Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 19 September 2017

sayur asem bening dan pindang goreng telur






katanya dulu jamannya nenekku rahimahulloh memasak sayur asem modelnya bening gini, semua bumbu diiris dan tidak memakai asem dan sekarang ibundaku juga kalau memasak sayur asem model bening begini.
untuk isian dan bumbu sayur asemnya hampir sama dengan sayur asem yang biasa kita buat itu, cuma sedikit berbeda dengan sayur asem Jakarta yang isinya lebih komplit dan kuahnya keruh itu.

dulu waktu masih kerja dan sering membawa bekal sayur asem ini, teman-temanku heran karena melihat sayur asem yang berbeda dengan sayur asem pada umumnya, tapi ya beginilah adanya sayur asem ala ibundaku, heheheee.....
biasanya saat memasak sayur asem ini, ibundaku selalu menyertakan ikan pindang goreng telur sebagai lauknya kadang-kadang pula disertakan sambel terasi juga tetapi karena aku tidak begitu suka sambal atau pedas jadi jarang sekali ibundaku membuat sambal, kecuali kalau pas kepengen dan itupun bukan sambal terasi, hihihiiii......





untuk membuat ikan pindang goreng telurnya sangat mudah karena seperti kita menggoreng ikan pindang atau ikan asin pada umumnya cuma dibalut dengan telur.
ikan pindangnya sebelum digoreng dicuci bersih dulu supaya kotoran yang menempel hilang dan rasa asinnya juga tidak terlalu terasa, kemudian dicelupkan ke dalam kocokan telur.
untuk telur kocoknya boleh ditambahkan garam boleh tidak, tergantung dengan ikan pindangnya terlalu asin atau tidak lalu digoreng matang.

untuk isi sayur asemnya bisa disesuaikan dengan selera kita saja.
berikut aku tuliskan resep sayur asem ala ibundaku



Sayur Asem Bening



bahan :
1 buah terong , potong dadu
1 buah labu siam, potong dadu
1 ikat kacang panjang, potong-potong
tomat hijau atau tomat merah, potong-potong
air putih secukupnya.
sejumput garam

bumbu iris :
bawang merah
bawang putih
cabai hijau
cabai merah

cara membuat :
rebus potongan labu siam , kacang panjang hingga agak empuk, tambahkan bumbu iris , terong dan tomat, masak hingga empuk
tambahkan garam, tes rasa, angkat dan siap disajikan.






enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...