Rabu, 13 Agustus 2014

lapek bugis


aku suka banget dengan olahan yang menggunakan tepung ketan hitam, maka begitu melihat ada resep lapek bugis , aku langsung pengen membuatnya.
tapi yang aku buat ini tidak berbentuk bulat karena susah untuk dibikin bulat (sepertinya kebanyakan air, hiiiksss....), jadi aku bungkus tum biasa aja karena terlalu lembek.
meskipun belum sempurna, rasanya enak koq, legit khas tepung ketan hitam... hehehee....




resepnya aku dapat dari majalah Sedap Edisi Khusus Lebaran terbitan lama, namun resepnya aku skip penggunaan pewarnanya.
berikut resepnya...


Lapek Bugis

bahan kulit :
100 gr tepung ketan hitam
200 gr tepung ketan putih
1/2 sdt garam
225 ml santan dari 1/2 butir kelapa
daun pisang , untuk membungkus

bahan isi :
150 gr kelapa parut kasar
100 gr gula pasir
250 ml air
1/4 sdt garam
1 lb daun pandan

bahan saus :
400 ml sanan dari 1,5 butir kelapa
2 lb daun pandan
1/2 sdt garam
1/2 sdm tepung beras dan 1/2 sdm air, larutkan untuk pengental

cara membuat :
campur tepung ketan hitam, tepung ketan putih dan garam.
panaskan santan lalu tuang ke dalam campuran tepung ketan hitam , tepung ketan putih dan garam, uleni sampai kalis.
ambil sedikit adonan, beri isi kemudian bulatkan.
ambil daun pisang, potong kotak, bentuk kerucut.
letakkan kue di dalamnya, beri saus , tutup rapat dan semat dengan lidi.
kukus selama 20 menit hingga matang.

bahan isi :
masak kelapa parut, gula pasir, air, garam dan daun pandan sambil diaduk sampai kalis, sisihkan

bahan saus :
rebus santan, daun pandan, garam dan tepung beras sampai kental.




enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar