Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 02 Februari 2018

galantine gulung telur






aku bukan penyuka olahan daging utuh karena paling nggak suka kalau makan daging terus (maaf) ada yang nyelip di gigi, jadi jika mempunya daging biasanya jarang-jarang aku bikin sop atau soto, pasti seringnya aku bikin galantine atau yang lain.
kali ini daging sapinya aku bikin galantine lagi tetapi aku beri telur jadi jika telaten galantine nya ada lapisannya telur, tapi mungkin telurku agak tebel jadi pas digulung nggak rapi , hiiiiks....

resep galantine nya aku kira-kira aja tetapi tetap berpatokan pada resep galantine nya cik Inne yang dulu pernah aku posting disini  , jadi teman-teman bisa membuat galantine dengan resep teman-teman dan untuk lapisan telurnya , dalam 1 adonan galantine bisa diberi 1 atau 2 lembar telur , silakan disesuaikan dengan selera saja , tentunya jika dibuat bertingkat 2 telur adonan akan menjadi sedikit tebal.
pada saat menyajikan, galantine bisa digoreng terlebih dahulu atau langsung disajikan begitu saja seperti aku yang lebih suka menikmati galantine tanpa digoreng terlebih dahulu ^^

berikut resepnya 




Galantine Gulung Telur



bahan :
½  sdt pala bubuk
garam secukupnya
1 butir telur ayam
2 sdm margarin
20 g bawang bombay , cincang halus
300 gr daging sapi giling
1 genggam tepung roti 
2 butir telur , kocok lepas
minyak goreng secukupnya

cara membuat :
buat dadar telur tipis-tipis, sisihkan.
campur bawang bombay, pala bubuk, garam , daging cincang , aduk rata 
tambahkan telur dan margarin, aduk lalu masukkan tepung roti, aduk rata dan tes rasa.
ambil selembar telur dadar , letakkan di atas selembar daun pisang, beri adonan daging lalu gulung sambil dipadatkan.
semat  kedua ujungnya dengan lidi, lakukan hingga adonan habis.
kukus galantine hingga matang atau daun layu.

bahan pelengkap :
wortel , potong 4 cm
buncis , potong panjang 4 cm
kentang , potong-potong , goreng
mentimun, iris bentuk acar
daun selada
mentimun



bahan saus :
1 sdm kecap manis
1 sdm margarin
1 sdt gula pasir
1 sdt tepung maizena, larutkan dalam 1 sdm air
150 ml air
2 sdm saus tomat
2 buah tomat
20 gr bawang bombay, cincang

cara membuat  :
panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum , masukkan tomat, kecap, saus tomat dan air, masak hingga mendidih lalu masukkan larutan maizena dan garam, aduk hingga saus mengental, angkat.

penyelesaian :
potong-potong galantine
ambil piring saji, tata bahan pelengkap dan galantine di piring saji, sajikan dengan sausnya.







enjoy it ^^



6 komentar:

Sitti Taslimah mengatakan...

Baru dengar masakan bernama Galantine, mba. Ini rasanya mirip bakso atau sosis, mba?

Cari di Google dulu ah, apa itu Galantine.

Mayuf mengatakan...

Nyamnyam enak kayaknya, apa lagi kalo tinggal makan :D hehe
Bentuknya si kaya baso di belah tapi entah rasanya apakah kaya baso atau sosis, saya juga baru tahu mba

Mang Lembu mengatakan...

vareasi telor yang dimasak memang dibutuhkan agar nggak jadi ngbosenin, salah satu pilihannya untuk menjadikan telor bervareasi adalah dibikin jadi galantine gulung telur...bikin ah.


kalau inget tapinya

dwee dwek mengatakan...

galantine biasa disajikan di masakan Solo seperti bestik mba...
aku sih suka sekali mba , dicoba aja mba Siti Taslimah, pasti ketagihan

dwee dwek mengatakan...

bentuknya seperti lontong kak Mayuf , rasanya yaaaa mirip baso atau sosiskarena bahannya sama-sama dari daging , heheheee...

dwee dwek mengatakan...

silakan dibikin Mang Lembu supaya ada variasi lauk, hihihiiii...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...