Jumat, 11 Juli 2014

dendeng batokok




sebenernya sudah lama ingin bikin dendeng batokok ini tapi terkendala aku tidak begitu sudah daging, jadi mau bikin koq bingung nanti siapa yang mau ngabisin selain Ibunda...
akhirnya karena memang pengen bikin, ya sudah aku bikin porsi kecil aja supaya bisa habis berdua aku dan Ibunda, heheheee....

resep dendeng batokok ini aku ambil dari majalah Sedap edisi khusus Idul Fitri lupa tahun berapa, hehehee...





berikut aku tuliskan resepnya yaaa...



Dendeng Batokok


bahan :
500 gr daging sapi
2000 ml air
2 sdm garam

3 siung bawang putih , haluskan
 1 sdt ketumbar , haluskan

10 buah cabai hijau , tumbuk kasar
8 butir bawang merah , tumbuk kasar
8 lembar daun jeruk , buang tulang
5 buah tomat hijau . potong-potong

1 1/4 sdt garam
3/4 sdt gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
1000 ml minyak goreng

cara membuat :
rebus daging, garam, ketumbar dan bawang putih sampai daging empuk, angkat danbiarkan agak dingin.
iris daging tipis-tipis, lalu pukul-pukul perlahan sampai sedikit memar dan melebar.
goreng daging hingga renyah.
panaskan minyak bekas untuk menggoreng daging.
tumis cabai hijau, bawang merah dan daun jeruk hingga wangi kemudian masukkan tomat hijau  ,  aduk-aduk sampai setengah layu.
masukkan garam dan gula pasir, aduk rata.
masukkan daging, aduk rata kembali lalu tambahkan air jeruk nipis, aduk rata dan masak sampai matang, kemudian angkat dan siap disajikan.





enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar