Selasa, 07 Maret 2017

mandafa' ~ Makassar






baru kali ini aku mendengar ada yang namanya mandafa'
ternyata mandafa' ini base nya dari barongko, cuma ada saus atau toppingnya aja, hehehee....

dan resep mandafa' ini masih aku ambil dari instagramnya mommy Anita Joyo
untuk teman-teman, jika ingin membuat mandafa' ini bisa menggunakan resep barongko favorit teman-teman yaaa...
resep aku di bawah ini masih menggunakan resep barongkonya mommy Anita Joyo yang aku tulis kemarin dan di bawah ini aku tuliskan lagi resepnya...



Mandafa'


bahan :
bahan :
10 buah pisang kepok matang, kupas , potong-potong.
2 butir telur ayam
100 gr gula pasir
500 ml santan
3 daun pandan , potong-potong
daun pisang  , untuk membungkus
lidi , untuk menyemat

cara membuat :
masukkan pisang, santan dan gula ke dalam blender , proses hingga halus.
tambahkan telur, proses kembali hingga tercampur rata.


bahan lapisan atas :
50 gr tepung beras , larutkan dengan sedikit air
500 ml santan
2 sdm gula
1,5 sdt garam
1 sachet susu kental manis putih

cara membuat :
lapisi loyang dengan plastik, tuang adonan barongko sampai matang
sesaat sebelum adonan lapisan pertama (barongko) matang, buat lapisan atas.
didihkan santan, lalu masukkan larutan tepung beras, aduk rata.
masukkan garam, gula dan susu kental manis, aduk terus sampai mengental dan mendidih (bubbling).
angkat loyang dari kukusan, siram dengan saus santan, dinginkan dan simpan di kulkas.


jangan pernah tanya kenapa mandafa' ku jadinya begini ya....
karena ini belum aku simpan di kulkas sudah keburu aku foto karena hari sudah sore ^^





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar