Senin, 04 Juli 2011

bolu gulung



hhhmmm.... inilah event alias week-week'an di milis NCC yang sungguh sangat membutuhkan perjuangan...
mengapa demikian ?? karena untuk membuat 1 bolgul yang 'oke' punya butuh waktu yang lama dan harus jatuh bergulung-gulung dulu sebelum akhirnya berhasil meskipun tidak maksimal..... mulai dari resep panggang hingga kukus, mulai dari 2 telor hingga 4 telor.....
semuanya udah aku coba dan selalu gagal total dengan kesalahan yang sama..... selalu patah saat dicoba untuk digulung dan kering karena api yang terlalu besar..... hoaaaaaaa.........




kebetulan resep yang aku pakai ini berasal dari  sini , namun udah aku modifikasi dan sering dipakai oleh teman-teman di milis dan alhamdulillah berhasil meskipun belum sempurna 100% karena hasil akhirnya bolu gulung
tersebut menciut karena kebanyakan emulsifier... hoaaaaaaaa..........

berikut aku share resepnya yaa.....


 
: griya kuliner.com , modifikasi by dwek


Bahan :
40 g gula pasir
1/4 sdt garam ---) aku skip
1/2 sdt cake emulsifier
2 butir telur
50 g tepung terigu
50 ml santan kental  ---) aku pakai susu cair
pasta pandan secukupnya ---) aku ganti pasta mocha
Essens lemon secukupnya

Bahan olesan :
50 gr selai blueberry
100 gr Keju chedar, parut


Cara membuat :
Kocok gula pasir, garam, cake emulsifier, essens lemon dan telur hingga mengembang , tambahkan tepung terigu sedikit demi seidikit sambil diaduk hingga rata , tuang susu cairl sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
Ambil 3 sdm adonan, tambahkan pasta mocha, aduk rata.
Tuang adonan putih dalam loyang ukuran 22x22x4 cm yang telah dialas kertas roti , ratakan.
tuang adonan mocha , buat motif marmer.
Kukus adonan hingga matang kurang lebih selama 10 menit , angkat, keluarkan dari loyang dan biarkan uap panasnya hilang.
oles selai di atas bolu, beri parutan keju di salah satu sisinya,  gulung dan padatkan.
potong-potong dan siap dinikmati.


 daaan......... inilah badge bolgul week yang aku dapatkan.........
taaraaaaaaaaaa............
matur suwun nggih ibu-ibu host yang cantik........





Tidak ada komentar:

Posting Komentar