Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 12 Juni 2014

lunpia kulit kembang tahu






setelah sebelumnya membuat lunpia versi original, maka kali ini membuat lunpia dengan kulit dari kulit kembang tahu.
sengaja sih bikin lumpia dari kulit kembang tahu karena kebetulan challenge #15 di Indonesian Foodblogger kali ini temanya tentang Kuliner Peranakan dan bingung mau bikin apa, akhirnya bikin lunpia dengan kulit kembang tahu saja karena kebetulan masih punya stock kulit kembang tahu dan rebung masih mudah dijumpai di pasar.





resepnya sih masih sama seperti resep lunpia Semarang sebelumnya, cuma di bagian isi aku skip penggunaan daun bawangnya dan untuk resep sausnya aku tidak menggunakan gula pasir dan garam karena ingin yang lebih sederhana saja.

berikut resep lumpia kulit kembang tahu ala Dapur Dwek yaa...



Lunpia Kulit Kembang Tahu



bahan kulit :
kulit kembang tahu, potong kotak, basahi dengan sedikit air , sisihkan

 bahan isi :
300 gr rebung, rebus beberapa kali sampai baunya hilang, tiriskan
50 gr udang kupas, cincang
2 butir telur ayam, kocok lepas
1 sdm ebi , sangrai
5 siung bawang putih, iris halus
2 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
1 sdt garam
½ sdt merica
½ sdt gula pasir
air secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

cara membuat isi :
haluskan bawang  putih dan ebi, sisihkan
goring telur menjadi orak arik, sisihkan
panaskan minyak , tumis campuran bawang putih dan ebi sampai harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna, masukkan rebung dan air aduk hingga layu, tambahkan telur orak arik, aduk rata.
tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, merica dan gula , aduk rata, tes rasa, tambahkan bumbu jika perlu, angkat, sisihkan


 



bahan saus :
2 siung bawang putih, keprek, cincang halus
40 gr gula merah, iris halus
1 sdm maizena
250 ml air


cara membuat :
masak air dan gula merah hingga mendidih , aduk rata, saring
masak kembali dan masukkan bawang putih
kentalkan dengan maizena,, aduk hingga kental, angkat.

penyelesaian :
ambil selembar kulit kembang tahu, lalu isi dengan bahan isi, lipat dan gulung.
lakukan hingga bahan habis
goreng hingga kuning kecoklatan dan sajikan dengan bahan saus dan bahan pelengkap jika ada


Note :
kulit kembang tahu ini asin, jadi sebaiknya untuk isi dibuat jangan terlalu asin




enjoy it ^^



6 komentar:

Elsye Suranto mengatakan...

Wuuihhh asikkk dapet resep baru lagi... makasih mbak Dwee udah sharing...salam kenal yaa

Elsye ;D

dwee dwek mengatakan...

salam kenal kembali mbak Elsye dan makasih udah dikunjungi...
blog mbak Elsye bagus , sering mampir

Wulan mengatakan...

wah....asik nih resepnya mba Dwi, harus di coba pokoknya. thanks ya mba udah ikut meramaikan challenge kali ini.

salam
Wulan
(host challenge #15)

dwee dwek mengatakan...

makasih mbak wulan sudah berkunjung...
itu resep lunpia yang simpel mbak dan semoga suka

Andrie Anne mengatakan...

Beculll, resep baru lagi..ilmu baru hehehe makasi Mba..

dwee dwek mengatakan...

sama-sama mbak Anne & terimakasih sudah berkunjung, hehehe....

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...