Selasa, 18 Desember 2012

wedang tape


musim hujan begini enaknya bikin yang anget-anget aja yaa....  :)

sekedar mengingat masa kecil dulu...
waktu masih usia Sekolah Dasar, aku diasuh oleh seorang 'mbah,' demikian keluarga kami biasa memanggilnya karena memang kebetulah beliau sudah tua (dulu beliau yang mengasuh alm. ayahku, kebayang kan usianya berapa :D ) yang berasal dari tetangga desa alm. ayahnku di daerah Boyolali.
berhubung berasal dari desa, maka tak sedikit makanan desa yang aku kenal, diantaranya wedang tape ini.





wedang tape ini biasa aku nikmati saat musim hujan, sebagai penghangat tubuh.
biasanya Mbah membuat sendiri tapenya karena harga ketela di daerahku cukup murah dan tentunya orang desa pasti bisa membuat tape sendiri kan ?? :D

cara membuat wedang tape ini gampang banget, cuma tape, gula pasir dan air hangat.
kalau versi dwek sih, tape dan gula pasirnya ditaruh di gelas, kemudian dihancurkan (aku pakai garpu aja), setelah hancur baru dituangi air hangat dan jadi deh....





tapi sekarang kalau mau bikin wedang tape ini atau apapun yang memakai bahan dari tape singkong agak susah karena aku sudah tidak punya langganan penjual tape yang enak lagi.
menurut kabar dari tetangga di tempatnya berjualan sih... beliau habis operasi apa lupa, makanya udah  cukup lama aku tidak menjumpai beliau berjualan tape di pasar, apalagi beliau berasal dari Boyolali, waduuuhh... :(
sebenernya sih ada juga penjual tape yang lain, tapi rasanya cenderung kecut dan asam, tidak seperti penjual langgananku ini... kalau mau agak repot ya harus beli ke supermarket , woooww....  :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar