Kamis, 16 November 2017

rawon





sebenarnya aku tidak begitu suka menu daging, mungkin karena sering nyelip di gigi ya, jadi males banget makan daging kecuali daging yang dicincang atau digepuk aku suka...
tapi meskipun aku tidak suka daging, ngga ada salahnya kan kalau aku membuat menu daging ? hehehee....
kali ini olahan daging yang aku buat adalah rawon.
yaaaa.... rawon adalah menu yang sudah merakyat jadi dengan mudah bisa kita jumpai di warung makan manapun atau bisa menjadi sajian di sebuah acara.

berhubung aku tidak suka pedas, jadi aku jarang sekali membuat sambal dalam menu keseharianku kecuali kalau pas pengeeeeeen banget , jadi di menu kali ini rawonnya aku sajikan tanpa sambal.
tetapi teman-teman bisa menyajikan rawon dengan sambal bajak atau sambal lain , pokoknya sesuai selera kita sajalah ^_^





berikut resep rawon ala Dapur Dwek ya...



Rawon


bahan :
350 gram daging tetelan
2.000 ml air
2 batang serai ambil putihnya, memarkan
2 cm lengkuas, dimemarkan
1  ¼ sdm garam
½ sdt  merica
1 sdt  gula pasir
1 sdt  air asam
10 lembar daun jeruk buang tulangnya
3 sdm minyak , untuk menumis


bumbu halus:
4 buah keluak, seduh
1 cm kunyit, bakar
4 butir kemiri, sangrai
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih

bahan pelengkap:
taoge kecambah
telur asin

cara membuat :
rebus daging tetelan dan air sampai matang, saring dan ukur 1.500 ml air kaldunya, didihkan lagi.
tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai sampai harum , tuang ke dalam rebusan daging. bubuhi garam, dan gula pasir , masak sampai matang.
sajikan rawon bersama pelengkapnya.

 




enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar