Rabu, 11 Maret 2015

pie susu



seperti yang kita tahu, pie susu merupakan jajanan atau oleh-oleh khas dari pulau Bali dan karena rasanya yang enak maka tak heran jika pie susu ini sudah dikenal di hampir seluruh wilayah Indonesia dan resep yang beredar pun beragam.

pie susu ini aku buat dengan resep dari mbak Endang Indriani  dan sesuai dengan yang tertulis di blognya, crust dari pie ini bener-bener renyah dan enak...
cara membuatnya mudah dan bahan-bahannya pun juga mudah didapat.
resep pie susu ini didapat mbak Endang dari salah seorang pembaca setianya yang bernama Veggy  # terimakasih untuk mbak Veggy untuk resep pie susu enaknya ini ya.. :) #




berikut aku tuliskan resep pie susu ala Veggy  atau bisa meluncur ke Just Try and Taste langsung saja yang dilengkapi dengan gambar cara membuatnya...



Pie Susu ala Veggy



bahan kulit pie:
250 gram tepung terigu protein sedang
125 gram mentega , kondisi dingin dan keras dari kulkas, potong-potong ukuran 2 x 2 cm
1 sendok makan gula pasir

bahan adonan susu:
3 butir kuning telur
½  kaleng (200 gram) susu kental manis
100 ml air

cara membuat:
siapkan oven, set disuhu 160'C , letakkkan rak pemanggang di tengah oven.
siapkan cetakan pie , olesi cetakan dengan menggunakan margarine, sisihkan.
siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan potongan mentega, aduk dan lumuri mentega dengan tepung
dengan menggunakan pisau pastry , cacah mentega yang berlumur tepung hingga menjadi potongan dan butiran kecil, adonan akan terasa remah dan kering, teruskan mencacah hingga adonan terlihat menggumpal.
aduk adonan dengan jemari tangan, gumpalkan hingga adonan menyatu dan tidak ada remah-remah yang lepas, sisihkan.
cara membuat bahan isi :
siapkan mangkuk, masukkan kuning telur, aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang smooth lalu masukkan susu kental manis dan air, aduk rata hingga tercampur baik, saring adonan dan sisihkan. 

penyelesaian :
tuangkan sebagian adonan ke dalam cetakan pie, tekan-tekan adonan dengan ujung jari dan tutupi seluruh permukaan cetakan, rapikan adonan yang melewati batas permukaan cetakan dengan memotongnya menggunakan pisau.
tuangkan adonan isi, jangan sampai penuh, sisakan sekitar ½  cm dari permukaan pie, tusuk gelembung udara yang muncul di permukaan adonan isi dengan tusuk gigi hingga tidak ada gelembung tersisa.
panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit atau hingga kulit pie terlihat kuning kecoklatan dan adonan pie tampak mengeras.
keluarkan pie dari oven, dinginkan hingga benar-benar dingin di dalam loyangnya, lepaskan dari loyang secara hati-hati karena kulit pie sangat rapuh








enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...