Rabu, 28 Maret 2012

prol tape almond



tape singkong atau tape ketan... merupakan makanan favorit di rumah... biasanya tante yang dari jakarta kalau ke semarang selalu membawakan kami oleh-oleh tape singkong karena katanya di pasar deket rumahnya (di daerah Sumur Batu Kodam) sana, harga tapenya murah...

daripada cuma makan tape melulu tanpa variasi (aku nggak begitu suka makan tape yang dicampurkan ke es campur / es cao).
dulu sih pernah bikin prol tape... tape kurang berhasil, makanya belakangan browsing resep-2 prol tape dan nyangkut di blog-nya mbak hesti, sepertinya koq enak dan gampang cara membuatnya.
ternyata setelah dipraktekin, bener lho...  prol tapenya uwenaaak.....







mau tau resepnya ?? silakan klik disini ya , tapi yang aku bikin ini sudah aku modifikasi sendiri... (makasih ya mbak hesti untuk resepnya yang enak tenan ini.... :)


 

Prol Tape Almond

Source : dimodifikasi dari majalah 'Sedap' via mbak hesti


Bahan :
300 tape singkong, haluskan
75 gr gula pasir  *aku sesuaikan dengan manisnya tape singkong*
½  sdt garam
3 butir telur, kocok lepas ...... * aku pake 2 butir telur*
50 gr almond bubuk
20 gr tepung protein sedang
100 ml santan dari ½ butir kelapa ...... * aku pake susu cair*
50 gr margarin, lelehkan
1 kuning telur untuk olesan ..... * aku tidak pake*
1/8 sdt essens almond 

 25 gr almond slice untuk taburan

Cara membuat :
Remas-remas tape singkong, gula pasir dan garam sampai gula larut , masukkan telur dan almond bubuk , aduk rata , tambahkan tepung terigu , aduk rata , masukkan santan dan margarin leleh serta essens almond , aduk rata.
Tuang di loyang 18x18x4 cm (aku pake loyang brownies) yang dioles margarin dan dialas kertas roti , oven 20 menit dengan suhu 180 C, oles kuning telur (jika pakai) , taburi almond slice , panggang lagi selama kurang lebih 30 menit sampai matang, sajikan 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar