Rabu, 12 Juni 2013

lentho






lentho merupakan jajanan jaman dulu yang terbuat dari campuran antara singkong yang diparut, kelapa parut dan kacang tholo dengan diberi bumbu kemudian digoreng.
meskipun terbuat dari singkong, tapi rasanya enak beneeerrrr dan menjadi jajanan favorit almarhum ayahku, jadi sejak aku kecil aku sudah mengenal lentho ini dan menjadi salah satu jajanan jadul favoritku juga :)
kalau kata Ibundaku... di jaman beliau dulu lentho ini juga disebut dengan jajanan 'Cap tangan' karena dibuatnya dengan cara dikepal-kepal sehingga meninggalkan bekas tangan, hahahahaaaa.....

beberapa tahun lalu, aku pernah nyoba bikin lentho tapi gagal karena sewaktu digoreng adonannya pecah semua, nggak tau sebabnya apa (mungkin karena singkongnya kebanyakan air, tidak aku peras terlebih dahulu yaa...) , jadi ketika mau bikin lentho lagi, selalu maju mundur takut gagal seperti dulu lagi :D





kebetulan tantangan di Masak Bareng Yuk !!! bulan Mei - Juni ini adalah Masakan Berbahan Kacang-kacangan , maka aku niatkan untuk membuat lentho ini, apapun nanti jadinya....  # halllah... lebay... #  :D karena memang  sudah lama aku  pengen banget bikin jajanan yang satu ini...

tanpa banyak cerita, langsung aja kita ke resep ala Dapur Dwek aja yaaa....


Lentho
ala dapur dwek


bahan :
singkong
kelapa , parut
kacang tholo , rendam supaya empuk.
minyak untuk menggoreng.

bumbu :
bawang putih
ketumbar
garam

cara membuat :
kupas singkong dan cuci bersih kemudian parut, peras supaya kandungan airnya tidak cukup banyak.
campur semua bahan, jangan lupa tes rasa, jika dirasa sudah sesuai, maka bulat-bulatkan dengan tangan.
goreng dalam minyak panas hingga matang, angkat dan tiriskan.
lentho pun siap dihidangkan bersama teh hangat  ^_^









1 komentar:

dom jenkinson mengatakan...

terlihat lezat untuk di coba deh nih

Toko bunga

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...