Jumat, 25 September 2015

bothok mlanding teri






bothok mlanding atau bothok petai cina merupakan lauk yang paling aku suka .... petai cina ya, bukan lamtoro karena kalau lamtoro rasanya tidak seenak petai cina.

aku biasa membuat bothok mlanding dengan campuran udang, tetapi kali ini aku membuatnya dengan campuran teri yang tidak terlalu jengki atau tidak terlalu besar, hehehee...

untuk resepnya, standar aja , pernah aku posting disini dan biasanya kalau musim petai, biasa aku tambahkan irisan petai karena aku penggemar berat petai, hihiii...
untuk takaran bahan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dan untuk terinya bisa disesuaikan dengan selera, boleh pakai teri nasi, teri jengki atau teri yang tidak terlalu besar..



Bothok Mlanding


bahan :
petai cina (lebih banyak lebih enak)
kelapa muda / tidak terlalu tua , parut *banyaknya kelapa muda tergantung dengan banyaknya petai cina*
cabi hijau , iris serong
tomat , potong-potong
teri , cuci bersih, tiriskan
daun salam , potong-potong
2 papan petai  , iris menjadi 2 bagian
daun pisang , untuk membungkus

bumbu halus :
cabai merah
bawang merah
bawang putih
garam
gula jawa

cara membuat :
campur bumbu halus, cabai hijau, petai, teri, kelapa muda dan petai cina, aduk hingga rata.
lakukan tes rasa, jika dirasa sudah sesuai bisa dilanjutkan
ambil selembar daun pisang, beri isian botok , irisan tomat dan daun salam.
bungkus dan semat dengan lidi, lakukan hingga adonan bothok habis.
panaskan dandang kukusan hingga beruap banyak, masukkan bothok dan kukus hingga matang atau daun layu.






enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar