Senin, 29 September 2014

capjae goreng suka-suka





sebenernya sih sudah cukup lama aku pengen bikin capjae goreng ini, tapi selalu jadinya capjae kuah karena memang Ibunda suka dengan capjae kuah karena jika untuk teman makan memang nikmat dengan menu capjae kuah.

kenapa aku beri nama capjae goreng suka-suka ?
karena capjae goreng yang aku buat di sini adalah capjae versi jawa karena menggunakan kecap, seperti yang biasa aku beli di penjual mie jawa karena kadang-kadang saat membeli mie jawa aku selalu membawa sebungkus capjae kuah ala penjual mie jawa namun biasanya kuahnya dipisah karena penjualnya sudah paham jika kuah dicampur maka kekian akan mengembang sehingga kuah akan menyusut.





yuk cekidot resep capjae goreng ala Dapur Dwek yaaa....


Capjae Goreng


bahan capjae :
wortel , iris serong
kapri , bersihkan
kool , iris-iris
sawi hijau , potong-potong
daging ayam (dada atau paha ayam), rebus , suwir-suwir
bakso , iris sesuai selera
ampela dan hati ayam , rebus , potong / iris sesuai selera
tomat . iris-iris
kecap manis secukupnya
air secukupya
minyak goreng , untuk menggoreng

bumbu :
bawang bombay
bawang merah
kemiri , sangrai
merica
garam

cara membuat :
haluskan bahan bumbu.
tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan bakso dan wortel, tuangi air dan masak hingga wortel empuk.
masukkan ampela ati, daging ayam suwir, kool dan sawi , irisan tomat  dan kekian goreng, masak sampai bumbu meresap sambil lakukan tes rasa
tambahkan kecap manis dan kapri, masak hingga air menyusut lalu angkat dan sajikan.

bahan kekian :
tepung terigu
telur
udang   * optional *
air secukupnya
bawang putih
garam
minyak goreng , untuk menggoreng

cara membuat :
rebus udang lalu haluskan
campur semua bahan hingga rata sambil lakukan tes rasa.
tuang 2 sendok sayur adonan, lalu goreng kekian pada minyak yang sudah dipanaskan hingga matang
goreng kekian hingga adonan habis, lalu potong-potong dan sisihkan.

Note :
* untuk sayuran dan dagingnya bisa disesuaikan dengan selera karena aku tidak suka bunga kool jadi aku tidak pernah menggunakan bunga kool.
* untuk kekian, selain digoreng bisa juga dikukus.
   resep kekian kukus bisa klik postingan capcay ini.
* untuk ukuran kekian goreng bisa disesuaikan dengan selera, mau besar atau kecil-kecil atau mau tipis atau tebal seperti di penjual mie jawa.
* biasanya air di bahan kekian aku menggunakan air rebusan udang, supaya kekiannya benar-benar berbau udang.




enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar