Rabu, 14 Maret 2012

lontong lodeh aka lontong sayur



lontong sayur atau yang biasa aku dan keluargaku menyebutnya lontong lodeh merupakan masakan yang menjadi kesukaan keluargaku, terutama jika yang membuat lodehnya mertua kakakku, wooowww.... uenak sekali deh rasanya.

sayur lodehnya sih biasa aja dan terserah kita mau bikin yang seperti apa (maksudnya sayurannyaa...), tapi kalo aku sih, lebih suka yang kacang panjangnya dipotong kecil-2 / pendek-2 aja, tidak sepanjang sayur asem karena dulu setiap menjelang lebaran keluargaku selalu mendapat kiriman dari tetanggaku berupa lodeh kacang panjang, jadi kemudian menjadi favorit keluargaku.
sedangkan sayur lodeh buatan mertua kakakku lebih kepada sayur lodeh biasa yang memakai terong, tapi apapun sayurannya..... lodeh ini pasti enak jika dinikmati bersama lontong.






ketika aku membuat sayur lodeh ini, kebetulan di semarang lagi musim buah melinjo, jadi aku membuat sayur lodeh ini dengan kulit melinjo karena memang sudah cukup lama aku nggak pernah nemuin kulit melinjo ataupun kembangnya (kalau ga salah namanya kroto deh...) dan pastinya enak banget sayur lodeh dengan kulit melinjo....

langsung aja ke resepnya yaaa......



LONTONG LODEH
ala dwek


bahan lontong :
beras
air
daun pisang
lidi, untuk menyemat

cara membuat :
cuci bersih beras, tiriskan, kemudian isikan setengah pada daun pisang yang sudah dibentuk bulatan memanjang, semat dengan lidi di kedua ujungnya.
masak di air yang telah mendidih hingga matang (aku biasanya 6-7 jam)


bahan sayur lodeh :
labu siam , potong-potong
terong , potong-potong
kacang panjang , potong-potong
kulit melinjo (jika suka)
daun melinjo (daun so , jika suka)
santan
air
cabe hijau, iris menyerong
minyak goreng

bumbu halus :
cabe merah
bawang merah
bawang putih
garam

bahan pelengkap :
krupuk
bubuk kedelai


cara membuat :
rebus air bersama kulit melinjo.
tumis bumbu halus hingga wangi, campurkan ke rebusan kulit melinjo bersama dengan bahan lain, masak hingga mendidih.
setelah mendidih, masukkan santan dan daun melinjo, masak lagi hingga mendidih, angkat.
sajikan sayur lodeh dengan pelengkapnya.
dan sayur lodeh ini akan lebih enak jika disantap pada keesokan harinya, mmm... pasti nikmatnya tiada tara deeehhh......


oya, lontong lodeh ini aku ikutkan di IFP di blognya mbak Tata untuk entry bulan Maret dan kebetulan pula di milis NCC yang aku ikuti, lagi diadakan lontong & ketupat week, jadi aku ikutkan juga.
sambil menyelam minum air kaaannn ?? hahahaaaaa.....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...