Selasa, 24 September 2013

klepon singkong strawberry








klepon singkong strawberry ini aku buat karena untuk memenuhi tantangan bulanan IDFB yang kebetulan tahun ini berulang tahun yang ke-2 dan kali ini bekerjasama dengan Heavenly Blush dan Omar Niode Foundation dan juga dalam rangka berpartisipasi dan menyambut Singkong Day pada tanggal 7 Oktober mendatang (yang  diperkenalkan oleh 5 Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia pada tahun 2012), dimana Singkong Day ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kembali pangan lokal di Indonesia sebagai kekayaan bangsa yang selama ini terabaikan, sehingga tema yang diangkat untuk challenge #12 kali ini adalah olahan dari Singkong dan Yogurt..







awal mula aku pilih klepon singkong strawberry ini karena yogurt Heavenly Blush yang ketemui di salah satu swalayan di Semarang tidak ada yang plain, yang ada cuma strawberry, jadi aku bikin aja sekalian klepon strawberry sesuai dengan yogurtnya :D

resep klepon singkong strawberry ini aku dapat dari majalah Sedap yang aslinya adalah resep klepon ubi tetapi karena udah nggak ada ide lagi maka ubinya aku ganti dengan singkong sedangkan santannya aku ganti dengan yogurt dan ternyata hasilnya tidaklah mengecewakan menurut aku  :D
dan  klepon singkong ini terasa berat dan mantap ketika dinikmati, berbeda dengan klepon dari bahan lain.






di resep asli dari majalah Sedap menggunakan air kapur sirih, tetapi berhubung aku tidak punya air kapur sirih jadi aku skip aja.
dan berikut resep klepon singkong strawberry dari majalah Sedap yang sudah aku modifikasi.


Klepon Singkong Strawberry


bahan :
150 - 175 gr ketela pohon (singkong) , kupas cuci bersih
125 gr tepung ketan putih
1/4 sdt garam
75 ml yogurt
 pasta strawberry secukupnya.

bahan isi :
75 gr gula merah, sisir

bahan taburan :
kelapa muda , parut
garam
daun pandan






cara membuat :
rebus singkong hingga empuk , hangat-hangat haluskan.
campur kelapa parut dan garam serta daun pandan lalu kukus.
campur singkong rebus yang sudah dihaluskan, tepung ketan putih, garam dan yogurt, aduk hingga tercampur rata, tambahkan pasta strawberry, campur kembali hingga rata dan dapat dipulung.
ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isi gula merah kemudian bulatkan dan lakukan hingga adonan habis sambil dimasukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih, angkat ketika bola-bola klepon sudah mengapung.
gulingkan pada bahan taburan.





Note :
adonan klepon singkong ini cenderung lebih cepat mengering, jadi sesegera mungkin untuk membentuk bulatan-bulatan supaya tidak pecah.
sepertinya pasta strawberry bisa diganti dengan selai strawberry, tetapi kemarin pas adonan udah jadi, baru inget kalau sebenernya lebih 'nendang' pake selai strawberry :D


dan berikut adalah penampakan dari yogurt yang aku gunakan.






happy baking moms ^_^



4 komentar:

A. Ann mengatakan...

Warnanya cakep ya Mba...

Makasi utk partisipasinya ya Mba...cakeupp!

Regards,
Indonesian Foodblogger group

dapur dwek mengatakan...

makasih mbak Anne...
nggak yakin kalau warnanya bagus mbak

tika hapsari nilmada mengatakan...

Kayaknya emang yogurt Heavenly Blush yang kemasan tetrapak ini cuma ada rasa strawberry aja deh.
Kirain ini isinya yogurt :D Makasih ya Dwi udah ikutan....

dapur dwek mengatakan...

nggak kepikiran mbak kalau isinya mau diganti yogurt karena bingung mau bikin apa... kepikirannya pas di'cowel' mbak tika ini ...
sayang ya mbak, nggak bisa memanfaatkan yogurt semaksimal mungkin untuk event ini :(

Posting Komentar