Rabu, 07 September 2011

setup makaroni



menu buatan Ibunda yang satu ini wajib ada di hari Raya Idul Fitri karena hampir semua sodara yang datang bersilaturrahim ke rumah juga para tetangga selalu menantikan masakan wajib ini.

awalnya beberapa tahun yang lalu, ibuku iseng aja bikin setup makaroni ini di hari lebaran karena memang kebiasaan di keluargaku, tidak pernah memasak ketupat beserta pelengkapnya di hari lebaran, jika ada waktu dan tenaga, biasanya kami memasak ketupat di hari lebaran syawal.

sodara yang datang ke rumah ternyata suka dengan setup makaroni ini, bahkan ada sodara yang ngebela-belain dari rumah tidak sarapan dulu karena udah malas makan ketupat, jadi pengennya segera ke rumahku untuk menikmati setup makaroni ini, hehheee.....

kebiasaan tersebut ternyata merembet juga kepada beberapa tetangga dan juga sodara-sodaraku yang lain, jadi... sejak saat itu setiap lebaran kami selalu mempunyai menu wajib, yaitu setup makaroni dan cocktail hingga sekarang.





setup makaroni ini sebenernya bikinnya gampang, tapi di tangan ibuku, setup makaroni ini mempunyai rasa dan aroma yang khas, apalagi jika dinikmati saat hari raya.
jika orang-orang merasa belum lengkap dan puas jika lebaran tidak ada hidangan ketupat komplit, bagi aku dan keluargaku justru lebaran tidak akan nikmat kalo tidak menikmati setup makaroni dan cokctail buatan ibunda karena rasanya ngangeniii.....  :)

seharusnya setup makaroni ini dibuat dengan menggunakan susu, tapi berhubung di keluargaku tidak ada yang doyan susu, maka setup makaroni ini dibuat dengan menggunakan santan, tapi pasti rasanya berbeda ya dengan yang pake susu......

terkadang saat membuat setup makaroni ini kami memakai 2 jenis ayam, yaitu ayam kampung dan ayam luar dan menurut aku sih lebih enak yang pake ayam luar alias leghorn....

oya, cara membuatnya sama aja seperti membuat sup, tapi  kalo setup makaroni ini isinya cuma makaroni dan ayam aja dan disajikan dengan taburan keju parut.

aaahhhh, nikmatnyaaaa...........
sllluuuuurrrrrrrpppppppppp...............






Tidak ada komentar:

Posting Komentar