Selasa, 20 Maret 2012

prol tape surabaya nya 'mbak R'



resep prol tape ini aku dapat dari mbak Rachmah, teman baik di FB. 
beliau mempunyai sebuah halaman khusus untuk mengekspresikan keahliannya memasak dan utak-atik resep yang diberi nama 'Tantangan resep mbak R
aku nggak tau berapa lama keluar resep baru, soalnya aku kalo ngecek di fanpage-nya pasti udah ketinggalan seminggu deh, hahaahaaa.....






resep ini pada dasarnya seperti sponge cake karena telurnya harus dikocok sampai mengembang.
pada saat ikutan tantangan ini, aku lagi nggak punya mikser yang bagus karena mikser yang biasa aku pake adalah mikser jadul kepunyaan ibundaku sewaktu beliau masih muda dulu, bahkan masih 110v karena kebetulan juga di rumahku masih ada 2 aliran listrik selain 220v.
dan kebetulan lagi, mikser tersebut beberapa waktu yang lalu waktu aku pakai untuk membuat banana cake sempat agak 'gimanaaaa...' gitu suaranya, makanya aku service-kan dan rencana setelah selesai service, mikser tersebut akan aku kembalikan kepada ibundaku dan aku bermaksud untuk membeli mikser sendiri yang jaman sekarang (220v).
tapi apalah dayaaa... belum sempat beli mikser, udah muncul tantangan dari mbak R yang pengen banget aku ikuti dan jadilah aku pinjam mikser ibu sebentar (maaf ya bu, kupinjam lagi miksernya yang telah kukembalikan, hiikss.. :( 


pada waktu membuat prol tape ini, aku menggunakan loyang ukuran 10x20 cm dan aku bikin 1/2 resep saja, jadi mungkin itu prol tapenya terlihat tipis dan tidak bisa mengembang sempurna yaaa...  
atau mungkin juga aku terlalu overmix waktu ngocok telurnya...


mau tau resepnya ?? ini niih...



PROLL TAPE SURABAYA
: Rachmah Setyawati



bahan  :
150-175 gr Tape, buang seratnya, haluskan
1 sachet susu kental manis (sekitar 45gr )

4 butir telur utuh
75gr Gula Pasir

75 gr Tepung Terigu
10 gr Tepung Maizena
15 gr Susu Bubuk

75 gr Butter - aku pakai Meadowlea less salt (bs diganti margarin)
25 gr Minyak Zaitun (kalau tidak ada bisa diganti minyak sayur)
Keju Cheddar, parut
Kismis

Cara Membuat :
Haluskan tape dengan menggunakan sendok, beri susu kental manis, campur merata, halus, teksturnya kental tapi tidak padat.
Kocok telur dan gula pasir hingga kental mengembang, berjejak ,  masukkan tape secara bertahap

Bagi menjadi 2 bagian, masukkan bagian pertama, aduk dengan mixer kecepatan rendah, pelan aduk merata, masukkan bagian kedua, mixer pelan merata (jangan terlalu lama mengaduknya, sebentar saja asal merata) , matikan mixer.
Masukkan bahan kering(tepung terigu, susu bubuk, maizena), secara bertahap  sambil diaduk merata (ingat jangan terlalu lama agar adonan tidak turun banyak).
Lelehkan butter dan minyak zaitun, tuang ke dalam adonan cake, aduk rata.
Beri toping kismis dan keju cheddar.
Tuang di loyang ukuran 18X18X6/7cm (seperti biasa, alasi dulu loyang dengan kertas roti , poles mentega tipis / memakai kertas anti lengket), panggang dengan suhu 165 derajat celicus selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.

naaaa..... sekarang silakan dicoba sendiri-sendiri ya prol tape ini, dijamin uenaaak deeeh.....

dan inilah badge dari mbak R yang dikirimkan padaku...












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...