Selasa, 24 April 2012

sambel teri



pada dasarnya aku kurang begitu suka dengan sambal karena selain ga suka pedas, juga selalu bermasalah dengan perut jika aku makan terlalu pedas, meskipun cuma sedikit banget rasa pedasnya.
jadi setiap kali aku beli pecel atau rujak, aku selalu minta cabenya 1 biji aja yang merah, bukan yang cabe rawit ataupun cabe setan, sedangkan jika beli bakso, mie ayam, soto dan sejenisnya yang berkuah-kuah gitu... aku selalu menikmatinya tanpa sambal sedikitpun, heheheee....

meskipun dari kecil ga doyan pedas, bukan berarti aku lantas tidak suka sambal sama sekali. sesekali aku juga bikin sambal kesukaanku, yaitu sambal petai ataupun sambal teri. jika aku membuat sambal-sambal tersebut, pasti aku memakai gula yang agak banyak, supaya tidak terasa pedasnya :) tapi meskipun gula yang kupakai agak banyak, setelah makan sambal tersebut, pastilah perutku bermasalah, bahkan kalau terlalu pedasnya, ususku berasa bolong-bolong deh... kalau sudahj begitu, aku lantas pengennya makan yang lunak / halus-halus seperti bubur aja, apa mungkin karena aku pernah kena gejala thypus ya ???









btw, yang pengen tau resep sambel teri buatanku, ini yaaa.....





Sambal (sambel) Teri
 ala dwek


 bahan :
teri secukupnya *jenis teri sesuai selera aja*
cabe merah
cabe rawit / cabe setan  
garam
terasi  *jika suka*
gula jawa *sesuai selera*
tomat
bawang merah
bawang putih
minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

cara membuat ;

goreng teri hingga agak kering (kalau aku), sisihkan.
untuk bahan sambalnya, kalau versi aku sih... semua cabe dan bawang merah, bawang putih serta tomat aku goreng dulu sebentar , kemudian uleg bersama dengan garam dan terasi , lalu tambahkan gula jawa, uleg lagi hingga halus (kalau versi ibundaku... tidak perlu digoreng dulu karena nantinya akan digoreng juga).
setelah halus, panaskan minyak kembali, goreng sambal hingga setengah matang / harum, kemudian masukkan teri yang sudah digoreng dan aduk dengan hati-hati hingga teri tercampur dengan bahan sambalnya, lalu masak hingga matang.
setelah matang, angkat sambal dan sambal teripun siap dinikmati dengan nasi hangat.



* untuk membuat sambal teri ini, ukuran garam disesuaikan dengan teri -nya yaaa... karena kalau terinya pakai teri yang asin, ukuran garamnya dikurangi aja, supaya sambalnya tidak terasa asin.*


oya, sambal teri ini aku ikut sertakan lagi di ajang IDFB Challenge chapter #4 dengan tema 'SAMBAL'






Tidak ada komentar:

Posting Komentar