Rabu, 15 April 2015

sambel pencit utawa sambel mangga muda




di Semarang sih sepertinya aku nggak pernah nemuin sambel pencit atau sambal mangga muda ini karena memang sambel pencit ini mungkin belum beredar di Semarang, jadi ketika aku di Surabaya dan pertama kali aku ditawari sambel pencit ini saat aku agak bingung karena aku pikir sambelnya seperti sambel rujak gitu tetapi ternyata bukan dan dengan masih heran sambil mikir 'apa enak sih sambel mangga dimakan dengan bebek goreng, rasanya kayak gimana ya ???' eeeh.... ternyata pas nyobain langsung sukaaaaaa...... benget dan ketagihan sampai sekarang...

karena di Semarang masih asing dengan sambel pencit ini, maka ketika musim buah mangga kemarin sengaja nyari mangga yang belum begitu tua untuk dibikin sambel pencit ini tetapi pas tanya resepnya sama sepupu yang tinggal di Surabaya, dia nggak tau resep pastinya malah cenderung salah informasinya , hiiiksss.....

dan berikut sambel pencit ala Dapur Dwek dengan tambahan bawang merah yang ternyata tidak enak, jadi kalau mau bikin jangan pakai bawang merah ya karena menurut aku rasanya nggak cucok, cukup pakai sambel terasi aja, tapi kalau mau nyobain boleh juga koq, heheheee....
lain kali nyoba bikin yang tanpa bawang merah supaya nggak penasaran lagi...



Sambel Pencit (Sambal Mangga Muda)


bahan :
mangga muda , serut
cabai merah
terasi , bakar
1-2 butir bawang merah 
garam
tomat
minyak goreng  , untuk menggoreng

cara membuat :
goreng cabai merah, bawang merah dan tomat, angkat dan sisihkan.
haluskan cabai merah, bawang merah , terasi bakar, garam lalu tambahkan tomat danuleg lagi hingga rata.
campur bahan sambal dengan serutan mangga hingga rata.
siap dinikmati.





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...