Jumat, 23 Mei 2014

karedok




aku hampir tidak pernah makan karedok karena memang di daerah tempat tinggalku jarang dijumpai penjual karedok, mungkin karena bukan makanan asli Semarang yaaa....
yang biasa dijumpai di Semarang adalah pecel, dimana sebenarnya bumbunya hampir sama dengan karedok, cuma untuk bumbu karedok ada tambahan jeruk limau sehingga rasanya lebih segar daripada pecel dan sayuran yang digunakan di karedok adalah sayuran mentah atau tanpa direbus terlebih dahulu.





karena aku penyuka sayuran atau makanan berserat, jadi aku cukup penasaran dengan karedok ini.
maka daripada penasaran, bikin sendiri aja :)

untuk jeruk limaunya, aku sengaja tidak hanya menggunakan airnya tetapi aku potong satu sisi jeruk limau tersebut dan aku uleg beserta kulitnya supaya baunya lebih harum...

berikut resep karedok ala Dapur Dwek yaaa...


Karedok


bahan  sayuran:
kool / kubis , iris-iris
kacang panjang , potong 3 cm
tago , siangi
timun , potong dadu

bahan sambal :
cabai merah 
cabai rawit
garam
terasi
bawang putih
kacang tanah, goreng
gula jawa
air , secukupnya
jeruk limau

cara membuat :
cuci bersih masing-masing sayuran, tiriskan
uleg cabai, garam, terasi dan bawang putih hingga rata, masukkan kacang tanah, uleg lhingga halus.
tambahkan gula jawa, uleg lagi lalu tambahkan air, uleg hingga tercampur rata. 
tambahkan irisan jeruk limau, uleg rata kembali dan tes rasa.
tata sayuran di atas piring, siram dengan sambal, sajikan dengan krupuk
 
 hhhhmmmmmm.......





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar