Selasa, 12 Agustus 2014

ketupat syawal





keluargaku tidak pernah memasak ketupat opor komplit saat lebaran tiba seperti halnya keluarga teman-teman karena memang dari pihak Ibundaku tidak pernah melakukan hal tersebut, akan tetapi ketupat komplit baru terhidang di meja makan saat lebaran Syawal atau 1 minggu setelah lebaran, jadi kebiasaan tersebut terbawa sampai sekarang...



berhubung saat ini usia Ibundaku sudah cukup tua (78 tahun), jadi beliau tidak pernah memasak ketupat komplit saat lebaran syawal tiba seperti dahulu, jadi ketika ingin menikmati ketupat komplit, aku harus memasak sendiri saat lebaran syawal atau saat lebaran Idul Fitri hasil dari kiriman tetangga dan saudara, heheheee....

dulu aku selalu dapet kiriman ketupat komplit dari tetangga baik yang sudah seperti saudara sendiri dengan menu ketupat, opor dan lodeh kacang panjang bukan sambal goreng seperti pada umumnya dan lodeh kacang panjang tersebut menjadi menu kesukaan almarhum ayahku.
jadi sampai sekarang jika membuat ketupat, aku selalu memasak lodeh kacang panjang tersebut, jarang sekali aku membuat sambal goreng, mungkin karena saat lebaran menunya sudah ketupat opor dan sambal goreng ...  jadi pas lebaran syawal pengennya yang banyak kuahnya, hihihiiii....




 untuk lodeh kacang panjangnya sih, tetanggaku pakainya kacang panjang aja, hampir tidak menggunakan terong dan labu siam, tapi yang aku bikin biasanya dengan tambahan labu siam dan terong sedikit karena aku tidak begitu suka dengan terong.
jika masih musim petai, aku tambahkan pula petai di sayur lodehnya karena memang aku maniak dengan petai , heheheeee... * ngaku *




dan jika menu ketupat komplit itu disajikan , seperti inilah penampakannya....
apalagi jika disajikan dengan kuah yang cukup banyak , aku sukaaaaaaa........   ^-^




enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar