Jumat, 11 April 2014

pia isi kacang hijau : PR LBT #31






pia atau bakpia...
yaaa.... kali ini PR LBT #31 temanya adalah Bakpia...
aku sih seneng banget dengan pia atau bakpia, jadi penasaran banget pengen bikin dan setoran, heheheee....

untuk resep kulitnya aku menggunakan resepnya mbak Diah Didi, sedangkan untuk isiannya aku menggunakan resepnya mbak Hesti Syaifudin, cuma aku hilangkan gula pasir dan abu merangnya karena aku suka dengan bakpia isi kacang hijau aja.





berikut resep bakpia versi Dapur Dwek...


(Bak) Pia Isi Kacang Hijau



bahan I :
250 gr tepung terigu
125 ml minyak goreng
75 ml air
50 gr gula halus
½ sdt garam

bahan II  :
100 gr tepung protein sedang
50 ml minyak goreng

bahan isi :
250 kacang hijau, rendam 2 jam
600 ml air
100 gr gula merah, sisir
2 lembar daun pandan
100 ml minyak





cara membuat :
campur rata semua bahan I , uleni hingga rata dan kalis, sisihkan
campur  semua bahan II hingga rata, sisihkan
bagi adonan I & II menjadi 20 bagian
pipihkan adonan I, letakkan adonan II di atasnya, lipat bentuk amplop lalu gilas, kemudian lipat bentuk amplop dan gilas lagi, lakukan hingga 3X
lakukan proses ini hingga adonan habis, sisihkan
ambil 1 lembar adonan kulit, pipihkan, beri isi, bentuk bulat pipih.
oven selama 15-20 menit sampai matang, jika perlu dibolak balik supaya  agak crispy

cara membuat bahan isi :
masak kacang hijau bersama air dan pandan sampai airnya habis dan kacang hijau mekar, tambahkan, gula merah lalu masak sambil diaduk sampai kalis, tambahkan minyak, masak lagi sekitar 10 menit, angkat dan dinginkan








enjoy it ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar