Kamis, 04 Juni 2015

ayam kuluyuk




saat masih langganan makan di kantor, aku sering mendapat menu ayam kuluyuk dan dari situlah aku mengenal ayam kuluyuk dan sekarang aku sudah tidak langganan makan lagi, jadi aku sudah tidak pernah makan ayam kuluyuk lagi, hiiiks...

untuk menghilangkan rasa kangen pada ayam kuluyuk, beberapa waktu lalu aku sempat membuat sendiri ayam kuluyuk ini.karena kebetulan buah nanas sudah banyak dijumpai di pasaran, jadi harganyapun sudah cukup murah sehingga jika membeli 2 biji bisa diolah apa aja, heheheee....

resep ayam kuluyuk aku dapat dari Sajian Sedap dan seperti biasa aku skip penggunaan seasoning atau kaldu bubuknya dan aku ganti dengan garam dan bawang putih biasa aja.




Ayam Kuluyuk



bahan :
200 gr paha ayam fillet, dipotong 3x3 cm
2 siung bawang putih, dihaluskan
½  sdt garam
¼  sdt merica bubuk
1 butir telur, dikocok lepas untuk pencelup
minyak untuk menggoreng

bahan pelapis (aduk rata) :
100 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
¼  sdt teh garam
1 siung bawang putih, uleg halus
¼  sdt merica bubuk

bahan saus :
100 gr nanas, dipotong kotak
2 siung bawang putih, dicincang halus
½  buah bawang bombay, dipotong kotak
1 buah cabai merah besar, dibuang biji, diiris tipis
100 gr saus tomat
1 sdt kecap manis
¼ sdt teh garam
1 ½ sdt gula pasir
300 ml air
1 sdm tepung sagu dan 1 sdm air, dilarutkan untuk pengental
½ sdt cuka
¼ sdt minyak wijen
2 sdm minyak untuk menumis

cara membuat :
lumuri ayam dengan bawang putih, garam dan merica bubuk, celup ke telur, gulingkan di bahan pelapis, goreng sampai matang.

saus:
panaskan minyak.
tumis bawang putih, bawang bombay dan cabai merah besar sampai harum, tambahkan nanas, aduk sampai layu.
masukkan saus tomat, kecap manis, kaldu ayam bubuk, garam dan gula pasir, aduk rata.
tuang air, didihkan dan kentalkan dengan larutan tepung sagu.
masak sampai meletup-letup, tambahkan cuka dan minyak wijen, aduk rata.
sajikan ayam dengan disiram sausnya
 





enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar