Selasa, 03 Juli 2012

tahu gejrot








dewasa ini penjual tahu gejrot di semarang cukup banyak di sekolah-sekolah setingkat SMP-SMA, tapi aku sama sekali belum pernah tahu seperti apa sih tahu gejrot itu, heheheee.... *ndeso yaa...*

berawal dari rasa penasan, maka aku lantas membuat tahu gejrot ini, sekadar ingin tahu seperti apa dan bagaimana sih rasanya si tahu gejrot yang jadi jajanan anak-anak sekolah jam sekarang itu :)

resepnya sih aku udah simpen lama banget tapi aku prakteknya baru sekarang :)  karena dulu belum begitu ngerti banyak penjual tahu gejrot di Semarang, jadi aku file aja tuh si resep menunggu untuk dieksekusi :) 
oya, resepnya sendiri aku dapatkan dari milis NCC karena dulu pernah beredar resep tahu gejrot ini, tapi maaf aku lupa ini resep dari siapa karena selain aku modifikasi sesuai dengan aku, aku sendiri waktu itu juga tidak mencatat versi siapa si tahu gejrot ini, jadi maaf yaaa...
tapi yang pasti, semoga si pembuat resep yang aku pakai ini mendapat barokah dari Alloh SWT untuk resepnya ini, amiin.....


berikut tahu gejrot yang aku bikin yaaa....




 TAHU GEJROT

 
Bahan :
Tahu pong (yang kosong dalamnya) , goreng tahu sampai matang  * aku pake tahu kuning biasa*
versi dwek : potong-potong tahu lalu rendam di air dengan bumbu bawang putih dan garam kemudian goreng 
bawang  , iris-iris, goreng  * aku ga pake *

 
bumbu (haluskan) :
4 bh bawang merah
3 siung bawang putih
7 bh cabai rawit * aku pakai 3 biji karena ga doyan pedes :) *
1 sdt garam

bahan kuah :
2 sdm air asam
100 gr gula merah
250 ml air
4 sdm kecap manis
 
cara membuat : 
rebus gula merah dan air sampai gula larut, angkat, saring , Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam larutan gula merah bersama air asam dan kecap manis, masak sampai matang dan mendidih.

Penyelesaian :
 tata tahu dalam piring saji, siram kuahnya, taburi bawang goreng (jika pakai bawang goreng)







akhirnyaaaaa..... aku bisa juga ngerasain tahu gejrot yang udah bikin aku penasaran selama ini   * ndeso yo wes ben  :)*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar