Rabu, 13 April 2016

ogura marble cake





sudah cukup lama nggak ikutan challenge di YKMK dan kali ini disempetin ikutan dengan tema Chiffon atau Ogura Marble Cake dan yang aku pilih adalah ogura cake
ini kali kedua aku membuat cake dengan metode abu ban marie  dan sengaja aku pilih ogura cake karena selain lembut cake nya, aku belum punya loyang chiffon, hahahaaa....

 resep ogura cake ini aku ambil dari blognya  bunda Nina dan berikut resepnya



OGURA MARBLE CAKE



bahan A :
5 kuning telur
1 telur utuh
40 gr minyak sayur
1 sachet (60 ml) santan instan kental ditambahkan air hingga 80 ml
65 gr tepung terigu protein sedang
15 gr maizena
30 gr gula pasir (blender dulu)

bahan B :
5 putih telur
1 sdt air jeruk nipis
75 gr gula pasir (blender)

bahan C :
1 sdm coklat bubuk dilarutkan dengan sedikit air panas, aduk hingga larut, sisihkann.

cara membuat :
panaskan oven 160'C, siapkan loyang, oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles kembali , apabila menggunakan loyang tulban , olesi dengan margarin dan taburi sedikit terigu, sisihkan.

bahan A :
campur telur, aduk menggunakan hand whisk hingga rata, tambahkan minyak sayur, santan dan gula, masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah diayak, aduk hingga rata dan tidak bergerindil, sisihkan.

bahan B :
kocok putih telur dan air jeruk nipis hingga berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit dan kocok hingga soft peak, matikan mixer.
masukkan 1/3  bagian adonan putih telur ke adonan kuning telur, aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata kemudian masukkan kembali ke adonan putih telur, aduk hingga rata.
ambil sedikit adonan, campurkan dengan pasta coklat. aduk hingga rata.
tuang adonan ke dalam loyang, beri adonan coklat di atasnya dan buat motif marble menggunakan sumpit atau garpu, panggang selama kurang lebih 1-1,5 jam dengan teknik au bain marie.
keluarkan dari oven, biarkan hangat dan keluarkan cake dari loyangnya, dinginkan di atas cooling rack








enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar