Kamis, 12 Februari 2015

siomay daging






aku penggemar berat siomay, apalagi siomay abang-abang, paling suka apalagi kalau sambal kacangnya enak, dijamin jadi langganan seperti abang penjual siomay yang biasa jualan di sekolahan SD sebelah rumahku namanya pak Min, jadi tiap hari Sabtu aku libur kerja pasti aku beli soalnya sudah langganan jadi kalau engga beli pasti diprotes, hahahaaa.....
siomay yang dijual di langgananku ini selain siomay nya enak, sambal kacangnya juga enak dan sedikit cair serta halus kacangnya, pak Min selalu kasih sambal banyak sampai melimpah menutupi sepiring siomay , sedangkan kalau aku datang di acara perkawinan seringnya sambal kacangnya kental , sering tidak halus kacangnya dan rasanya nggak enak pula.

kali ini aku bikin siomay, nyontek dari blog nya bu Citra tetapi daging ayam dan udangnya aku ganti dengan daging sapi karena siomay yang dijual abang di sekolahan itu adalah siomay daging sapi, jadi pengen ikutan dia aja karena biasanya kalau beli aku selalu milih siomay yang ada cincangan dagingnya, heheheee....

berikut aku tuliskan resep siomay yang sudah aku sesuaikan dengan selera dan stock bahan di Dapur Dwek, bagi yang ingin resep siomay asli ayam bisa langsung ke Senandung Citra aja yaaa...





Siomay Daging


bahan :
tahu (bisa pakai tahu putih atau tahu goreng) , keruk isinya.
kulit siomay
250 gram daging sapi , cincang
2 sdm minyak goreng
150 gram tepung sagu tani
2 butir telur ayam
1 sdm bawang putih cincang.

bumbu :
2 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
2 sdt lada
2 sdt garam

cara membuat:
aduk bahan dan bumbu menjadi satu
isikan adonan ke kulit siomay atau cetakan dan tahu lalu kukus sampai matang


bahan sambal kacang :
300 gr kacang tanah , goring , haluskan
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah
100 gr gula jawa
1 sdt garam ( atau sesuai selera)
terasi  secukupnya
1 lb daun jeruk
500 ml air matang

cara membuat :
haluskan garam, daun jeruk, terasi, bawang putih dan cabe
tumis bumbu  yang telah dihaluskan hingga harum, angkat.
masak air dan gula jawa hingga gula larut, angkat dan saring .
campur tumisan bumbu, kacang tanah tumbuk dan air gula hingga rata dan lakukan tes rasa dan bumbu  kacang siap digunakan.

bahan pelengkap :
kool , rebus
kentang , rebus
telur rebus  
jeruk limau 
kecap 
saus sambal botolan

penyajian :
tata siomay, tahu, kool, kentang rebus dan telur rebus di atas piring, siram dengan sambal kacang
sajikan dengan kecap , sambal botolan dan air  perasan jeruk limau





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar