Selasa, 11 Februari 2014

mini quiche brokoli : PR LBT #30



sebenarnya aku nggak suka dengan cake yang gurih, jadi setiap kali di rumah ada cake yang berisi daging pasti akan tahan lama habisnya karena yang doyan cuma Ibunda aja, heheheeee....
tapi berhubung kali ini PR LBT #30 bertemakan tentang Savoury Pie atau Pie Gurih, jadi mau nggak mau aku harus membuatnya meskipun nggak tau siapa yang akan menghabiskannya karena kebetulan kami serumah nggak ada yang doyan susu, sedangkan savoury pie ini berbahan utama susu.
paling-paling aku lempar ke tetangga daripada nganggur di rumah :)





resep isi dari savoury pie ini aku ambil dari majalah Sedap dengan judul yang sama, meskipun bahannya sudah aku modifikasi sesuai dengan Dapur Dwek karena di majalah Sedap menggunakan jamur champignon, tapi berhubung aku tidak ada stock maka aku ganti aja dengan sosis dan krim kentalnya aku ganti dengan susu.
bahan dan cara pembuatannya cukup mudah, jadi siapa saja pasti bisa membuatnya.

untuk resep pie crust nya aku menggunakan resep dari Joy of Baking karena sengaja ambil yang mudah dan irit karena tidak menggunakan telur, heheheee...





dan berikut resepnya yang sudah dimodifikasi...


Mini Quiche Brokoli


pie crust :
350 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt garam
30 gram gula bubuk (gula kastor)
226 gram unsalted butter dingin, potong-potong
60 - 120 ml air dingin

cara membuat :
campur terigu, garam dan gula bubuk, aduk rata.
Masukkan margarine, proses dengna pisau pastry atau memakai 2 buah pisau biasa hingga adonan menjadi berbulir-bulir.
masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. hentikan penambahan air jika dirasa sudah kalis atau tambahkan air jika dirasa masih kering.
bulatkan adonan, bungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 30-60 menit.

 bahan isi :
100 ml susu
1 butir telur 
garam
merica bubuk
setangkai brokoli, potong tiap kuntum
sosis, iris-iris, tumis sebentar.
keju chedar, parut untuk taburan





cara membuat :
campur susu, telur, garam dan merica bubuk, aduk rata.
tambahkan brokoli dan sosis, aduk rata.
ambil adonan kulit, gilas tipis dan letakkan di loyang pie.
tuang adonan isi ke atas adonan kulit, taburi dengan keju parut
oven hingga matang.




enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar