Senin, 01 September 2014

gandasturi


aku lupa, sebelumnya pernah makan gandasturi atau tidak, pokoknya waktu aku ke Jakarta bulan Pebruari kemarin aku sempert beli jajanan keliling di sekitar rumah tanteku, salah satunya adalah gandasturi ini.
pertama makan, koq enak dan rasanya asing buat aku, hehehee... langsung deh suka...

awalnya sih aku nggak tau kalau gandasturi itu dibuat dari kacang hijau, setelah googling dan dapetin resepnya, baru tau deh kalau gandasturi itu dibuat dari kacang ijo, heheheee.... #ndeso#

dan menurut mbak Ine melalui setorannya di event Culinary Week NCC  yang bertemakan jajanan tradisional beberapa waktu lalu , gandasturi itu sama dengan kue kumbu kacang hijau dari Palembang.

berikut aku tuliskan resep gandasturi yang aku ambil dari mbak Ine , tetapi nggak tau kenapa, pada saat digoreng gandasturiku banyak hancur, hiiiiksss......





Gandasturi




bahan :
250 g kacang hijau (rendam selama beberapa jam,  jangan terlalu lama nanti jadi tauge)
daun pandan
garam
6 sdm gula pasir (sesuai selera)
100 ml santan pekat
minyak goreng , untuk menggoreng

bahan pencelup :
6 sdm tepung terigu
5 sdm tepung beras
air secukupnya

cara membuat :
rebus kacang hijau sampai lembut, masukkan daun pandan, garam dan  gula pasir , aduk sampai kacang hijau hancur dan habis airnya, angkat, dinginkan.
ambil adonan sebanyak 1,5 sdm, bentuk menjadi bulat pipih kira-kira ½  cm, sisihkan.
celupkan adonan kacang hijau yang sudah dibentuk ke bahan pencelup lalu goreng hingga matang.






enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar