Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 14 November 2014

bika ambon coklat keju : PR LBT #35

 




ini adalah kali pertama aku bikin cake yang sedemikian rumitnya...
yaaa... rumit saat mempelajari dan membaca resepnya, rumit saat membayangkan ketika membuatnya dan juga rumit dengan hasil akhirnya karena banyaknya sarang yang tercipta, heheheee...
saat membuat bika ambon ini, terus terang aku cukup khawatir dan tidak berani berharap banyak jika gatot tanpa sarang sama sekali, namun setelah bika ambon yang aku buat itu jadi dan aku potong untuk melihat sarangnya, alhamdulillah.... bika ambonku bersarang dengan sempurna dan terus terang aja aku sampai 'speechless' karena tidak menyangka akan jadi bika ambon yang sempurna menurutku, heheheeee.....

gimana nggak speechless yaaa.... wong pas fermentasi mau berakhir dan loyang sudah aku panaskan dengan sempurna... saat mau nuang adonan & liat seberapa gede nyala api, koq ternyata gas nya habis, ealaaaaah..... manasin loyang lagi deeeh, hiiiiksss....
tapi kekesalan dan kekhawatiran itu akhirnya terbayar dengan rasa puaaass.......  * eh, nggak boleh sombong  dan berpuas diri yaaa *


 # terimakasih untuk LBT yang sudah memberi tantangan bika ambon di event #35 nya ini dan tak lupa pula terimakasih untuk teman-teman foodblogger dan foodphotographer yang sudah banyak sharing resep dan teknik photography sehingga aku termotivasi bisa belajar membuat kue-kue yang dulunya cuma bisa aku beli aja, barakalah untuk ilmunya #









resep bika ambon ini aku dapat dari tabloid Saji dengan judul asli Bika Ambon Mocachino, cuma karena aku menggunakan coklat dan keju, jadi judulnya aku ganti karena memang aku penyuka coklat dan keju.
untuk coklatnya sendiri, aku menggunakan coklat couvouture karena dcc nya mau dipakai untuk bikin brownies... * ngirit ceritanya, heheheee....*
mungkin teman-teman bisa menggunakan dcc atau coklat bubuk sekitar 30-50 gr ya atau sesuai selera ajaa...


berikut aku tuliskan resepnya sesuai dengan modifikasi dari Dapur Dwe dan aku hanya membuat 1/2 dari resepnya.



Bika Ambon Coklat Keju


bahan biang :
100 gr tepung terigu protein sedang
125 ml air
1 bungkus ragi instant

bahan :
350 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sdt garam
175 gr gula pasir
30 gr tepung ketan
250 gr tepung sagu
8 butir telur
20-25 keping coklat couvouture
keju chedar , parut untuk taburan

cara membuat :
aduk rata bahan biang lalu diamkan 15 menit.
rebus santan, coklat couvouture, garam dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih, saring dan ukur menjadi 500 ml
campur tepung sagu, tepung ketan dan bahan biang, uleni sampai rata.
tambahkan telur satu persatu sambil diuleni rata.
masukkan rebusan santan hangat sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan dengan mikser selama 15 menit.
diamkan selama 2 jam.
panaskan loyang martabak yang berisi pasir (Dwek pakai genteng karena nggak punya).
tuang adonan ke loyang yang sudah dioles minyak dan dipanaskan sebelumnya di atas loyang martabak, biarkan sampai berlubang-lubang, tutup dan biarkan sampai matang.

Note :
tanda loyang panas adalah ketika adonan dituang berbunyi 'ceeeesss'






enjoy it ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...