Kamis, 17 Juli 2014

gado gado


aku termasuk penggemar berat gado-gado tapi khusus gado-gado yang sambalnya matang karena di beberapa daerah Semarang ada juga yang menjual gado-gado dengan sambal mentah alias sambel uleg seperti pecel atau lotek dan mereka menyebutnya dengan gado-gado.

hampir di setiap warung yang menjual gado-gado selalu aku singgahi, hanya untuk mencoba enak tidaknya sambel gado-gado buatan mereka, hehehee.....
jika aku cocok dengan rasa sambelnya, pasti akan menjadi penjual gado-gado langganan dan sebaliknya.

biasanya di bulan Romadhon, aku selalu menyempatkan untuk membuat gado-gado sebagai hidangan untuk berbuka puasa meskipun hanya sekali karena nggak tau kenapa kalau di bulan Romadhon aku malas membeli jajanan ataupun makanan untuk ta'jil maupun makan malam, kecuali kalau pas kepepet aja.

dan seperti biasa, kali ini aku membuat gado-gado yang sederhana saja atau tidak komplit karena tidak menggunakan lontong.
berikut resep gado-gado ala Dapur Dwek yaaa...




Gado Gado

bahan :
kool / kubis , iris tipis atau bisa juga direbus
wortel , potong panjang , rebus
tahu & tempe goreng , potong-potong
telur rebus , belah
daun selada , cuci bersih, iris-iris
tomat , potong bulat
kentang , rebus
lontong

bahan sambal :
cabai   * tingkat kepedasan dan pemakaian jenis cabainya sesuai selera *
bawang putih
daun jeruk
kencur
kacang tanah , goreng dan tumbuk halus
gula jawa
santan

bahan pelengkap :
krupuk kanji
emping goreng
bawang merah goreng

cara membuat sambal :
campur semua bahan dan masak di atas api hingga mengental, jangan lupa tes rasa kemudian angkat dan biarkan dingin.

penyajian :
tata bahan gado-gado di piring saji, siram dengan bahan sambal dan taburi dengan bawang merah goreng serta bubuhi krupuk dan gado-gado pun siap dinikmati...




enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar