Selasa, 16 Oktober 2012

soto Lamongan ala Semarangan :)






mengapa saya beri judul 'Soto Lamongan ala Semarangan ?'
Yaaa... karena sebenarnya saya sama sekali belum pernah makan soto lamongan, tetapi hanya mencicipi sesendok aja waktu saya ke Surabaya bulan April lalu.
sewaktu saya mencicipi soto lamongan tersebut, rasanya enak sekali tetapi saya cukup susah menjumpai penjual soto lamongan di Semarang, kebanyakan yang jual soto di Semarang ya soto Semarangan yang terkenal cair dan bening itu :), sedangkan di rumah, Ibunda biasa memasak soto Madura, naaa lhoooo...... :D

karena pengen banget ngerasain soto lamongan, maka ketika ada event yang bertema 'Soto Nusantara' di Pawon Ibu, sebuah grup di Facebook dimana aku bergabung menjadi anggotanya, maka aku membuat soto lamongan saja, meskipun aslinya soto lamongan seperti apa aku belum tahu detailnya :(

untuk resep soto lamongan ini, aku contek dari majalah Sedap Edisi Khusus, meskipun hasil akhir dari soto lamongan ini aku nggak tau mirip atau tidak dengan soto lamongan aslinya :D.
karena kebiasaan setiap makan soto itu selalu ada lauk pauknya (tahu, tempe, perkedel, sate dan lain-lain), maka soto lamongan ini aku sajikan pula dengan lauk pauk seperti yang biasa aku jumpai di warung soto di Semarang dan entah soto lamongan sendiri memakai lauk pauk tersebut atau tidak , heheheeee.....





berikut resep soto lamongan versi dapur dwek....



Soto Lamongan ala Semarangan
resep asli dari majalah Sedap Edisi Khusus


bahan :
ayam , potong-potong sesuai selera
air
cengkeh
lengkuas
daun jeruk, buang tulang daunnya
minyak , untuk menggoreng

bumbu halus :
bawang merah
bawang putih
jahe
kunyit, bakar
garam
kemiri, sangrai

pelengkap :
telur rebus  * dwek nggak pakai karena lupa :) *
tauge, seduh dengan air panas
kol , iris-iris
soun , seduh dengan air panas
jeruk nipis, iris
kecap manis

taburan :
bawang putih goreng
daun seledri  * dwek nggak pakai karena nggak suka :) *
daun bawang (onclang)  * versi dwek karena suka :) *








cara membuat :
cuci bersih ayam, kemudian masak bersama dengan air, lengkuas, daun jeruk dan cengkeh.
tumis bumbu halus hingga matang, masukkan ke dalam air rebusan ayam dan biarkan ayam empuk, matikan api.
ambil ayam dari air rebusan bumbu  kemudian goreng ayam hingga matang, suwir-suwir dan sisihkan.
tata soun, tauge dan kol di piring / mangkok, beri suwiran ayam , siram dengan kuah soto dan taburi dengan bahan taburan dan jangan lupa beri kecap sesuai selera serta kucuran air jeruk nipis.
sajikan bersama lauk tahu , tempe ,  sate, krupuk / emping jika ada   * kalau yang ini versi soto Semarangan :D *


note :
 * suwiran ayam juga bisa disajikan tanpa digoreng terlebih dahulu tetapi direbus saja kemudian disuwir-suwir.






1 komentar:

Posting Komentar