Selasa, 19 Maret 2013

gethuk keju






setelah cukup lama NCC tidak mengadakan event rutin alias 'Week-week'-an, kini mengawali tahun 2013 ini, NCC, sebuah group atau milis kuliner yang cukup bergengsi di Indonesia dengan anggota yang tersebar di berbagai dunia mengadakan event rutin yang bertemakan tentang 'Jajanan Tradisional Indonesia' atau populer dengan sebutan Jajan Tradisional Indonesia Week, yang bertujuan untuk mempopulerkan kembali aneka Jajanan Tradisional Indonesia yang kini mulai jarang 'dilirik' oleh kaum muda, sehingga dengan ajang ini aneka Jajanan Tradisional Indonesia tidak akan dilupakan oleh generasi penerus kita (cieeee.....)
selain itu pula... di sebuah group kuliner lain, yaitu Masak Bareng Yuk !!! juga mengadakan event bulanan dengan tema 'Makanan Berbahan Ubi,' jadi... sekalian aja si 'The Gethuk' ini aku sertakan sebagai laporan keduaku di event tersebut (ngiras ngirus kata orang Jawa :D )


untuk ikut berpatisipasi di ajang tersebut, aku membuat gethuk yang sudah aku modifikasi dengan keju, sehingga menjadi gethuk keju, karena sebenernya sudah cukup lama aku pengen banget bikin gethuk keju ini.

dulu sewaktu masih kecil, biasa membeli gethuk di pasar yang sudah dibungkus daun pisang dengan taburan kelapa parut atau membeli di penjual jajan pasar yang masih banyak dan besar sekali, sehingga kalau ada yang beli tinggal diiris pakai pisau aja :), sekarang jarang sekali ketemu penjual gethuk singkong seperti jaman dulu.







untuk gethuk yang aku buat ini, bahannya mudah didapat dan cara membuatnya pun mudah banget, sehingga siapun bisa membuatnya, cuma... gethuk buatanku ini kelapanya aku campurkan langsung dengan singkongnya, jadi tidak ditabur di atas gethuknya.

langsung aja yuuuk ke resepnya...



Gethuk Keju
by dapur dwek


bahan :
singkong
kelapa , parut  * dwek pakai kelapa yang agak muda *
gula pasir
keju ,  parut    * dwek pakai keju chedar *

cara membuat :
kupas singkong dan cuci bersih.
potong-potong singkong sesuai selera, kemudian kukus hingga empuk.
setelah singkong empuk, tumbuk bersamaan dengan kelapa parut, gula pasir dan juga keju hingga tingkat kehalusan sesuai selera.
cetak / bentuk gethuk sesuai selera dan siap disajikan.





mudah sekali bukan cara membuatnya ?

oya, untuk kelapa parutnya bisa juga ditaburkan di atas gethuknya ya... kalau aku sih bikinnya yang simple aja karena kalau kelapa parutnya untuk taburan, biasanya suka sisa, jadi sayang kalau dibuang :(





3 komentar:

Rina Audie mengatakan...

waaa...gethuke marai ngiler mbak...
aku juga doyan nih gethuk, tapi males ndheplok(numbuk)singkongnya...
males kalo lengan jadi methekol, hahaha....

dapur dwek mengatakan...

gawene sithik wae mbak, aku cuma gawe 3 singkong thok, dadi ga begitu methekol, hahahaaa.....

Masak Bareng mengatakan...

makasih ya getuk kejumya, yummy hhehe ditunggu diedisi berikutnya

Posting Komentar