Kamis, 14 Juni 2012

lentho ... jatuh cinta pada gigitan pertama :)










dari kecil dulu aku kenal lentho (atau mentho ya namanya ?) terbuat dari singkong yang diparut halus dan diberi kacang tholo, tapi beberapa tahun lalu, aku baru ngerti lentho yang pakai kacang tanak dan mungkin juga dibuat dari singkong di Boyolali, tepatnya di warung soto 'Mbok Giyem,' itupun juga oleh-oleh dari ibu dan kakakku yang sedang bepergian ke Klaten dan mampir sarapan di warung soto tersebut.

saat hendak mencobanya, ibuku sempat berkata ' hati-hati lho... itu atos (keras) sekali,' tapi begitu aku menggigitnya, koq aku jadi suka banget dan pengen terus yaa...
nggak tau kenapa, waktu menggigit lentho kacang tanah itu, koq kayaknya ada sensasi gimana nyaaa... gitu, berbeda dengan lentho dari kacang tholo, yang lama-kelamaan kalau dibiarkan aja jadi lembek :)

setiap kali ke solo (kalau dengan ibunda, selalu naik bus bumel karena kebetulan kami berdua tidak tahan AC), sebisa mungkin aku menyempatkan diri mencuri waktu saat bus tersebut berhenti di terminal Boyolali untuk menaik dan turunkan penumpang, kebetulan juga kami cukup kenal dengan kondekturnya karena kami cukup sering naik bus mereka, sehingga dia sudah hafal dengan kami :)







mungkin teman-teman ada yang tau ya... lentho jenis ini apakah bahan bakunya persis dengan lentho dari kacang tholo yang agak lembek jika dingin itu ??
kasih tau aku dong......... 


2 komentar:

Rina Audie mengatakan...

aku juga belum tau resep lentho pake kacang tanah. Rasanya mirip dengan peyek, tapi memang agak keras karena tebal. Penasaran nih karena belum dapat resepnya. Mendadak kangen sama lentho kacang tanah...

Unknown mengatakan...

di solo yg sering dijumpai cuman lentho kacang Tanah

Posting Komentar