Senin, 27 Oktober 2014

nasi goreng kambing


postingan telat karena ini dibuat saat lebaran haji kemarin....

pertama makan nasi goreng kambing di Solo karena memang kuliner Solo itu nggak ada yang nggak enak alias semuanya enak dan ngangeni....
saat itu beli di rumah bude di daerah Talangbaru dekat pabrik Batik Keris, dari seorang abang penjual sate, gule dan tongseng kambing gerobakan alias kelilingan.
dan seperti referensi saya... kuliner Solo itu enak, nasi goreng kambing yang aku beli di abang gerobakan inipun enak dan sayangnya belinya cuma sekali itu karena ketika ke rumah bude lagi beliau sudah nggak pernah lewat, hiiiks.....

karena pengen banget dengan nasi goreng kambing (catatan : aku nggak pernah beli gulai dan tongseng kambing di Semarang karena nggak cocok dengan rasanya, beda banget sama di Solo, kalau sate kambing sih sesekali meskipun tidak ada yang semantap sate kambing Solo), maka saat chatting dengan  mbak Fifi via Whats App aku bertanya dan alhamdulillah dikirimlah resep nasi goreng kambing meskipun mbak Fi belum pernah mencobanya.
 # makasih ya mbak Fifi untuk kebaikannya, barakallah...... #





karena udah ngebet banget pengen bikin nasi goreng kambing, maka aku buatlah nasgor kambing ini setelah dapet kiriman daging kambing dari masjid, heheheee......
berikut resepnya yang sudah disesuaikan dengan selera dan stock di Dapur Dwek karena aku skip penggunaan minyak saminnya.



Nasi Goreng Kambing



bahan :
200 gr daging kambing
1/2 sdt garam
3 sdm kecap manis
100 gr lemak kambing
3 sdm makan minyak , untuk menumis
800 gr nasi putih
100 gr kool , iris 1/2 cm

bumbu :
1/2 sdt merica
4 buah cabai rawit
3 buah cabai merah
12 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt terasi
1 sdt garam
2 sdt bubuk kari   * dwek pakai bumbu kari instant *

pelengkap :
emping goreng
acar mentimun
telur mata sapi
bawang goreng

cara membuat :
iris daging kambing ukuran 1/2 x 1 x 2 cm kemudian lumuri dengan  campuran garam dan 1 sdm kecap manis ,sisihkan kurang lebih selama 5 menit.
iris lemak kambing 1 x 1 cm, sisihkan
haluskan merica, bawang merah, bawang putih, terasi , garam dan cabai hingga halus, tambahkan bubuk kari, uleg lagi hingga rata, sisihkan.
panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis daging kambing sampai berubah warna dan matang, angkat, sisihkan.
panaskan sisa minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan tumisan daging, lemak kambing , irisan cabai rawit dan sisa kecap manis, aduk rata.
masukkan nasi, aduk rata, masukkan irisan kool, aduk terus sampai nasi berasap, angkat.
sajikan nasi goreng dengan pelengkapnya.



 


note dari Dapur Dwek :
kool iris bisa disajikan mentah, tidak ikut digoreng dengan nasi , supaya yang tidak suka nasi goreng dengan campuran kool tidak perlu kesulitan menyisihkannya ketika menikmatinya, heheheee....


enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...