Jumat, 14 Juni 2013

timus


timus ini jajanan yang cukup populer waktu aku masih anak-anak dulu karena di masa itu singkong, ubi dan bahan jajanan sejawat masih mudah dijumpai karena masih banyak tanah yang dijadikan sebagai ladang atau kebun bagi penduduk.

sekarang... timus ini hanya bisa kita jumpai di penjual gorengan gerobak di pinggir jalan, itupun tidak semua penjual menjual timus ini dan di penjual gorengan kelilingan, alhamdulillah masih ada juga yang berusaha melestarikan jajanan tempo doeloe :D





biasanya di penjual gorengan keliling yang suka mampir di rumahku, sering ada timus ini dan timus ini merupakan jajanan favorit aku dan Ibunda.

dan berikut adalah resep timus versi Dapur Dwek


Timus
ala dapur dwek


bahan :
ubi
tepung terigu, secukupnya
gula  (optional)   * dwek tidak pakai *
minyak goreng , untuk menggoreng

cara membuat :
cuci bersih ubi, lalu kukus / rebus hingga empuk.
hangat-hangat kupas kulitnya dan haluskan.
tambahkan tepung terigu secukupnya sampai bisa dipulung, jangan lupa tes rasa. jika rasa kurang manis, bisa ditambahkan gula pasir lalu bulatkan adonan (dwek dibuat lonjong).
goreng dalam minya panas hingga matang, angkat dan tiriskan.





ternyata owh ternyata.... setelah aku membuat timus ini aku baru membaca sebuah resep timus, ternyata yang dipakai bukan tepung terigu tetapi tepung kanji atau tepung sagu sehinga timusnya bisa 'kokoh,' sedangkan timusku rada-rada lembek alias letoy.... :D
kapan-kapan bikin lagi dengan menggunakan tepung kanji atau tepung sagu aaah.....









dan postingan timus ini aku sertakan event di Dapur Sehat Ibu , sebuah grup kuliner di Facebook yang kebetulan menyambut bulan suci Romadhon ini mengadakan event dengan tema [Lomba] Ta'jil Fiesta, yang merupakan event dengan membuat aneka ta'jil dengan bahan baku pisang, umbi-umbian dan blewah...  # sayang belum musim blewah :( #  dan ini merupakan event pertamaku di grup tersebut.


selamat menikmati dan berkreasi untuk membuat ta'jil di bulan suci nanti.... ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar