Rabu, 13 Maret 2013

Klepon Ubi Ungu



sebenernya sih aku kurang suka dengan klepon yang biasa beli di penjual-penjual gitu karena rasanya kebanyakan / ketebelan kulit dan isinya kurang banyak , jadi berasanya makan kulit tepung aja :D
makanya pengen banget bikin klepon sendiri dengan isi yang cukup banyak supaya kerasa manisnya :D

tapi aku nggak bikin klepon dari tepung ketan seperti yang biasa dijual itu karena memang pengen bikin klepon yang sedikit 'beda,' makanya aku bikin klepon dari ubi aja karena kebetulan di pasar lagi banyak djual ubi ungu, alhamdulillah.....







untuk resepnya , aku lihat di salah satu blog favorit aku, yaitu blognya mbak Hesti Haya Hakim  dan ternyata klepon ini enak, empuk tapi sayang kurang kokoh, apa karena aku nimbang ubinya sewaktu masih mentah yaaa.....
tapi apapun ceritanya, yang pasti kelpon ini enaaaak..... :D


yuk, kita cekidot resepnya aja ya...



Klepon Ubi Ungu
source :   Hesti's Kitchen


bahan :
50 gr tepung ketan putih
50 gr ubi kukus , haluskan
sejumput garam halus
air secukupnya sampai bisa dipulung
gula merah , (potong kecil untuk isian
1/2  biji kelapa, parut , kukus bersama sedikit garam dan daun pandan    * dwek pakai kelapa muda *






Cara membuat :
Campur tepung ketan dan garam lalu aduk rata, tambahkan ubi ungu, uleni hingga tercampur.
Tambahkan air sedikit sedikit sampai adonan dapat dipulung.
Didihkan air dalam panci.
ambil sedikit adonan, beri isi gula merah dan bulatkan, langsung masukkan ke air mendidih, kalau mengapung segera diangkat, disaring dan dicelupkan ke parutan kelapa.


dan klepon ubi ungu ini untuk setoran PR bulanan di group Dapur Aisyah (',) di Facebook dengan tema Modifikasi Jajanan Kue Basah Tradisional



Tidak ada komentar:

Posting Komentar