Selasa, 20 November 2012

roti sobek coklat versi unyil






roti sobek coklat versi unyil ini aku buat dalam rangka berpartisipasi di ajang NCC Bread Week , yang bertemakan tentang Bread.

setiap kali aku membuat donat dan bread, pasti ada kesulitan pada saat menguleni, maklum... saat menguleni aku menggunakan LG alias Lengan Gede (istilah di milis), hahahaaaa.... jadi mungkin pada saat adonan belum benar-benar elastis sudah aku diamkan, sehingga tidak bisa mengembang dengan sempurna...
maklumlah.... nggak sabar pengen cepat selesai :D






resep asli diambil dari majalah Sedap edisi 10/XIII/12 dengan judul asli  Roti Sobek Selai Strawberry, tapi yang aku buat ini tidak dengan selai strawberry tetapi coklat, selain itu pula aku buat versi kecil alias unyil :D
 
berikut resep aslinya yang disesuaikan dengan dapur dwek yaaa....







ROTI SOBEK COKLAT versi UNYIL
source : majalah Sedap , modifikasi by dwek


bahan :
450 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr tepung terigu protein sedang
1 bungkus ragi instan
100 gr gula pasir
20 gr susu bubuk
1 butir kuning telur
1 butir telur
250 ml air es
50 gr margarine
1 sdt garam
2 sdm susu evaporated , untuk olesan  * dwek skip *


isi :
selai strawberry   * dwek ganti dengan coklat couvouture *

cara membuat :
campur tepung terigu, ragi instan, gula dan susu bubuk, aduk.
tambahkan telur dan air es sedkit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis, masukkan margarin dan garam, uleni hingga elastis dan diamkan 30 menit.
kempiskan adonan, timbang masing-masing 70 gr, bulatkan, diamkan 10 menit.
pipihkan, isi dengan selai, bentuk oval, letakkan di loyang, diamkan.
oleskan susu evaporated, hingga matang.


versi dwek :
setelah adonan dikempiskan, adonan langsung aku bulatkan dan isi dengan coklat keping, letakkan di cup.
aku diamkan 10 menit kemudian langsung aku oven tanpa aku oles dengan susu evaporated dulu....
 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar