... tapi mahal di ongkos ya... soalnya kan creamcheese harganya tidak murah dan untuk ukuran 200 gr - 250 gr biasanya langsung kepakai semuanya dalam 1 resep...
kalau pas hasilnya sesuai dengan harapan sih nggak masalah, tapi kalau hasilnya nggak enak gimana ? nangis bombay kan yaaa, hiiiksss.....




sebelumnya aku udah pernah bikin banofee pie dan rasa enaknya masih kerasa sampai sekarang dan bikin ketagihan , pengen bikin lagi tapi yang versi lain dengan menggunakan creemcheese.
karena udah  lama pengen banget nyobain bikin cheesecake, akhirnya bikin yang versi mini aja supaya nggak rugi-rugi banget kalau nggak sesuai harapan dan akhirnya pilihan jatuh ke mimi oreo cheesecake ini karena memang ngincernya sudah cukup lama.

resepnya aku ambil dari blognya mbak Eliza  yang aslinya diambil dari Martha Stewart dan ternyata cara penyajiannya aku salah ya... karena oreoku tetap berada di bawah , hehehee.....




Mini Oreo Cheesecake




bahan :
250 gr cream cheese
15 keping oreo, 9 dengan krim, 6 tanpa krim, cincang kasar
½  sdt vanilla
1 telur ukuran besar
50 gr gula pasir
60 gr yoghurt plain

cara membuat :
panaskan oven 135 dercel (Martha Stewart)
mixer cream cheese dengan kecepatan sedang sampai lembut, masukkan gula, mixer sampai rata, masukkan vanilla, telur, dan mixer rata, lalu masukkan yoghurt, mixer rata.
matikan mixer, masukkan oreo cacah dan aduk dengan spatula.
masukkan oreo yang berkrim ke kertas cupcake , masukkan adonan cheesecake sampai hampir penuh, oven sekitar 22-25 menit




enjoy it ^^


Rabu, 10 Desember 2014

kerang asam pedas


aku termasuk penyuka kerang dara, mau dimasak apapun pasti aku suka, tapi sebenernya aku jarang banget masak kerang yang dengan kulitnya, biasanya beli yang sudah kupasan, tapi ada kalanya aku pengen masak kerang dengan kulitnya dan menikmati seperti kalau makan di seafood, gleekh....

kali ini yang aku masak adalah kerang asam pedas yang resepnya aku liat dari majalah Sedap karena sesekali pengen masak kerang yang agak beda.
di majalah Sedap kerang yang digunakan adalah kerang bambu, sedangkan aku menggunakan kerang dara.
jadi untuk teman-teman yang ingin membuat bisa menyesuaikan kerangnya.
berikut resepnya yaaa...





Kerang Asam Pedas
dengan penyesuaian


bahan :
 400 gr kerang dara
1/2 sdt garam
3 buah tomat hijau , potong-potong
2 lb daun salam
1 sdt garam
1/2  sdt gula pasir
2 cm lengkuas , memarkan
300 ml air
1 sdm air asam jawa dari 1 sdt asam jawa dilarutkan dalam 1 sdm air
2 sdm minyak , untuk menumis

bumbu tumbuk kasar :
5 buah ccabai rawit merah , bakar

3 buah cabai merah keriting , bakar
6 butir bawang merah , bakar
2 siung bawang putih , bakar
2 cm kunyit , bakar

cara membuat :
lumuri kerang dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit
panaskan minyak goreng, tumis bumbu tumbuk kasar, daun salam dan lengkuas sampai harum.
masukkan kerang, aduk rata, tambahkan timat hijau, aduk sampai layu.
masukkan garam dan gula pasir, aduk rata, tuangi air dan air asam, masak sampai matang.






enjoy it ^^


Selasa, 09 Desember 2014

blueberry & strawberry bread



setelah beberapa waktu lalu bikin braided peanut chocolate cheese, sekarang bikin lagi tapi dengan isian selai blueberry dan strawberry karena kali ini untuk diikutsertakan di event #7 nya YKMK dengan tema Aneka Kreasi Roti, tetapi di ketentuannya tidak boleh dengan bahan ataupun isian coklat dan keju, hadeeeeeh.....
gimana nggak pusing yaaa... karena memang aku sukanya roti coklat dan keju, tapi kali ini nggak boleh dengan 2 unsur itu, bingung juga sih awalnya....






resepnya aku masih ambil dari Hesti's Kitchen namun aku bikin biasa aja karena pengen diisi pisang pas nggak ada stock pisang dan kebetulan yang ada stock di Dapur Dwek adalah selai strawberry dan blueberry dan jadilah diisi dengan selai dan sedikit tambahan crumble.

berikut resepnya



Blueberry & Strawberry Bread

bahan :
200 gr terigu protein tinggi (cakra, kereta kencana, gunung)
400 gr terigu protein sedang (kompas, bromo, segitiga biru)
120 gr gula pasir
1 sachet ragi instan
3 kuning telur
1 sdt garam halus
75 gr mentega
300-325 ml susu cair (kurang lebih)

bahan crumble (campur hingga berbutir-butir) :
25 gr margarine
75 gr tepung terigu
25 gr gula halus

cara membuat :
panaskan susu asal hangat sekitar 30C (jangan terlalu panas karena raginya akan
mati), angkat, masukkan ragi, asuk rata dan diamkan 15 menit.
campur semua bahan kering, aduk rata, masukkan mentega, kuning telur dan susu cair, mixer
atau uleni sampai kalis, tutup dengan clingwrap dan diamkan hingga  mengembang 2x lipat sekitar 45 menit.
kempeskan adonan.
bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan isi masing-masing dengan selai lalu bulatkan kembali
taburi dengan crumble dan coret-coret atasnya dengan selai, lalu oven hingga matang.











enjoy it ^^




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...