Senin, 11 April 2011

bolu kukus coklat keju






bolu kukus coklat keju ini merupakan setoran ke-2 yang aku ikutkan event di sebuah milis
yang aku ikuti.
resep bolu kukus ini aku dapatkan dari blog yennis cake...
awalnya pengen bikin bolu kukus coklat keju, eeehh... nemu deh resep ini.....
tapi resep ini udah aku modif , makasih ya mbak yen utk resepnya yg udah aku otak-atik....







BOLU KUKUS COKLAT KEJU
source : yenniscake , modif by dwek



Bahan :
1 sdt cake emulsifier (TBM / SP)
baking powder secukupnya
2 butir telur ayam
200 gr gula pasir berbutir halus
1 sdt vanili bubuk  ---> aku skip
220 gr tepung terigu ----> aku cuma 200 gr
30 gr cokelat bubuk ---> aku ga pakai


150 ml minuman bersoda manis kalengan ---> aku ganti  susu & aku bikin cream cheese
100 gr keju Cheddar, iris dadu ½ cm ---> aku parut
100 ml susu kental manis coklat  ---> aku 3 sachet SKM  @ 42 gr , larutkan dengan
100 ml air
50 gr keju Cheddar, parut kasar untuk taburan

Cara membuat :
Alasi cetakan bolu kukus dengan kertas roti, bentuk yang rapi. Didihkan dandang di atas api besar, bungkus tutup dandang dengan serbet, sisihkan.
Kocok gula pasir , telur dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan berwarna putih.
Kurangi kecepatan mixer, masukkan sebagian tepung terigu & baking powder, sambil terus kocok searah hingga rata.
Tuangi sebagian larutan susu kental manis, aduk rata dengan spatula, tuangkan sisa tepung terigu dan sisa larutan susu kental manis, aduk rata searah
masukkan cream cheese,  aduk rata.
Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus  (aku setengahnya dan aku taburi dengan keju parut), tuang lagi dengan adonan hingga penuh, taburi dengan keju Cheddar parut
Taruh dalam dandang panas, tutup, kukus di atas api besar tanpa membuka tutupnya hingga bolu merekah dan matang , angkat dan dinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar