Senin, 09 November 2015

puding mangga telur ceplok



mungkin sudah ketinggalan ya dengan puding telur ceplok ini karena boomingnya sudah dari beberapa tahun yang lalu dan aku baru bikin sekarang, hehehe....

tapi puding telur ceplok ini dibuat dalam rangka panen raya mangga di rumah, jadi selain dimakan biasa sebagai buah, juga dibikin jus setiap pagi dan dibikin puding juga meskipun tidak semua orang rumah doyan.

untuk membuat puding telur ceplok ini pasti teman-teman sudah tau ya karena sudah banyak bersliweran di internet, tinggal disesuaikan dengan selera kita saja.
untuk mangga yang digunakan juga sesuai selera kita atau sesuai stock yang kita punya saja karena tidak setiap daerah mempunyai jenis mangga yang tidak sama karena di Semarang aku hampir tidak menemukan mangga gedong seperti yang biasa digunakan teman-teman blogger.
mangga yang aku punya dan pakai ini aku menggunakan jenis mangga akiong atau apa namanya, yang pasti jika masak rasanya manis sekali sehingga aku tidak pernah menambahkan gula saat membuat jus maupun puding.
biasanya aku menggunakan mangga yang belum terlalu masak, jadi ada rasa manis, asem dan segarnya, pokoknya pas untuk dinikmati






Puding Telur Ceplok


bahan puding I (puding mangga) :
1 bungkus agar-agar bubuk
700 ml - 750 ml air
1 buah mangga , potong-potong
gula pasir secukupnya

cara membuat :
blender mangga dengan sedikit air hingga halus, sisihkan.
campur agar-agar, air dan gula hingga rata lalu masak di atas api sambil diaduk dan mendidih.
menjelang diangkat, masukkan mangga yang sudah diblender, aduk rata, angkat
tuang di atas cetakan setengah lingkaran, biarkan dingin dan beku.



bahan puding II :
1 bungkus agar-agar bubuk
700 ml - 750 ml air
3 sachet susu kental manis
100 gr gula pasir atau sesuai selera manisnya

cara membuat :
campur semua bahan, masak di atas api sambil diaduk hingga mendidih / meletup letup, angkat.
tata puding mangga di cetakan lalu tuang puding II (puding susu)  di cetakan yang sudah berisi puding mangga, diamkan hingga dingin lalu simpan dalam lemari es hingga siap disajikan.





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar