Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 22 Januari 2016

ekado




pengen bikin ekado dan alhamdulillah kesampaian.
resep ekado ini aku dapatkan dari blognya mbak Rachmah tetapi bahannya sudah aku sesuaikan dengan stock di Dapur Dwek karena aku tidak menggunakan daging kepiting, jadi aku menggunakan daging ayam dan daging udang saja.
biasanya kulit kembang tahu ini asin, jadi hati-hati dengan penggunaan garam atau sebelum digunakan kulit kembang tahunya direndam dahulu sebentar supaya lembut dan menghilangi rasa asinnya.






Ekado


bahan  :
kulit kembang tahu
sekitar 20-25 butir telur puyuh rebus
3 siung bawang putih, haluskan
250 gr daging ayam
150 gr udang
½  sdt garam halus
¼  sdt gula pasir
1 sdt saus tiram
½  sdt saus teriyaki
sedikit pala halus
1 butir telur ayam utuh
½  sdt tepung tapioka
minyak goring , untuk menggoreng


cara membuat :
potong-potong kulit kembang tahu sekitar ukuran 12X12cm, sisihkan (bila pakai kulit kembang tahu yang agak keras / kaku, perlu direndam dengan air panas dulu agar kulit lemas, tiriskan dan  potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan).
haluskan  daging ayam dan udang
ambil daging yang sudah dihaluskan , beri telur , bawang putih halus, garam dan semua bumbu serta tepung tapioka, aduk merata
ambil satu lembar kulit kembang tahu, letakkan di tengah-tengah satu sendok makan atau lebih adonan daging halus , letakkan 1 buah telur puyuh rebus di tengahnya, tangkupkan kedua sisi ujung kulit tahu, bungkus rapat , ikat dengan benang kemudian kukus dengan api kecil sekitar 20 menit.
biarkan uap panas hilang, lepaskan benang pengikat, goreng dalam minyak dengan panas sedang hingga kecoklatan dan renyah









enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...