Kamis, 13 Februari 2014

siomay


siomay..... aku paling suka.... apalagi kalau sambalnya enak, dijamin bikin ketagihan :D
biasanya aku membeli siomay di abang-abang yang sering jualan di sekolah-sekolah karena kebetulan rumahku sebelahnya Sekolah Dasar, jadi lumayan harganya murah dan siomay nya pun lumayan enak, bukan sekedar siomay yang melulu tepung aja dan sambalnya pun juga enak, apalagi kalau ngasih sambal... bisa sepiring penuh deh.... sampai siomay nya nggak kelihatan, heheheee...



resep siomay yang aku bikin ini aku ambil dari resep batagor milik mom Elly Salman, namun sudah aku modifikasi sesuai dengan selera Dapur Dwek karena aku hanya menggunakan daging ikan tengiri aja.

yang ingin tahu resep asli dari mom Elly silakan klik link di atas dan yang di bawah ini resep versi Dapur Dwek


Siomay



bahan :
10 buah tahu dipotong segitiga = 20 buah
250 gr daging ikan tenggiri giling
10 siung bawang putih
1 sdm merica
75 gr tepung sagu / tapioka
75 ml air
garam
kulit pangsit / siomay

cara membuat :
lubangi sedikit tengah-tengah tahu yang telah dipotong segitiga.
haluskan bawang putih dan merica, masukkan ke dalam daging.
tambahkan 1 butir telor, air, garam, kerukan tahu , lumat-lumat hingga rata (bisa juga menggunakan food processor)

ambil sebagian adonan.
ambil selembar kulit pangsit / siomay, beri sedikit isi lalu lipat / wiru, lakukan hingga habis.
untuk sebagian adonan lain, masukkan sedikit adonan ke dalam tahu yang sudah dilubangi dengan melebihkan sedikit bagian atasnya supaya tidak terlalu sedikit isinya.
susun siomay dan tahu di dalam kukusan lalu kukus hingga matang


 



bahan saos kacang :
200 gr kacang tanah
5 buah cabai merah
5 buah bawang putih
garam
gula jawa
air

cara membuat :
goreng  kacang tanah, lalu haluskan.
haluskan cabai merah, bawang putih dan garam , tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan
masukkan bumbu ke dalam panci, masak dengan menambahkan air dan gula merah, masak hingga mendidih atau meletup-letup

bahan pelengkap :
telur rebus
beberapa lembar kol , rebus 
kentang , rebus
kecap manis
saus tomat
saus sambal
jeruk limau

penyelesaian :
siapkan piring saji.
taruh  siomay, tahu, telur rebus, kentang dan kol , siram dengan sambal.
tambahkan saus tomat, saus sambal dan jeruk limau jika suka.





berhubung aku tidak bisa membuat siomay yang dilipat-lipat, maka siomay nya aku bulatkan begitu saja kulitnya :D

enjoy it ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar