Kamis, 10 Juli 2014

es pisang ijo ~ Makassar



kali ini bikin es pisang ijo lagi tapi versi kukus dari tepung beras.

resepnya aku dapat dari tabloid Saji, lupa edisi berapa tapi masih cukup baru.
menurut aku sih... aku lebih suka es pisang ijo yang versi kukus ini daripada yang versi dadar, tapi semua terserah aja karena disesuaikan dengan selera kita yaaa...





berikut aku tuliskan resep es pisang ijo versi tabloid Saji yang sudah disesuaikan dengan stock bahan di Dapur Dwek karena aku skip penggunakan air daun suji dan air kapur sirih karena tidak punya.



Es Pisang Ijo


bahan kulit :
125 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
475 ml santan dari 1/4 butir kelapa
3/4 sdt garam
75 gr gula pasir
pasta hijau (pandan)
8 buah pisang raja
daun pisang untuk membungkus
lidi , untuk menyemat

bahan saus :
550 ml santan dari 1/2 butir kelapa
45 gr tepung beras
10 gr maizena
75 gr gula pasir
3/4 sdt garam
2 lb daun pandan

pelengkap :
400 ml sirup
es serut

cara membuat :
campur semua bahan kulit dan masak / rebus sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
ambil 50 gr adonan, pipihkan di plastik, letakkan pisang raja lalu bungkus membentuk pisang.
ambil selembar daun pisang, beri adonan pisang tadi dan bungkus serta semat dengan lidi.
lakukan hingga adonan habis lalu kukus.

campur semua bahan saus lalu rebus bahan saus sambil diaduk hingga mendidih dan kental lalu angkat dan dinginkan.

penyajian :
ambil piring saji, potong serong pisang ijo, siram dengan bahan saus, es serut dan sirup, sajikan.




dan postingan ini aku sertakan di group Your Kitchen My Kitchen sebagai Menu Buka Puasa.





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar