Selasa, 25 Februari 2014

kue mochi (moachi)


kue mochi atau di Semarang terkenal dengan nama moachi menurut aku merupakan onde-ondenya warga keturunan karena sekilas bentuknya mirip dengan onde-onde namun berbeda isinya, heheheee....

Alhamdulillah aku cukup sering menikmati moachi ini, dan menurut aku, moachi ini enak dinikmati ketika sudah didinginkan di dalam lemari es karena kulitnya tidak lembek...

kebetulan di bulan Februari ini event #31 di grup Pawon Ibu adalah Kue Mochi, jadi sekalian aja aku belajar membuatnya, jadi nggak cuma bisa makan aja, heheheee....



resep dari kue mochi ini aku dapat dari milis NCC beberapa waktu lalu dan maaf, aku lupa siap yang pernah posting resep ini di milis waktu itu...
jadi... bagi pembaca blog saya ini yang kebetulan pernah posting resep mochi di milis NCC, terimakasih banyak untuk resepnya yaaa....



 berikut resepnya...


Kue Mochi (Moachi)


bahan :
200 gr tepung ketan
garam secukupnya
175 ml Santan  dari  ¼  btr kelapa
1 lb daun pandan
150 gr Wijen daun pisang secukupnya
 

cara membuat :
rebus santan dan daun pandan hingga mendidih sambil diaduk jangan sampai pecah santannya, angkat
campur tepung ketan dan garam, aduk rata, tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis

isi :
50 gr kacang tanah
25 gr gula pasir 

garam   * tambahahan dari Dwek *

cara membuat :
sangrai kacang tanah diatas api kecil, angkat & cincang kasar.
Campur kacang tanah cincang dan gula pasir, aduk rata
ambil adonan kulit, isi dengan campuran kacang, bentuk bulat hingga seluruh adonan habis
panaskan panci pengukus, alasi dengan daun pisang, atur adonan moci di atasnya.
kukus hingga matang, angkat
gulingkan kue moci di atas wijen, sajikan
 



versi Dapur Dwek :
adonan isi dan adonan kulit dicampur jadi satu, lalu dibulatkan


resep kue mochi ini seperti kue mochi yang dijual di Semarang dan menurut aku yang terkenal adalah kue Moachi Gemini.




enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar