Senin, 24 Juni 2013

donat kentang






cukup lama juga tidak pernah membuat donat setelah dulu sempat membuat donat ubi.ungu.
maklumlah... aku agak malas untuk membuat jajanan yang memakai fermipan alias harus nunggu harus mengembang dulu karena sewaktu mau membuat roti apa lupa, nggak tau dimana letak kesalahanku sehingga adonan tidak bisa kalis dan akhirnya adonan aku buang... dan sejak saat itu aku 'trauma' untuk membuat roti yang menggunakan ragi :D

kali ini aku mencoba kembali untuk membuat donat, tetapi kali ini aku buat donat kentang.
donat kentang ini merupakan BMS #3 di Bakul Kue Rumahan , salah satu grup di Facebook yang aku ikuti.






cekidot langsung ke resepnya aja yaa....


Donat Kentang
Source : Nina Nauracakes


Bahan A :
500 gr tepung protein tinggi / sedang
75 gr gula halus
250 gr kentang kukus, haluskan

Bahan B :
11 gr ragi instant
150 ml air hangat
1 sdt gula pasir
* Ragi dan gula dilarutkan dengan air hangat hingga mengembang

Bahan C :
2 kuning telur
75 gr margarin
Garam secukup nya

Cara Membuat :
Masukkan bahan A ke dalam wadah, aduk dengan tangan hingga tercampur, masukkan bahan B, uleni sebentar hingga rata. masukkan bahan C, uleni hingga lembut dan kalis
Diamkan adonan ± 30 menit hingga mengembang, kempiskan adonan
Timbang adonan sesuai selera
Bulat-bulat kan adonan dan diamkan lagi hingga mengembang ± 10-15 menit
Bentuk adonan, lubangi tengah nya dan goreng.

Tips :
 Goreng donat satu persatu dalam minyak banyak dengan cara diputar-putar tengahnya  dan menggunakan api kecil.






sayangnya aku belum bisa menguleni adonan roti dengan baik, hasilnya donatnya tidak bisa bulet cantik halus & menul-menul... tapi lumayanlah daripada tidak belajar sedikit demi sedikit . :D
dan donat kentang ini padat serta mantap... kenyang di perut :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar