Senin, 28 Oktober 2013

ongol-ongol (lapis singkong)



ongol-ongol atau yang ternyata sebutan lainnya adalah lapis singkong atau di daerahku biasa disebut dengan sentiling ini sebenernya aku tidak begitu suka, nggak tau kenapa karena sejak kecil aku nggak pernah tertarik dengan jajanan yang satu ini.
tapi ketika di penjual jajanan dekat rumah ada yang jual sentiling dengan warna yang menarik, maka aku pun mulai 'melirik' kembali meskipun bukan menjadi jajanan favorit dibandingkan gatot ataupun gethuk :D
tapi meskipun bukan merupakan jajanan favoritku, nggak ada salahnya kan kalau aku belajar memnbuatnya.... :)




resep asli dari ongol-ongol ini aku dapat dari blognya mbak Nina dan aku bikin persis dengan yang ada di  resep, cuma aku bikin setengah resep saja.

berikut aku tuliskan lagi resepnya atau silakan berkunjung ke Catatan Nina. aja karena fotonya bagus-bagus....



Ongol-ongol (Lapis Singkong)



Bahan :
1 kg singkong (aku pakai berat setelah dikupas)
300 ml santan
1,5 bungkus agar-agar bubuk putih
200-250 gr gula pasir
½  sdt garam
¼  sdt vanili bubuk
1 tetes pasta pandan
1 tetes pasta strawberry
(bisa juga pakai pewarna hijau dan merah)

Taburan :
¼ butir kelapa, parut
¼  sdt garam
¼  sdt vanilli bubuk
(campurkan dan kukus selama kurleb 10 menit)

Cara Membuat :
Parut singkong yang telah dikupas, kemudian peras airnya (jangan terlalu kering)., sisihkan.
anaskan kukusan dan siapkan loyang , oles dengan minyak goreng dan alasi dengan plastic, sisihkan.
ampurkan agar-agar bubuk, garam dan vanilli dengan gula pasir, aduk rata dan tuang ke dalam singkong parut, aduk rata kembali.
uang santan sedikit demi sedikit, aduk rata.
Bagi menjadi 3 bagian sama banyak, 1 bagian beri pewarna merah, 1 bagian beri pewarna hijau dan 1 bagian biarkan putih.
Tuang adonan merah ke dalam loyang, ratakan dan kukus selama 15 menit, tuang adonan putih, ratakan dan kukus lagi 15 menit, kemudian tuang adonan hijau, ratakan dan kukus 30 menit hingga matang.
Angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin.
Setelah dingin, keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera dan taburi dengan kelapa parut kukus.




karena aku terlalu banyak memberi pasta, maka warna jadi kelihatan gonjreng banget ( , padahal pengennya bikin yang warnanya lembut....
nggak apa-apa, next time bikin lagi dengan warna yang lebih lembut yaaa.... :D

happy baking ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar