Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.

Jumat, 09 Februari 2018

balung kuwuk manis





ada yang menyebutnya balung kethek, brangkal, manggleng tetapi aku biasa menyebutnya balung kuwuk, merupakan salah satu cemilan yang mudah dibuat.
biasanya aku membuat balung kuwuk ini kalau punya sisa singkong yang sudah beberapa hari tidak sempat diolah, jadi sebelum busuk aku buat balung kuwuk ini.
cara membuatnya mudah kok, tinggal nanti setelah matang mau divariasi dengan rasa manis , pedas , asin , manis pedas atau biasa aja terserah kita.
resep yang aku tulis ini adalah resep balung kuwuk manis, jadi jika teman-teman ingin membuat bisa disesuaikan dengan selera saja ya...




Balung Kuwuk Manis


bahan :
singkong , kupas, cuci bersih.
gula jawa secukupnya
air secukupnya
minyak goreng , untuk menggoreng

cara membuat :
kukus singkong hingga matang, dinginkan.
iris singkong tipis-tipis lalu jemur hingga kering.
goreng irisan singkong rebus yang sudah dijemur hingga matang (sampai di tahap ini, balung kuwuk siap diolah sesuai dengan selera kita).
panaskan gula jawa dan air di wajan hingga gula mencair lalu masukkan singkong yang sudah digoreng, masak hingga singkong terbalut gula semua.

Note :
sebaiknya gula jawa dan air yang digunakan jangan terlalu banyak supaya singkong yang sudah digoreng dapat terbalut sempurna dan tidak lengket.

 



enjoy it ^^



4 komentar:

Sitti Taslimah mengatakan...

Ini mungkin bisa disebut keripik singkong manis ya, mba?

Ella fitria mengatakan...

Kalau ditempatku namanya manggleng.. Mbahku suka bgt bikin kaya gini buat cemilan enak, gurih

dwee dwek mengatakan...

sepertinya agak beda dengan kripik singkong manis mba Siti Taslimah, ini kan dikukus dulu baru dikeringkan.
tapi kalau di daerah luar Jawa sana saya kurang tahu juga yang dimaksud dengan keripik singkon manis mba karena kalau di Jawa keripik singkong tidak dikukus dulu , cmiiw

dwee dwek mengatakan...

mbak Ella tinggal dimana ? namanya di Jawa aja juga beda-beda ya mbak

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...