Rabu, 20 Januari 2016

repost : galantine





aku memang nggak pernah bosan dengan yang namanya galantine karena sudah tentu enak banget, apalagi kalau buatan sendiri yang sudah pasti lebih banyak dagingnya daripada campurannya, asli daaah enak dan mantep rasanya, hehehee....
kalau beli galantine yang bener-bener enak dan bukan kw, pasti mahal ya karena campurannya sedikit dan itupun juga di rumah makan tertentu saja jadi agak sulit , apalagi aku nggak pernah beli galantine di Semarang karena aku biasa menikmati galantine di Solo , itupun di rumah makan tertentu yang sudah legendaris sehingga rasanya dijamin enak dan puas....

untuk resep galantine nya aku masih menggunakan resep yang dulu pernah aku buat disini, tetapi untuk bahan campurannya yang semula menggunakan roti marie, aku ganti dengan roti tawar sekitar 3 lembar yang aku celupkan di air susu hingga empuk dan cenderung hancur lalu aku campurkan dengan adonan daging.


untuk bahan sausnya, aku membuat dari tomat asli yang aku haluskan seperti ini resepnya.



Saus Galantine


bahan :
4 buah tomat merah , cuci bersih
1 buah bawang bombay ukuran kecil
5 butir merica
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

1 sdm tepung terigu, dilarutkan dengan2 sdm air
150 ml air
margarin atau minyak goreng secukupnya , untuk menumis

cara membuat :
kukus tomat hingga empuk, angkat.
kupas kulitnya dan buang bijinya lalu haluskan daging tomat dengan cara diblender atau diuleg halus, sisihkan
uleg bawang bombay, merica dan garam lalu tumis hingga harum
masukkan tomat yang sudah dihaluskan, aduk rata.
tambahkan gula pasir dan air, aduk rata dan biarkan mendidih, jangan lupa tes rasa
menjelang diangkat, kentalkan dengan larutan tepung, aduk rata, angkat dan siap digunakan

Note :
untuk tingkat kekentalan saus ini menyesuaikan dengan selera, jadi takaran bahan di atas bisa diubah sesuai dengan banyak sedikitnya saus yang dibuat.





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar