Jumat, 26 September 2014

ledre





ledre merupakan jajanan favoritku dari masa kecil.
yang aku tau, ledre itu ada 2 jenis yaitu ledre basah yang terbuat dari ketan dengan campuran pisang, gula pasir dan kelapa parut serta ledre kering yang memang berasa pisang
untuk ledre pisang ini, aku biasa membeli di jajanan gerobakan di daerah Semarang bawah karena memang jarang bahkan tidak ada ledre yang di jual di beberapa penjual di kampung, sedangkan untuk ledre yang aku dulu aku sering nitip beli teman yang asalnya dari Cepu atau beli di Solo kalau pas kebetulan ke Solo dan ada yang jual, hehehee....


untuk resep ledre versi basah ini aku dapat dari booklet majalah Saji dan berikut aku tuliskan resepnya yaaa...



Ledre 
 

bahan :
200 gram beras ketan, rendam 1 malam dengan 500 ml air, tiriskan
5 buah pisang raja, kukus, potong miring
400 ml santan, dari ½  butir kelapa, rebus hingga mendidih
200 gram kelapa parut kasar
½  sendok teh garam
75 gram gula pasir
1/8 sdt vanili bubuk
25 gram gula pasir, untuk taburan

cara membuat :
kukus ketan 10 menit hingga ½  matang, sisihkan.
aduk rata beras ketan, santan, kelapa parut kasar, garam, gula pasir dan vanili bubuk.
panaskan wajan cekung, tuang 1 sendok sayur adonan , lebarkan, biarkan sampai setengah kering.
letakkan irisan pisang di bagian tengah, taburkan sedikit gula, biarkan mengering.
lipat dan letakkan di alas daun pisang.





enjoy it ^^




1 komentar:

Dea Ratih mengatakan...

Kalo beli ledre yang di semarang itu di sebelah mananya ya? Bisa dikasih ancer-ancernya kah?
Terimakasih :)

Posting Komentar